18 Tempat Wisata Menarik di Tanggamus Lampung Yang Wajib Anda Kunjungi

JelajahLampung.Com - Tempat Wisata di Tanggamus, Lampung sebenarnya memiliki potensi yang cukup bagus, seperti potensi wisata yang ada di Teluk Lampung. Selain itu, letak geografis Tanggamus yang berada di daerah pegunungan membuat wilayah ini mempunyai potensi alam yang sangat besar. Sayangnya, sampai dengan saat ini saya melihat pemerintah daerah kurang peduli dengan pariwisata yang ada di Tanggamus ini.

Pada saat liburan, apa lagi liburan panjang, jalur Gisting-Kota Agung selalu ramai dengan kendaraan yang ingin berwisata ke Tanggamus. Pengunjung bukan hanya pengunjung lokal, warga dari luar Tanggamus pun banyak sekali yang berdatangan ke Kota Agung.

air terjun talang ogan tanggamus
Air Terjun Talang Ogan, Talang Beringin, Pulau Panggung, Tanggamus, Lampung

Apalagi masyarakat Pringsewu yang tempat wisatanya masih minim. Jika ingin liburan dan menikmati suasana pantai, mereka harus ke Bandar Lampung atau ke Tanggamus.

Di Tanggamus ini banyak sekali tempat wisata yang eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Bagi anda warga Jakarta, tidak ada salahnya sekali-kali datang ke Lampung dan menikmati wisata Lampung. Bagi yang belum pernah ke Lampung silakan baca 6 Cara Ke Lampung Dari Jakarta, dengan modal tidak sampai 80ribu rupiah anda sudah bisa berkunjung ke Lampung.

Dan di Lampung, bukan hanya Pulau Pahawang, Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, atau Teluk Kiluan lho. Anda juga akan menemukan banyak sekali tempat wisata menarik di Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Tempat Wisata di Tanggamus yang Wajib Anda Kunjungi


Berikut ini berbagai tujuan wisata Kabupaten Tanggamus yang harus anda coba:

1. Bendungan Batu Tegi


Bendungan Batu Tegi terletak di Pekon Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, sekitar 20 km ke arah kanan dari Pasar Talang Padang. Bendungan Batu Tegi ini disebut-sebut sebagi bendungan terbesar di Asia Tenggara, keren bukan?

Saat berkunjung ke Bendungan Batu Tegi ini, anda akan menikmati betapa eksotisme keindahan alam bendungan ini dengan bentuk perairannya yang membentuk angka 8, dan sepanjang pinggiran perairan mata kita langsung adem melihat hijaunya pepohonan.

Bendungan Batu Tegi diresmikan pada tahun 2004 oleh Presiden RI saat itu Megawati Soekarno Putri. Bendungan Batu Tegi saat ini merupakan penyuplai listrik yang cukup penting di Lampung dengan adanya PLTA yang beroperasi di sana.

Pada musim kemarau, saat debit air Bendungan Batu Tegi berkurang, di Lampung hampir setiap hari mati lampu, dan alasan PLN adalah berkurangnya pasokan listrik dari Batu Tegi ini.

2. Teluk Kiluan Tanggamus Lampung


Siapa sih yang belum pernah dengar nama Teluk Kiluan Lampung? Yap, Teluk Kiluan adalah salah satu destinasi wisata unggulan Provinsi Lampung, dan jangan salah, Teluk Kiluan ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tanggamus, bukan Lampung Selatan.

Di Teluk Kiluan ini, pengunjung dapat menikmati keindahan lumba-lumba yang beratraksi di tengah-tengah laut. Untuk dapat menikmati pemandangan lumba-lumba ini, anda harus menyewa perahu dengan kapasitas 4 orang, termasuk pengemudi perahu.

Jadi silakan anda bersama dua kawan anda menyewa satu perahu untuk mengabadikan sensasi di kelilingi lumba-lumba yang beratraksi di kanan kiri anda. Jangan lupa dibikin videonya ya supaya keren.

Untuk infrastruktur menuju Teluk Kiluan ini sekarang sudah lumayan lho. Jalan menuju Teluk Kiluan sudah diperbaiki dan wisatawan kini lebih nyaman berkunjung ke Teluk Kiluan Lampung ini.

3. Pantai Karang Gigi Hiu


Pantai Karang Gigi Hiu ini mempunyai sebutan yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Pantai Karang Gigi Hiu, ada yang menyebutnya Pantai Batu Layar, dan ada pula yang menyebutnya Pantai Pegadungan. Setidaknya anda tahu ketiga nama tersebut supaya saat bertanya kepada masyarakat setempat, mereka nyambung dengan pertanyaan anda.

Pantai Karang Gigi Hiu ini terletak di Kelumbayan juga, sekitar 5 km saja dari tempat anda bisa menikmati ikan lumba-lumba.

Meskipun namanya Gigi Hiu, tapi jangan berharap untuk menemukan hiu di sini. Dinamakan Gigi Hiu mungkin karena pantai ini terdiri atas berbagai karang yang menjulang tinggi yang menyerupai Gigi-gigi hiu.

Pantai Karang Gigi Hiu ini merupakan spot yang sangat indah untuk berfoto-foto. Bagi anda yang menyukai dunia fotografer, wajib untuk datang ke Pantai Karang Gigi Hiu ini.

4. Laguna Gayau


Laguna Gayau atau Laguna Dodo, masih satu kawasan dengan Teluk Kiluan Lampung, menyajikan pemandangan yang eksotis juga. Laguna sendiri merupakan air asin yang terpisah dari lautan, dan terpisahnya ini bisa dipisahkan oleh pasir atau karang.

Laguna Gayau sendiri berbentuk kolam air asin alami, dimana antara air tersebut dan air lautan dipisahkan oleh karang. Di Laguna Gayau para wisatawan dapat berbasah-basah ria dan berenang sepuasnya. Sangat disayangkan jika berkunjung ke Teluk Kiliuan hanya melihat lumba-lumba tanpa berkunjung ke Laguna Gayau dan Pantai Karang Gigi Hiu.

Untuk mencapai Laguna Gayau, anda harus berjuang lumayan keras karena akan melewati tanjakan dan turunan karang yang cukup terjal juga. Hati-hati ya saat mengunjungi Laguna Gayau ini.

5. Pantai Terbaya


Destinasi wisata Tanggamus selanjutnya adalah Pantai Terbaya. Pantai ini terletak persis di pinggir jalan dan berada tepat di Kota Agung, Tanggamus. Bagi pengunjung yang datang dari arah Pringsewu atau Bandar Lampung bisa naik bis Rajabasa-Kota Agung dan berhenti tepat di pinggir pintu masuk menuju pantai.

Pantai Terbaya ini cukup nyaman dijadikan tempat bermain bersama si kecil karena ombaknya memang tidak terlalu besar, hanya sedikit lebih besar saja dibandingkan dengan Pantai di Teluk Lampung (Pantai Mutun, Sari Ringgung, Klara).

Di Pantai Terbaya ini akan anda jumpai pohon kelapa berjejer di sepanjang garis pantai. Maka tak heran juga jika banyak kita temukan batok kelapa di pinggiran pantai.

Berbeda dengan pantai-pantai di Teluk Lampung yang umumnya memiliki pasir putih yang halus, pasir di Pantai Terbaya ini berwarna coklat dan bercampur dengan kerikil-kerikil dan batu-batu kecil. Namun, sama sekali tidak mengurangi eskotisme pemandangan di pantai ini.

6. Air Terjun Way Lalaan Tanggamus Lampung


Sama dengan Pantai Terbaya, Air Terjun Way Lalaan juga terletak persis di pinggir jalan lintas barat sumatera. Terletak persis sebelum jalan masuk ke kompleks Pemda Tanggamus. Tinggal turun dari Bus Rajabasa - Kota Agung, langsung turun di gerbang masuk Air Terjun Way Lalaan.

Selanjutnya tinggal jalan kaki sekitar 100 meter saja dan anda sudah sampai ke Air Terjun Way Lalaan ini.

Sebenarnya, ada dua air terjun di Way Lalaan, yaitu Air Terjun Way Lalaan 1 dan Air Terjun Way Lalaan 2. Air Terjun Way Lalaan 1 inilah yang lokasi persis di pinggir jalan lintas barat sumatera.

Sedangkan Air Terjun Way Lalaan 2 sendiri, pengunjung masih banyak yang belum tahu lokasinya, kalau tidak bertanya atau dikasih tahu oleh pihak pengelola.

Untuk mencapai Air Terjun Way Lalaan 2, pengunjung harus melewati jalan dengan medan yang lumayan menantang juga. Pengunjung harus membawa guide, agar perjalanan tidak nyasar dan juga guide itulah yang lebih tahu kondisi medannya.

7. Pantai Samwil


Pantai Samwil, atau penduduk setempat menyebutnya Pantai Sumil, merupakan sebuah pantai di Pekon Karangsari, Wonosobo, Tanggamus. Dari Kota Agung, harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam lagi.

Masih sama dengan Pantai Terbaya yang berada di Teluk Semaka, Pasir di Pantai Samwil ini juga berwarna coklat dan dengan ombak yang besarnya sama juga. Hanya saja pasir di pantai ini lebih halus dibanding Pantai Terbaya yang banyak kerikil dan batuan kecil.

Kondisi Pantai Samwil ini masih alami, belum banyak dipoles oleh pembangunan. Di sekitar Pantai Samwil ini terdapat hutan bakau dengan flora utamanya berupa Avicenia sp. Di hutan bakau ini masih banyak dijumpai monyet-monyet yang bergelantungan.

8. Taman Kota Agung


Persis di tengah-tengah ibu kota Tanggamus, Kota Agung, ada sebuah taman yang cukup nyaman dijadikan tempat berkumpul bersama kawan-kawan ataupun keluarga. Taman ini letaknya persis di sebelah Lampu merah Kota Agung.

Kota Agung sendiri memang merupakan sebuah kota sepi, bisa dilihat jalanannya yang selalu terlihat sepi, tidak seramai tetangganya seperti Gisting dan Talang Padang.

Jadi jangan membayangkan Taman Kota Agung ini seramai taman-taman kota lainnya. Tetapi Taman Kota Agung ini merupakan tempat eksotis juga bagi wisatawan untuk beristirahat dan menikmati kesejukkan taman.

9. Butterfly Swimming Pool


Masyarakat Tanggamus, terutama Gisting pasti sudah sangat familiar dengan kolam renang Butterfly ini. Kolam renang Butterfly sendiri berada di Pekon Gisting Atas, dari jalan lintas barat Sumatera masih harus masuk lagi ke kiri sekitar 1 km.

Dari pasar Gisting, jalan lagi menuju Gisting Atas, sekitar 2 km perjalanan maka anda akan sampai di kolam renang perintis di Gisting ini.

Untuk masuk ke dalam tidak ada angkutan umum yang beroperasi sehingga paling enak memakai kendaraan sendiri. Bisa juga dengan memakai jasa ojek jika kebetulan tidak membawa kendaraan.

10. Wisata Dam Margo Tirto Gisting Bawah


Masih di Wilayah Gisting, ada sebuah Dam Margo Tirto di Pekon Gisting Bawah yang selama ini selalu dijadikan tempat bermain air anak. Di Wisata Dam ini, anak-anak paling suka naik bebek-bebekan, atau ada juga yang berbentuk kuda laut, kodok, dan berbagai bentuk lainnya.

Bisa juga bermain balon air, yaitu masuk ke dalam balon dan menggelinding di atas air.

Tersedia juga kolam renang buat anak dan sewaan pelampung dan ban. Fasilitas lain yang ada misalnya berupa toilet yang bersih, kantin, dan juga pondokan.

11. Pantai Karang Putih Cukuh Balak


Pantai Karang Putih terletak di Desa Putih Doh, Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus. Pantai Karang Putih Cukuh Balak ini masih berupa pantai alami yang belum dikelola sebagai tempat wisata. Lagi-lagi potensi wisata yang kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Salah satu ketidakpedulian pemerintah adalah infrastruktur menuju pantai-pantai di Cukuh Balak. Banyaknya pantai yang eksotis belum dipromosikan secara luas dan juga belum didukung sarana dan prasarana yang memadai.

Bagi anda yang menyukai petualangan silakan berkunjung ke Pantai Karang Putih ini, karena jalannya memang cukup melelahkan karena banyak jalan rusak.

Sesampai di sana, kelelahan anda akan terbayar dengan eksotisme pemandangan pantainya.

12. Pantai Napal dan Curup Kelahang


Saat anda berkunjung ke Teluk Kiluan, jangan lupa juga untuk mampir ke Pantai Napal ini. Pantai Napal sendiri terletak di Desa Napal, Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, sekitar 3-4 jam dari Pusat Kota Bandar Lampung.

Pantai Napal ini belum dikelola sehingga untuk menikmati keindahan pantai pengunjung tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Selain menikmati keindahan pantainya, wisatawan juga dapat berkunjung ke Air Terjun/Curup Kelahang di Desa Napal ini. Air Terjun ini memiliki 3 tingkatan dengan pemandangan yang masih alami. Bagi anda pencinta alam sangat cocok untuk berkunjung ke sini.

13. Pantai Badak Cukuh Balak


Pantai Badak terletak di Pekon Badak, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus. Pantai Badak ini masih jarang diketahui oleh wisatawan dan masih jarang dikunjungi sehingga kebersihannya masih tetap terjaga.

Hamparan pasir putih dan gelombak ombak yang bergemuruh suaranya mewarnai Pantai Badak ini. Setiap orang bebas menikmati pantai ini tanpa dipungut biaya atau tiket masuk.

14. Air Terjun Lembah Pelangi Ulubelu


Air Terjun Lembah Pelangi atau Pondok Rejo ini disebut Lembah Pelangi karena katanya sering dijumpai adanya pelangi di sekitar air terjun di siang hari.

Air Terjun Lembah Pelangi terdiri atas dua tingkatan dimana tingkatan pertama ketinggian sampai seratus meter lebih dan tingkatan kedua tingginya belasan meter.

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung dapat menempuh rute dari Talang Padang-Bendungan Batu Tegi. Sebelum Batu Tegi ada simpang jalan menuju Ulu Belu, ambil jalan menuju Ulu Belu.

15. Air Terjun Talang Ogan Pulau Panggung


Air Terjun di Dusun Talang Ogan, Pekon Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung, Tanggamus ini terlihat begitu memukau. Air Terjunnya masih alami dan letaknya tidak terlalu jauh dari Gisting.

Air Terjun Talang Ogan ini betul-betul indah dan anda wajib untuk berkunjung ke sini jika anda benar-benar seorang pencinta alam.

16. Taman Pemandian Way Bekhak


Jika Anda ingin menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang masih benar-benar alami, datanglah ke Taman Pemandian Way Bekhak di Kecamatan Gunung Alip, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Lokasinya sangat mudah dijangkau, cuma 300 meteran dari pinggir jalan raya Bandar Lampung-Kota Agung.

Airnya sangat jernih, sejuk, dan mengagumkan, ditambah lagi dengan adanya air terjun mini.

17. Pantai Karang Bebai, Tengor, Cukuh Balak


Cukuh Balak memang tidak ada habisnya soal pantai-pantai perawannya yang cantik-cantik. Nah, buat Anda yang ingin menikmati pemandangan ala Pantai Karang Gigi Hiu mini, datanglah ke Pantai Karang Bebai, yang dihiasi dengan batu-batu karang cantik.

Jika datang ke Cukuh Balak, Anda akan disuguhi pantai-pantai cantik yang tidak akan Anda jumpai di daerah Bandar Lampung.

18. Danau Hijau Ulubelu


Bagi Anda yang suka dengan pemandangan dataran tinggi, Ulu Belu adalah salah satu fovoritnya yang ada di Lampung.

Selain Air Terjun Lembah Pelangi, bonus lainnya saat kita berkunjung ke Ulu Belu adalah keberadaan Danau Hijau yang ada di pinggir jalan persis.

Danau Hijau Ulubelu ini belum lama dibuka, dan cocok buat destinasi wisata Anda di Tanggamus sekalian berkunjung ke Air terjun Lembah Pelangi.

Itulah tadi Informasi 18 Destinasi Wisata Eksotis yang ada di Tanggamus Lampung. Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata lainnya di Tanggamus yang belum bisa saya tambahkan pada postingan kali ini. Let's Visit Tanggamus. Selamat jalan-jalan.

0 komentar