15 Tempat Wisata di Lampung Timur Yang Keren Abis

JelajahLampung.Com - Tempat Wisata di Lampung Timur Yang Keren Abis. Sudah pernah mengunjungi tempat wisata mana saja di Lampung? Nah, kali ini JelajahLampung mau ngebahas salah satu Kabupaten di Lampung yang mungkin belum banyak dikenal potensi wisatanya, yaitu Lampung Timur.

Selama ini wisatawan lebih banyak berkunjung ke tempat wisata di Bandar Lampung, Pesawaran, Lampung Barat, Pesisir Barat, Lampung Selatan, dan Tanggamus. Padahal, Lampung Timur juga sebenarnya punya beberapa tempat wisata yang keren-keren dan asyik banget buat dikunjungi.

Tempat Wisata di Lampung Timur yang Menarik untuk Dikunjungi


Lampung Timur punya kalender wisata setiap tahunnya. Nah, buat anda yang mau berkunjung ke Lampung Timur nih, bisa melihat kalender Wisata Lampung Timur supaya liburan anda jadi lebih berkesan.

Banyak festival-festival dan event-event yang bisa anda kunjungi di Lampung Timur dan tentunya bakalan lebih asyik saat wisata di Lampung Timur beramai-ramai.

Baiklah, tanpa panjang lebar, berikut ini tempat wisata di Lampung Timur yang bisa anda kunjungi:

1. Tempat wisata di Lampung yang terkenal: Taman Nasional Way Kambas


tempat wisata di lampung timur
Way Kambas, salah satu tempat wisata di lampung timur

Siapa sih yang gak kenal sama Taman Nasional Way Kambas? Seluruh masyarakat Indonesia juga tentunya tahu keberadaan tempat wisata paling terkenal di Lampung ini.

Nah, orang tahunya kalau Taman Nasional Way Kambas ini adanya di Lampung, tapi gak tahu berada di kabupaten mana Taman Nasional Way Kambas itu.

Yap, Taman Nasional Way Kambas ini berada di Lampung Timur, dan kini anda bisa jalan-jalan ke tempat wisata di Lampung Timur ini menggunakan bus damri dari Rajabasa ke Way Kambas.

2. Taman Purbakala Pugung Raharjo, salah satu tempat sejarah di Lampung Timur yang cocok buat pendidikan


Tempat wisata di Lampung Timur yang kedua ada Taman Purbakala Pugung Raharjo. Tempat wisata di Lampung ini merupakan tempat bersejarah, karena di taman inilah terdapat berbagai situs purbakala yang keberadaannya mesti dilestarikan.

Tempata wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, Indonesia. Sayangnya, faktor keamanan memang masih menjadi PR tersendiri bagi pengembangan tempat wisata di Lampung Timur ini.

3. Desa Tradisional Wana, lebih dekat dengan budaya asli Lampung


Desa Tradisional Wana adalah salah satu destinasi wisata budaya yang cocok buat anda kunjungi. Di Desa Tradisional Wana inilah Masyarakat Lampung Melinting tinggal.

Di Desa Wana, kita dapat melihat rumah-rumah adat Lampung Melinting dengan rumah panggungnya yang keberadaannya tentunya sudah cukup langka, lalu kita bisa menyaksikan tari melinting, upacara perkawinan, dan upacara adat lainnya.

Tempat wisata di Lampung Timur yang satu ini recommended banget buat dikunjungi buat anda yang ingin mengenal budaya Lampung.

4. Pantai cemara Lampung Timur, objek wisata yang ramai banget saat tahun baru


Tempat wisata di Lampung Timur selanjutnya ada Pantai Cemara atau Pantai Pesisir Cemara. Dinamakan Pantai Cemara karena di pinggiran pantai ini banyak terdapat pohon cemara.

Pantai Cemara ini terletak di Desa Bandar Negeri, Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Keberadaan Pantai Cemara yang tidak jauh dari Jalan Lintas Timur Sumatera membuat objek wisata yang satu ini cukup favorit bagi masyarakat Lampung Timur.

5. Danau Way Jepara, sejuk banget berkunjung ke objek wisata di Lampung Timur ini.


Jika anda suka dengan wisata alam, Lampung Timur juga punya tempat wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Danau Way Jepara Lampung Timur, yang terletak di Kecamatan Jepara, Lampung Timur, sekitar 70 km dari Bandar Lampung.

Keistimewaan dari tempat wisata di Lampung Timur ini adalah kondisi alamnya yang masih alami, berada di areal hutan yang asri, kesejukan pohonnya membuat suasana tenang yang membuat siapa saja yang datang jatuh hati.

Danau ini cukup luas lho, sekitar 200 hektar, dengan pepohonan utama di sekitar danau berupa pohon sonokeling dan pohon jati.

6. Kawasan wisata agro pekalongan Lampung Timur, ada danaunya juga


Masih seputar wisata alam dan juga pendidikan di Lampung, kali ini kita bisa mengunjungi Kawasan Wisata Agro Pekalongan Lampung Timur yang bernama resmi sebagai Balai Benih Induk Hortikultura Pekalongan.

Tempat wisata di Lampung Timur ini memiliki luas lahan sekitar 64 hektar dengan komposisi 50% merupakan penangkaran dan 50% lainnya merupakan lahan produksi.

Kabarnya, tempat wisata ini akan dijadikan tempat wisata agro terbaik di Lampung lho, keren ya. Oh iya, di Kawasan Wisata Agro Pekalongan Lampung Timur ini juga ada danaunya juga lho, asyik kan?

7. Wisata Mangrove Lampung Timur


Lampung Timur juga punya potensi wisata berupa mangrove. Lampung Timur sendiri memiliki garis pantai yang cukup panjang, kurang lebih sekitar 110 km yang memanjang dari perbatasan dengan Tulang Bawang sampai perbatasan dengan Lampung Selatan.

Tidak heran jika potensi wisata mangrove tentu banyak banget. Nah, salah satu wisata mangrove yang terkenal di Lampung Timur adalah Wisata Mangrove di Desa Purworejo dan Desa Mulyasari di Kecamatan Labuhan Maringgai.

Sekitar 40 km garis pantai Lampung Timur memang berada di Kecamatan Labuhan Maringgai dan dan Pasir Sakti, maka di Kecamatan inilah kita bisa menikmati wisata pantai di Lampung, karena sisanya sekitar 70 km garis pantainya berada di dalam kawasan TNWK.

8. Waterboom Tirta Kencana Lampung Timur


Lampung Timur juga ternyata punya tempat wisata air berupa waterboom, yaitu Waterboom Tirta Kencana di Desa Sri Menanti, Kecamatan Bandar Sribawono, Lampung Timur.

Tempat wisata di Lampung Timur yang berdiri sejak tahun 2007 ini merupakan waterboom terlengkap yang ada di Lampung Timur. Aksesnya pun cukup mudah karena berada di pinggir Jalan Lintas Sumatera.

9. Pantai Kerang Mas Lampung Timur


Pantai Kerang Mas terletak di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Pantai di Lampung Timur ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kamar mandi/kamar bilas, mushola, sewa ban, dan fasilitas lainnya.

Pantai Kerang Mas ini kini telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga Lampung Timur.

10. Kolam Renang Pitaloka Pekalongan Lampung Timur


Tidak jauh dari Kota Metro Lampung, ada juga kolam renang yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Metro dan Lampung Timur, yaitu Kolam Renang Pekalongan. Meskipun letaknya ada di Lampung Timur, tempat wisata ini lebih dekat dengan Kota Metro, wajar jika banyak pengunjung yang berasal dari Kota Metro dan Trimurjo Lampung Tengah.

11. Pantai Kuala Kambas


Untuk menuju Pantai Kuala Kambas bisa dengan cara menyusuri sungai Way Kanan menggunakan perahu atau bisa juga lewat Kualan Penet menggunakan perahu atau speedboat.

Nah, pastinya bakal asyik banget dong berpetualang ke Pantai Kuala Kambas ini, menyusuri sungai Way Kanan yang masih alami menggunakan perahu, mengenal lebih jauh flora dan fauna yang ada di dalamnya, dan berakhir pada wisata pantai yang cantik di Lampung Timur.

12. Danau Kemuning Bandar Sribawono


Selain Waterboom Tirta Kencana, Sribawono juga punya danau yang keren buat dikunjungi, yaitu Danau Kemuning. Boleh kok mandi di sini kalau anda gerah di siang hari :)

13. Pantai Kuala Penet Labuhan Maringgai


Pantai di Lampung Timur lainnya yang ramai pengunjung apalagi kalau musim liburan adalah Pantai Kuala Penet di Kecamatan Labuhan Maringgai. Tempat wisata di Lamtim ini cocok banget buat yang hobi dengan fotografi, bisa melihat aktivitas nelayan secara langsung dan bisa juga menyewa perahu untuk wisata di tempat ini.

14. Taman Sukadana di kawasan Islamic Center Sukadana


Taman Kota Sukadana merupakan salah satu tempat wisata di Lampung Timur yang cocok banget buat hunting foto. Taman ini biasanya ramai di akhir pekan.

15. Sumur Tujuh, tempat wisata di Lampung Timur yang kurang terawat


Tempat Wisata Sumur Tujuh terletak di Desa Sukaraja, Marga Tiga, Lampung Timur. Sayangnya keberadaan tempat ini memang kurang terurus.

Nah, itulah tadi "15 Tempat Wisata di Lampung Timur Yang Keren Abis", mudah-mudahan bisa menjadi referensi wisata anda saat jalan-jalan ke Lampung Timur ya.

0 komentar