Objek Wisata Pantai Sari Ringgung Lampung Dengan Hamparan Pasir Putih

JelajahLampung.Com - Objek Wisata Pantai Sari Ringgung Lampung Dengan Hamparan Pasir Putih. Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu objek wisata pantai favorit di Lampung. Selain lautnya yang masih bersih, lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung. Jarak dari Kota Bandar Lampung ke Pantai Sari Ringgung sekitar 14 km, atau bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit.

Jika anda ingin berkunjung ke sana, usahakan untuk tidak mengambil hari libur, apa lagi pada saat acara tahun baru atau hari libur besar lainnya. Pengalaman saya berkunjung pada saat libur tahun baru, jalannya sangat ramai, dan macetnya luar biasa.

Saking macetnya, butuh waktu berjam-jam untuk sampai ke pantai. Akses jalan terbilang sempit, hanya cukup untuk lewat dua mobil berjejer. Pada saat padat-padatnya, kendaraan, apa lagi mobil, sangat sulit untuk menuju pantai tersebut.

Hari Minggu pun sering sekali ramai. Jika anda mempunyai hari libur di hari Sabtu, lebih baik berlibur ke sana di hari Sabtu, karena anak-anak belum libur sekolah sehingga jalan tidak akan seramai di hari Minggu.

Lokasi Pantai Sari Ringgung sendiri terletak di Desa Sidodadi, Padang Cermin, Pesawaran. Dari Bandar Lampung, sebelum mencapai Pantai Sari Ringgung, anda akan melewati Pantai Duta Wisata, lalu Pantai Tirtayasa, Puri Gading, dan Pantai Mutun.

Setelah lewat Pantai Mutun, anda akan melewati pasar Hanura. Tidak jauh dari pasar Hanura, jalan lagi terus, anda akan melihat papan nama/spanduk besar di kiri jalan yang menunjukkan jalan masuk ke Pantai Sari Ringgung.

Silakan belok kiri, mengikuti jalan masuk Pantai Sari Ringgung. Jalan masuk ke pantai masih belum di aspal. Ikuti saja jalan tersebut, kurang lebih 1 km anda akan sampai di Pantai dengan pasir putih tersebut.

Pantai Sari Ringgung ini terletak di tengah-tengah antara Pantai Mutun dan Pantai Klara. Lokasinya sangat mudah ditemukan.

Harga Tiket Masuk Panatai Sari Ringgung


Harga tiket masuk Pantai Sari Ringgung sebagai berikut (harga dapat berubah sewaktu-waktu):
  • Tarif masuk per orang Rp10.000,-
  • Motor dikenakan Rp5.000,-
  • Mobil dikenakan Rp10.000,-
  • Bus Sedang Rp200.000,-
  • Bus Besar Rp250.000,-
Sebelum mencapai Pantai Sari Ringgung, di tengah perjalanan, sekitar 200m dari Spanduk di pinggir jalan tadi, dekat dengan  pembelian tiket masuk, anda akan melihat hamparan laut di sebelah kiri jalan. Tempat ini biasa digunakan juga untuk berfoto-foto. Dan ini lah gambar yang saya ambil:

laut dekat pintu masuk sari ringgung

Saat mencapai lokasi pantai, anda akan langsung terpesona dengan hamparan pasir putih yang memanjang sepanjang pantai.

Di ujung selatan Pantai Sari Ringgung, anda akan menjumpai semacam tanjung kecil dengan banyak pohon kelapa di tanam di sana. View di tanjung kecil ini sangat indah. Dari lokasi ini anda dapat melihat pemandangan sepanjang Pantai Sari Ringgung.

tanjung kecil pantai sari ringgung

Setelah mencapai tanjung kecil ini, anda dapat naik ke atas untuk menikmati view pantai secara lebih luas. Persis di sebelah barat dari tanjung kecil ini ada bukit, yang sudah disediakan jalan khusus untuk menanjak ke atas.

Berikut ini pemandangan salah satu Pantai Sari Ringgung dilihat dari atas bukit (belum sampai puncak bukit sih):

pantai sari ringgung dari bukit

Apa Saja Sih Yang Ada di Pantai Sari Ringgung?


Pantai Sari Ringgung memiliki beberapa fasilitas sebagai berikut:

1. Waterboom kecil, ayunan, perosotan


Anda dapat memilih untuk mandi di pantai sebelah utara, dekat pintu masuk, atau di sebelah selatan. Di kedua lokasi tersebut sama-sama terdapat semacam waterboom kecil, untuk perosotan bagi anak-anak. Orang dewasa pun bisa juga ikut perosotan di waterboom tersebut.

Waterboom di sebelah utara lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di sebelah selatan. Jika anda membawa anak kecil umur 3 atau 4 tahun, mungkin lebih pas jika mandi di pantai sebelah selatan. Selain waterboomnya lebih pendek, ada juga perosotan dan ayunan di pinggir pantai.

ayunan di pantai sari ringgung

Hanya saja, di sebelah selatan ini, pinggiran pantainya lebih banyak batu-batu dibandingkan dengan pasirnya.

Bagi anda yang membawa anak, harap selalu mengawasi anak-anak anda ketika bermain air. Jangan sampai anak mandi sendiri tanpa diawasi.

Sebenarnya di waterboom tersebut terdapat tong air tumpah. Sayangnya, pada saat saya berkunjung ke sana, tong air tumpah tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Entah alasan biaya operasional atau alasan lainnya saya kurang tahu.

Jika tong air tumpah tersebut dioperasikan lagi pastinya bakal lebih seru mandi di laut sambil diguyur air dan perosotan di waterboom.

2. Pondokan


Banyak sekali tersedia pondokan di pinggir pantai untuk berteduh dari sinar matahari. Tarif sewanya sebesar Rp50.000 tanpa batas waktu. Jika anda pergi beramai-ramai bersama keluarga ada baiknya juga untuk menyewa pondokan untuk meletakkan barang-barang anda.

3. Tempat Olah Raga


Pantai Sari Ringgung juga menyediakan tempat olah raga bagi anda. Bagi yang suka futsal, tersedia lahan khusus untuk futsal pantai. Bagi yang suka voli, disediakan juga lokasi untuk voli pantai. Bagi anda yang hobi camping, juga dapat berkemah di Pantai Sari Ringgung.

Pada saat saya berkunjung ke Pantai Sari Ringgung, ramai juga rombongan yang bermain futsal dan voli di pantai.

4. Jetski dan Banana Boat


Jika anda ingin berkeliling laut di sekitar Pantai Sari Ringgung, disediakan juga jetski. Dengan menggunakan jetski, anda dapat mengambil gambar pemandangan pantai dari tengah laut. Tentu pemandangannya akan sangat indah.

Ada juga banana boat yang membuat liburan anda di pantai ini semakin berkesan. Teriak-teriak sambil mengelilingi pantai di atas banana boat tentu merupakan kesan tersendiri yang tidak akan terlupakan.

5. Kano


Disediakan juga kano-kano untuk memanjakan anda saat bermain di pantai. Selain kano, banyak juga disewakan ban-ban bagi anda yang ingin berenang di atas ban. Jika tidak ingin menyewa sendiri, anda bisa juga membawa pelampung dari rumah untuk si kecil.

6. Snorkling


Bagi yang hobi snorkling, tidak usah khawatir. Anda dapat snorkling di pantai ini. Air di pantai Sari Ringgung terbilang jernih sehingga pemandangan di bawah laut akan lebih indah.

7. Cafe Boat dan Beach Cafe


Lupa membawa bekal dari rumah? Tak usah khawatir, ada dua cafe di pantai ini yang siap melayani anda. Jika anda punya acara semisal ulang tahun, kumpul orang kantor, dan acara lainnya, bisa juga menyewa cafe ini dengan diiringi musik tentunya.

Selain kafe, kantin-kantin di Pantai Sari Ringgung jumlahnya sangat banyak. Jika anda belum sempat makan, atau lupa membawa minuman, atau ingin membeli kaos dan pernak pernik Pantai Sari Ringgung, anda tinggal beli sajaka di kantin atau penjual yang berderet di sana.

8. Mountain View/Puncak Indah


Anda dapat naik ke bukit untuk melihat pemandangan pantai dari atas. Tenang saja, jalan ke atas sudah lumayan bagus. Bukitnya pun tidak tinggi tinggi amat. Anda dapat naik ke puncaknya atau cukup di tengah bukit.

Tentunya bagi yang tidak terbiasa naik bukit, sedikit capek dan pegel-pegel juga sih kakinya. Tapi tak apa, rasa capek akan terbayar lunas saat anda sampai di atas bukit.

9. Masjid Apung


Di tengah-tengah laut, anda akan melihat sebuah masjid yang terapung di tengah-tengah laut. Masjid ini terlihat unik karena mengapung di tengah laut. Itulah mengapa disebut masjid apung. Jika anda ingin merasakan sholat di masjid ini silakan datang ke masjid dengan menggunakan perahu.

10. Sewa perahu


Tidak cukup rasanya jika hanya mandi di Pantai Sari Ringgung saja. Anda harus menyeberang ke Pulau Tegal dan Pasir Timbul. Lampung juga punya pasir timbul lho. Ya, dari Pantai Sari Ringgung inilah anda dapat mencapainya.

Air di Pulau Tegal dan Pasir Timbul sangat jernih. Anda benar-benar harus ke sana dan menikmati indahnya pasir di kedua lokasi tersebut.

Well, sepertinya saya sudah kehabisan kata-kata untuk menggambarkan Pantai Sari Ringgung ini. Mungkin tulisan saya ini kurang menggambarkan keindahan pantai ini.

Oleh karena itu, silakan buktikan keindahan Pantai Sari Ringgung dengan berkunjung ke Lampung. Selamat berwisata pantai di Pantai Sari Ringgung.

1 komentar: