lokasi dan tiket masuk puncak gunung balau bukit pemancar pjr lampung

Puncak Gunung Balau Bandar Lampung Lokasi & Tiket Masuk

jelajahlampung.com – Foto puncak gunung balau by akun instagram @angkringan_gunung_balau123. Puncak gunung balau atau bukit pemancar PJR Panjang merupakan salah satu destinasi wisata dengan spot foto yang instagramable banget, terutama di saat pagi, sore dan malam hari. Menyajikan pemdangan kota dari ketinggian, layaknya mengunjungi teropong kota bandar lampung.

Hanya saja, tempat wisata ini lebih alami, dengan spot foto yang bisa dinikmati dari beragam sisi.

Lampung memang punya banyak sekali wisata bukit yang menarik untuk dikunjungi.

Sebut saja ada muncak tirtayasa, bukit sindy, bukit sakura, bukit cendana pesawaran, kampung vietnam, pintu langit, bukit aslan, dan sekarang ada bukit balau yang makin ramai dikunjungi wisatawan.

Tak heran jika tempat ini ramai, mengingat udara yang sejuk dan foto pemdangan yang cantik.

Wisatawan pun tak hanya dari Lampung, dari luar Lampung pun banyak yang mampir ke sini.

Lokasi Puncak Gunung Balau Bandar Lampung

pemandangan bukit balau bandar lampung
lokasi bukit pemancar pjr lampung by @indhmeilia

Gunung Balau dimana sih lokasinya?

Alamat

Puncak gunung balau pemancar terletak di Way Gubak, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung.

Tidak terlalu jauh dari Bukit Aslan.

Kamu juga bisa mampir dulu ke air terjun PJR Panjang sebelum ke sini sore harinya.

Rute menuju Pemancar Panjang Lampung

Peta rute menuju ke bukit balau bisa kamu ikuti lewat rute ini.

Lokasinya satu arah dengan Bukit Aslan.

Motor bisa naik sampai ke puncak gunung balau.

Sementara mobil harus parkir di tempat khusus yang telah disediakan.

Jadi, kalau mau lebih bebas, silakan bawa motor saja kalau mau ke sini.

Kebetulan jalan ke lokasi juga tidak terlalu lebar.

Bisa macet saat sedang ramai.

Harga Tiket Masuk Bukit Balau Bandar Lampung

Untuk masuk ke sini, biayanya cukup murah.

  • biaya htm motor Rp3.000 per motor.
  • biaya htm mobil Rp5.000
  • tambahan biaya parkir khusus mobil Rp10.000

Harga tiket masuk di atas dapat berubah sewaktu-waktu.

Apalagi, pengelolaan wisata memang belum secara resmi oleh pemerintah atau pokdarwis setempat.

Puncak Gunung Balau Disebut Juga Pemancar PJR

Bukit Balau dikenal juga dengan nama pemancar.

Warga sekitar tentu sudah sangat hafal dengan areal pemancar.

Disebut dengan pemancar, karena di bukit ini memang banyak dibangun pemancar.

Ada pemancar telkomsel, xl, serta pemancar stasiun tivi dan sejenisnya.

Dari kejauhan tentu akan kita jumpai banyak tower pemancar berdiri di areal gunung balau.

Nah, kalau kamu gak nemu lokasinya saat mau liburan ke sini, kamu bisa tanya ke masyarakat setempat “kalau mau ke pemancar lewat mana ya?”.

Daya Tarik Puncak Gunung Balau Bandar Lampung

daya tarik puncak gunung balau pemancar pjr panjang bandar lampung
foto pemancar bandar lampung by @kedai_syizi_pemancar

Bukit balau dengan ketinggian sekitar 350 mdpl ini sempat viral.

Wajar jika terjadi kemacetan di jalan menuju ke sana.

Tempatnya memang asyik banget buat dikunjungi.

1. Pemandangan kota bandar lampung dari ketinggian

Pesona bukit balau yang pertama adalah kita bisa menyaksikan pemandangan kota Bandar Lampung dari ketinggian.

Saat malam hari, tempatnya lebih keren.

Punya kesan romantis, sajikan pemandangan kerlap kerlip kota di bawahnya.

Enak, sambil duduk berdua, menikmati minuman hangat dan cemilan.

Tertawa bercanda ria.

Recommended banget deh.

2. Pemandangan teluk lampung

Dari atas bukit, kita juga akan menyaksikan pemandangan teluk lampung dari ketinggian.

Birunya lautan jadi pesona cantik lainnya.

Oleh karena itu, sayang banget kalau belum pernah main ke sini.

Tak hanya pemandangan kota dan pantai, pemandangan pedesan juga bisa kamu nikmati dari puncak bukitnya.

3. Udara sejuk menyegarkan

Lokasinya tidak berada di pusat kota persis.

Bahkan, terbilang wilayah hijau.

Wajar, udaranya sejuk dan menyegarkan.

Jadi tempat healing terbaik di kota Bandar Lampung.

4. Foto pemandangan sunrise dan sunset yang cantik

Dari puncak bukit balau, kamu juga bisa menikmati cantiknya cahaya matahari terbit dan tenggelam.

Ini gak akan bisa kamu dapetin saat kamu di kota.

Gimana, penasaran seperti apa pemandangannya?

Dateng langsung aja ke sini yak.

5. Cocok untuk wisata keluarga

Kamu juga bisa membawa keluarga ke sini.

Baik anak kecil maupun dewasa.

Tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan.

Apalagi tiket masuknya murah meriah.

Gak bikin kantong bolong deh.

Kedai Gunung Balau Bandar Lampung

foto kedai puncak gunung balau bukit pemancar bandar lampung
tempat ngopi di bukit balau lampung foto by @angkringan_gunung_balau123

Salah satu aktivitas seru di sini adalah nongkrong di warung kedai, sambil menikmati pemandangan kota yang begitu cantik.

Apalagi saat malam hari, ditemani segelas kopi, wedang jahe, atau wedang ronde.

Plus pisang goreng dan cemilan lainnya.

Enak banget.

Serasa berada di angkringan jogja.

Kurang lebih ada 5 warung yang membuka kedai di bukit balau.

Silakan pesan makanan dan minuman di sana, harganya masih terjangkau banget kok.

Minuman kopi mulai dari Rp5.000 saja per porsinya.

Jam Buka

Tempat wisata ini dapat kamu kunjungi kapan saja selama 24 jam.

Hanya saja, saran kami, datang ke sini pas pagi atau sore hingga malam hari.

Itu merupakan waktu terbaik saat ke sini.

Bisa menikmati sunrise, sunset, serta cantiknya pemandangan malam hari di bukit balau.

Kunjungi juga: pantai mahitam.

Akhir Kata

Bukit balau atau puncak pemancar adalah salah satu potensi wisata yang bisa dikembangkan layaknya bukit-bukit yang ada di Bandung.

Namun, wisatawan yang datang ke sini hendaknya selalu memperhatikan kebersihan tempat.

Jangan buang sampah sembarangan.

Demikian informasi wisata puncak gunung balau atau bukit pemancar PJR Bandar Lampung yang keren banget. Kunjungi juga: puncak mas bandar lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.