20 Tempat Wisata Menarik di Bandar Lampung 2017

JELAJAHLAMPUNG.COM - 20 Tempat Wisata Menarik di Bandar Lampung 2017. Bandar Lampung sebagai ibukota Provinsi Lampung memiliki beberapa tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Kebanyakan, wisata menarik di Kota Tapis Berseri ini merupakan wisata alam yang berada di daerah perbukitan dan di daerah kaki Gunung Betung.

lembah hijau lampung
Koleksi Burung Merak di Lembah Hijau Lampung
Selain wisata alam, tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh warga Kota Bandar Lampung dan Kabupaten/Kota lainnya adalah wisata air berupa waterpark.

Tempat Wisata di Bandar Lampung yang Harus Anda Kunjungi


Baiklah sahabat jelajahlampung yang berbahagia, berikut ini daftar tempat wisata di Bandar Lampung yang bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin berlibur tapi tidak ingin tidak jauh-jauh dari Kota Bandar Lampung:

1. Taman Kupu-kupu Gita Persada


Jika anda ingin mengunjungi tempat hijau yang ada di Bandar Lampung dengan suasana alam yang sangat sejuk dan rindangnya pepohonan, ditemani kupu-kupu yang cantik, lalu bermain ayun-ayun bersama anak-anak, dan terakhir menikmati sensasi tiduran atau duduk-duduk di rumah pohon, maka Taman Kupu-kupu Gita Persada adalah pilihan tepat untuk anda.

Taman kupu-kupu Gita Persada adalah taman yang sangat spesial di Bandar Lampung, karena dibangun dari tanah kritis, dan sekarang telah menjelma menjadi taman yang sangat indah.

Bagi anda masyarakat Lampung, wajib mengunjungi tempat ini jika ingin menikmati kesejukkan taman yang tidak akan anda jumpai di tempat lain. Taman ini betul-betul spesial dan akan membuat anda terpesona.

2. Lembah Hijau Lampung


Siapa sih yang gak kenal dengan wisata alam yang satu ini? Lembah Hijau adalah salah satu tempat wisata yang cukup lengkap di Bandar Lampung. Jika anda ingin mengenal binatang-binatang, anda dapat mengunjungi Lembah Hijau Lampung.

Lembah Hijau mempunyai beberapa koleksi binatang yang dikonservasi di sana. Selain itu, terdapat atraksi hewan juga di tempat wisata ini. Rusa-rusa dikembangbiakan secara terbuka di tempat tersendiri. Dan terakhir anda bisa juga menikmati sensasi naik kuda di Lembah Hijau Lampung.

Bagi yang ingin uji nyali, bisa mencoba masuk ke Rumah Hantu yang super serem. Bagi yang ingin melihat koleksi ikan dapat melihatnya di akuarium di salah satu tempat di Lembah Hijau ini.

Disediakan juga mini train dan carousel sebagai arena bermain anak-anak. Selain itu disediakan juga ayunan, perosotan, dan beberapa mainan anak lainnya.

Lahan yang disediakan juga sangat luas sehingga sangat capek jika mengelilingi seluruh lokasi Lembah Hijau ini.

Bagi yang suka main air, tersedia waterboom yang tinggi dan juga kolam renang yang cukup luas di Lembah Hijau Waterpark.

Terakhir, jika anda ingin menginap, disediakan beberapa cottage yang disewakan bagi para pengunjung.

3. Taman Wisata Bumi Kedaton Bandar Lampung


Keberadaan Taman Wisata Bumi Kedaton ini memang mirip-mirip dengan Lembah Hijau. Sebagai wisata alam, Taman Wisata Bumi Kedaton juga menyediakan koleksi berbagai binatang.

Taman Wisata Bumi Kedaton juga biasa dijadikan sebagai tempat berkemah para pelajar dari berbagai tingkatan. Ada juga atraksi gajah, sensasi naik kano di kolam buatan, lalu menikmati sungai di sebelahnya, flying fox, dan beberapa fasilitas lainnya.

Terdapat pula Waterpark layaknya waterpark lainnya di Bandar Lampung. Dan disediakan juga cottage bagi yang ingin menginap di tempat wisata ini.

4. Wira Garden, Tempat Wisata di Bandar Lampung


Berlokasi sangat dekat dengan Taman Wisata Bumi Kedaton, dan juga terletak di Gunung Betung seperti Taman Wisata Bumi Kedaton, membuat Wira Garden juga merupakan tempat wisata sejenis dengan Taman Wisata Bumi Kedaton.

Tersedia taman yang luas, sungai yang mengalir di bawah, lalu terdapat berbagai batu unik dan juga sumber air awet muda, tempat berkemah, tebing alami, dan berbagai fasilitasnya. Wira Garden ini sudah saya ulas dalam tulisan saya Wira Garden Lampung.

Disedikan juga cottage yang disewakan bagi pengunjung yang ingin menginap di lokasi wisata Wira Garden Lampung.

5. Museum Lampung


Museum Lampung terletak di depan SMP 22 Bandar Lampung, tepatnya di Jalan ZA Pagar Alam Nomor 64 Bandar Lampung. Jarak dari Terminal Rajabasa sekitar 1 km. Letaknya juga cukup dekat dengan Universitas Lampung.

Museum Lampung diresmikan pada tahun 1988 oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan pada saat itu, yaitu Fuad Hasan.

Layaknya museum-museum pada umumnya, museum ini memiliki beberapa koleksi di antaranya barang-barang kebudayaan khas Lampung seperti pakaian pengantin, tempat tidur pengantin, alat-alat musik, benda-benda seni, dan berbagai koleksi lainnya sebagai benda sejarah.

Museum Lampung mempunyai koleksi sekitar 4652 buah yang terdiri atas:
  • koleksi geologika sebanyak 71 buah,
  • koleksi biologika sebanyak 55 buah,
  • koleksi numismatika/heraldika sebanyak 1347 buah,
  • koleksi filoqika sebanyak 44 buah,
  • koleksi keramologika sebanyak 666 buah,
  • koleksi seni rupa sebanyak 8 buah, dan
  • koleksi teknologika 23 buah.

6. Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman


Penangkaran Rusa Tahura WAR yang berdekatan dengan Taman Kupu-kupu Gita Persada di Desa Sumber Agung ini merupakan wisata gratis bagi anda dan anak anda. Tempat ini lebih cocok dijadikan tempat wisata alam dan pendidikan berasama si kecil untuk melihat koleksi rusa timur dan perkembangbiakannya.

7. Wisata Alam Batu Putu


Jika anda ingin menikmati air terjun di Bandar Lampung, anda harus berkunjung ke Wisata Alam Batu Putu ini. Di Wisata Alam terdapat sebuah air terjun yang cukup indah.

Jarak dari Air Terjun Batu Putu ke Bandar Lampung pun tidak terlalu jauh. Arahnya dari Bandar Lampung sama dengan arah menuju ke Wira Garden, lalu melewati Taman Wisata Bumi Kedaton dan masih lurus lagi menuju Kawasan Wisata Batu Putu.

Waktu tempuh dari Kota Bandar Lampung sekitar 20 menit perjalanan. Sepanjang perjalanan anda akan menjumpai banyak sekali pohon durian di sebelah kiri dan kanan jalan.

8. Taman Dipangga


Jika anda traveling ke daerah Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur atau daerah Jawa Barat sana, anda akan menemukan sebuah tanah lapang di tengah-tengah kota, yang biasanya dikelilingi oleh Pendopo di sisi utara, Masjid Agung di sisi barat, dan pasar di sisi lainnya. Tanah Lapang tersebut biasa disebut dengan Alun-alun.

Hal yang berbeda akan anda jumpai jika anda berkunjung ke Bandar Lampung. Sangat sedikit tanah terbuka di tengah-tengah kota Bandar Lampung. Anda akan sulit menemukan adanya taman di tengah-tengah kota Bandar Lampung, apa lagi alun-alun. Dibandingkan dengan luas kota Bandar Lampung, ruang terbuka hijau di Bandar Lampung sangatlah langka.

Namun bukan berarti Bandar Lampung sama sekali tidak mempunyai ruang terbuka hijau. Salah satu ruang hijau yang dimiliki kota Tapis Berseri ini adalah Taman Dipangga Bandar Lampung. Taman ini terletak di Teluk Betung Selatan, tepat berada di depan Polda Lampung.

Taman Dipangga biasa digunakan sebagai tempat untuk berkumpul dan bersantai warga kota Bandar Lampung. Tempat ini merupakan tempat rekreasi gratis bagi masyarakat kota.

9. Taman Hutan Kota


Taman Hutan Kota Bandar Lampung sebagai ruang terbuka hijau di Bandar Lampung terletak di daerah Way Halim. Sayangnya, tanah yang digunakan sebagai Taman Hutan Kota ini masih dalam sengketa sehingga rencana menjadikan Taman Hutan Kota sebagai paru-paru Kota Bandar Lampung masih belum bisa direalisasikan.

Sangat sayang juga ya kalau akhirnya Taman Hutan Kota ini dijadikan tempat bisnis dengan dibangun ruko-ruko. Berkurang lagi ruang terbuka hijau di Bandar Lampung.

10. Slanik Waterpark Lampung


Slanik Waterpark sebenarnya tidak masuk kriteria tempat wisata yang ada di Bandar Lampung, karena secara administratif, waterpark ini berada di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Namun, secara lokasi, waterpark ini dekat dengan Bandar Lampung sehingga saya masukkan ke tulisan ini.

Slanik Waterpark sebagai waterpark terluas di Lampung memiliki beberapa wahana yang harus anda coba seperti Octopus Kids Fun, Dragon River, Fast 2 Furious, Olympic Pool, Crazy Slide, dan Eagle Wave.

Tempat wisata ini hanya buka dari hari selasa sampai dengan hari Minggu. Hari senin libur untuk perawatan waterpark, kecuali tanggal merah.

11. Waterpark Citra Garden Lampung


Waterpark Citra Garden Lampung beralamat di Jalan Dr. Setiabudi Nomor 170, Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung. Dinamakan Waterpark Citra Garden karena lokasinya memang berada di tengah-tengah Perumahan Citra Garden Lampung.

Waterpark Citra Garden Lampung buka pada Hari Rabu s.d. Jumat jam 14.00-18.00 WIB dan hari Sabtu, Minggu, dan hari libur jam 08.00-18.00 WIB.

Di Waterpark Citra Garden ini terdapat berbagai permainan anak dengan tema bajak laut yang membuat anak makin betah bermain air di sini.

12. D'mermaid Waterpark Tirtayasa


D'mermaid Waterpark Tirtayasa terletak di Perumahan Villa Bukit Tirtayasa. Terdapat enam wahana unggulan yaitu big mermaid dengan kedalaman 1,6 meter, royal mermaid yaitu lobi tempat menyabut kedatangan kita, green mermaid sebagai tempat outbond, little mermaid yaitu kolam anak-anak, ocean street yaitu berenang dengan ditemani ikan-ikan raksasa, dan sun beach yang merupakan tantangan bagi anak menghadapi tantanga dari slide.

Fasilitas yang tersedia di antaranya kolam renang arus, wahana bermain anak-anak, taman bermain anak, ember tumpah anak-anak dan dewasa, waterboom.

13. Nuwo Sesat Olok Gading


Nuwo Sesat adalah rumah adat masyarakat Lampung. Salah satu Nuwo Sesat yang ada di Bandar Lampung terletak di Jalan Dr. Setiabudi, Kelurahan Negeri Olok Gading, Kecamatan Teluk Betung Barat, Bandar Lampung.

Rumah Adat Nuwo Sesat sendiri merupakan rumah panggung dengan bahan utama konstruksi terbuat dari kayu. Nuwo Sesat Olok Gading yang usianya 130 tahun ini sempat mengalami beberapa kerusakan akibat letusan gunung Krakatau.

14. Pantai Duta Wisata


Pantai Duta Wisata merupakan salah satu pantai yang terletak di Kota Bandar Lampung. Pantai Duta Wisata ini dikelola oleh pihak swasta, bukan oleh pemerintah daerah. Kebanyakan pantai-pantai di Lampung memang dikelola oleh pihak swasta.

Pantai Duta Wisata terletak di Jalan RE Martadinata, Teluk Betung Barat. Letaknya satu arah dengan Pantai Mutun dan Pantai Sari Ringgung, hanya saja lokasinya masih di Bandar Lampung.

Di Pantadi Duta Wisata anda dapat bermain banana boat atau bersantai di pondokan-pondokan yang disediakan di pinggir pantai.

15. Pantai Puri Gading


Pantai ini terletak di areal Perumahan Pantai Puri Gading. Awalnya hanya diperuntukkan bagi kawasan perumahan. Kini Pantai Puri Gading sudah dibuka untuk umum sehingga siapapun bisa datang ke sana.

Pantai ini termasuk pantai kecil dan tidak seramai pantai-pantai lainnya. Namun di pantai ini tersedia juga banana boat, gubug ukuran besar dan juga rumah makan.

16. Pantai Tirtayasa


Pantai Tirtayasa ini merupakan pantai yang masih alami, belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan manusia. Sama dengan pantai-pantai di atas tadi, pantai ini juga tergolong pantai yang sepi pengunjung sehingga kealamiannya masih terjaga.

Lokasinya masih satu deretan dengan Pantai Puri Gading dan Pantai Duta Wisata. Pantai Tirtayasa sangat mudah ditemukan.

Pantai Tirtayasa merupakan salah satu pantai yang berada di Teluk Lampung, sama seperti Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, dan pantai-pantai lainnya di Teluk Lampung.

Dari Pantai Tirtayasa ini anda dapat menyeberang ke Pulau Kubur dengan waktu tempuh sekitar 20 menit saja.

17. Alam Wawai


Bagi anda yang ingin melihat pemandangan Lampung beserta Teluk Lampung dari ketinggian, maka anda bisa mencoba untuk berkunjung ke Alam Wawai Bandar Lampung.

Alam Wawai terletak di Sukadanaham, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Lokasinya dekat dengan Tugu Duren dan Summit Bistro.

Dari Lembah Hijau jaraknya kurang lebih sekiter 500meter s.d. 1 km.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, anda juga dapat menginap di Alam Wawai di tenda-tenda Camping yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Untuk merasakan pengalaman berkemah di Alam Wawai ini anda harus menyewa tenda camping beserta peralatan lengkapnya.

18. Puncak Mas Sukadanaham


Akhir Tahun 2016, telah dibuka tempat wisata baru di Bandar Lampung yaitu Puncak Mas Sukadanaham. Puncak Mas ini tidak jauh dari Alam Wawai Bandar Lampung.

Untuk menuju ke sana, arahnya seperti menuju Alam Wawai Lampung. Nanti, di pertigaan Tugu Duren ada papan penunjuk jalannya, ikutin saja, masuk ke Kelurahan Sukadanaham.

Sesuai dengan namanya, Puncak Mas Sukadanaham ini menyajikan pemandangan kota Bandar Lampung dari ketinggian.

Tertarik ingin menikmati kota Bandar Lampung dari atas? Silakan datang ke Puncak Mas Sukadanaham.

19. Lampung Walk, Tempat Wisata Cukup Lengkap di Lampung


Setelah ada Lembah Hijau Waterpark, Citra Garden Waterpark, D'Mermaid Tirtayasa Waterpark, Slanik Waterpark, dan Bumi Kedaton Waterpark, ada lagi waterpark baru di Lampung yaitu Lampung Walk, yang dibangun dengan konsep sebagai pusat olah raga, hiburan, dan kuliner.

Bermain di Waterpark Lampung Walk cukup seru juga lho, bisa menjadi alternatif waterpark lain, selain waterpark-waterpark yang sudah ada.

Di Lampung Walk, kita juga berolahraga dengan menyewa lapangan futsal dan badminton.

20. Camp '91 Outbound Kedaung Kemiling


salah satu tempat wisata yang sedang ngehits di Bandar Lampung di kalangan pencinta foto-foto instagram adalah Outbond di Kedaung Kemiling, Bandar Lampung.

Rame juga yang mengupload foto-foto mereka di Outbond Kedaung Kemiling ini.

Di Camp '91 Outbond Kedaung Kemiling ini kita bisa bermain flying fox, motor ATV, Outbound, playground, serta berkemah.

Itulah tadi informasi 20 Tempat Wisata yang ada di Bandar Lampung mudah-mudahan bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin berlibur di dalam Kota Bandar Lampung. Selamat berwisata.

2 komentar