Bandara Lampung: Bandara Radin Inten II dan Pekon Serai

jelajahlampung.com - Bandara Lampung: Bandara Radin Inten II dan Pekon Serai. Hai sahabat jelajahlampung semuanya, gimana, sudah bisa kan datang sendiri ke Lampung dari Jakarta? Deket banget lho sebenarnya Lampung dari Jakarta itu. Kalau lewat jalur darat dan laut, bisa ditempuh dengan waktu 6-7 jam jika sedang lancar.

Selain lewat jalur darat dan laut, bisa juga berkunjung ke Lampung lewat jalur udara atau naik pesawat.

Nah, tiket pesawat kan sekarang murah-murah ya. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Lampung menggunakan jalur udara nih, sebenarnya ada dua Bandara di Lampung lho. Yang pertama ada Bandara Radin Inten II atau yang lebih dikenal dengan Branti, dan yang kedua ada Bandara Pekon Serai di Pesisir Barat.

Orang-orang selama ini mengira kalau Bandara Lampung cuma ada satu, padahal ada dua ya hehehe.

Bandara Lampung: Bandara Raden Inten II

bandara lampung
Branti saat dalam tahap renovasi menjadi Bandara Internasional

Bandara terbesar di Lampung adalah Bandara Radin Inten II. Bandara ini telah direnovasi di tahun 2016, dibenahi untuk ditingkatkan menjadi Bandara Internasional. Dengan adanya renovasi ini, Branti akan menampung penumpang sekitar 7.500-8.000 penumpang per hari.

Biaya renovasinya mencapai lebih dari 180 milyar rupiah. Lumayan juga bukan? Jangan sampai seperti bangunan sebelumnya ya, yang ada di depan bandara itu, milyaran rupiah habis, baru sebentar berdiri, eh bangunannya dibongkar lagi hehehe.

Dalam dunia penerbangan, Bandara Radin Inten II menggunakan nama Tanjung Karang (TKG) untuk kode penerbangannya, bukan Lampung atau LPG :)

Serasa agak aneh sih memang, karena Bandara Lampung yang satu ini sebenarnya terletak di Natar, Lampung Selatan.

Branti atau Bandara Radin Inten II memang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, bukan di Kota Bandar Lampung sebagai ibu kota Provinsi Lampung. Jarak dari Bandara Radin Inten II ke Bandar Lampung sekitar 20an kilometer atau sekitar 30 menit-1 jam perjalanan.

Bandara Lampung di Natar ini menggunakan nama Radin Inten II. Beliau ini merupakan salah satu pahlawan nasional asal Lampung dan juga seorang Sultan Lampung.

Rute Penerbangan Bandara Radin Inten II Lampung


Untuk sementara rute-rute penerbangan dari dan ke Bandara Radin Inten II Lampung sebagai berikut:
  • Penerbangan Lampung-Jakarta: Garuda, Sriwijaya, Nam Air, Lion Air.
  • Penerbangan Lampung-Halim Perdana Kusuma: Wings Air.
  • Penerbangan Lampung Bandung: Wings Air dan Express Air.
  • Penerbangan Lampung-Batam: Garuda dan Sriwijaya Air.
  • Penerbangan Lampung-Palembang: Wings Air, Express Air, Garuda Indonesia.
  • Penerbangan Lampung-Krui (Pekon Serai): Susi Air.

Angkutan Umum ke Bandara Radin Inten II Lampung


Untuk menuju Bandara Radin Inten II Lampung bisa menggunakan jasa ojek, travel/taksi, dan bisa juga menggunakan angkot (angkutan kota).

Angkot menuju Branti berwarna coklat. Angkot ini memiliki rute dari Rajabasa sampai ke Tegineneng (melewati Bandara Radin Inten II).

Tarif angkot antara 6-10 ribu, tergantung tukang angkotnya. Kalau ngasih uang 10 ribu biasanya gak dikasih kembalian sama tukang angkotnya :)

Untuk tarif ojek dari Rajabasa ada di kisaran 30-50 ribu rupiah, tergantung nego dengan pengemudi ojeknya. Atau bisa juga mencoba ojek online Otojek.

Bandara Pekon Serai, Krui, Pesisir Barat, Lampung


Bandara ini merupakan Bandara perintis di Lampung, dan rute pelayanan penerbangannya pun cuma dari Krui Pesisir Barat ke Bandara Raden Inten II dan sebaliknya.

Krui sendiri selama ini terkenal dengan pantainya yang berombak tinggi dan menjadi tempat favorit bagi wisatawan asing untuk berselancar. Banyak turis-turis asing yang terlihat membawa peralatan surfing di Bandara Raden Inten II.

Sayangnya, pesawat dari Branti menuju Krui merupakan pesawat kecil sehingga wisatawan asing yang membawa peralatan surfing tidak bisa memakai pesawat Branti-Pekon Serai. Kebanyakan dari mereka memilih naik travel menuju Krui Pesisir Barat.

Ke depannya, saya yakin Bandara Pekon Serai akan dikembangkan dalam rangka mendukung tempat-tempat wisata menarik yang ada di Krui Pesisir Barat.

Rencananya, Tahun 2018 nanti, Pantai di Krui Pesisir Barat juga akan menjadi salah satu tempat digelarnya event Asian Games untuk cabang perlombaan surfing. Keren ya :)

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai Bandara Lampung, Bandara Radin Inten II di Natar Lampung Selatan dan Bandara Pekon Serai di Krui Pesisir Barat. Mudah-mudahan ke depannya semakin banyak rute yang bisa dibuka baik oleh Branti maupun Pekon Serai.

0 komentar