Pesona Pulau Pahawang Lampung Tiada Duanya

JelajahLampung.Com - Pesona Pulau Pahawang Lampung Tiada DuanyaLampung memang kaya akan wisata bahari mengingat lokasinya yang diapit oleh laut di sisi selatan, timur, dan barat. Lampung memiliki beberapa pulau yang eksotis sebagai tujuan wisata. Salah satu Pulau tersebut adalah Pulau Pahawang, tempat paling bagus di Lampung untuk snorkling melihat terumbu karang yang ada di laut. Selain melihat alam bawah laut, pantai di Pulau Pahawang juga sangat indah dengan hamparan pasir putih.

Pulau Pahawang Kecil
Pantai Pulau Pahawang Kecil

Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Lokasinya tidak jauh dari Pulau Kelagian, kurang lebih sekitar 5-10 menit perjalanan memakai perahu. Luas Pulau Pahawang sekitar 1.084 hektar dan dihuni oleh sekitar 400 kepala keluarga.

Untuk sampai ke Pulau Pahawang, anda harus menyewa perahu terlebih dahulu. Anda bisa menyeberang ke Pulau Pahawang lewat Dermaga Ketapang, sebelum Pantai Klara Lampung.

Rute ke Pulau Pahawang Lampung


Untuk mencapai Pulau Pahawang tidak sulit. Pertama-tama, anda harus menuju Dermaga Ketapang/Pelabuhan Ketapang. Dermaga ini menyediakan banyak sekali sewa perahu plus peralatan snorkling menuju Pulau Pahawang Lampung.

Pelabuhan Ketapang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran. Lokasinya terletak di tengah-tengah antara Pantai Sari Ringgung dan Pantai Klara. Untuk lebih memudahkan, anda bisa melihat Peta Rute Pulau Pahawang berikut:

peta rute pulau pahawang
Peta Wisata Pulau Pahawang
Dari Bandar Lampung, anda harus berkendara menuju barat daya ke arah Teluk Betung Barat. Dari Bandar Lampung cari saja penunjuk arah menuju Teluk Betung/Padang Cermin.

Dari Teluk, jalan ke arah selatan mengikuti Jalan RE Martadinata, melewati Pantai Puri Gading, Pantai Duta Wisata, Tempat Pelelangan Ikan Lempassing, Pantai Queen Artha, selanjutnya Pantai Mutun.

Dari Pantai Mutun, masih terus lurus menuju Pasar Hanura. Dari Pasar Hanura, ambil jalan yang ke kiri, jangan yang ke kanan, lalu lurus terus sampai Pantai Sari Ringgung.

Jika sudah sampai Pantai Sari Ringgung maka perjalanan anda sudah tidak jauh lagi. Masih terus lurus saja mengikuti jalan raya, kurang lebih 10 menit dari Pantai Sari Ringgung, maka anda akan sampai ke Dermaga Pelabuhan Ketapang.

Pelabuhan Ketapang ini ada di sebelah kiri jalan dari arah Bandar Lampung. Lokasinya persis di pinggir jalan dan di situ ada tulisan "Penyeberangan ke Pulau Pahawang". Jangan sampai terlewat yaa.

Sesampai anda di Dermaga Ketapang, tinggal parkir kendaraan anda saja. Pengalaman saya kemarin, parkir mobil dikenai tarif Rp15.000,- per hari dan motor Rp10.000,- per hari.

Setelah parkir kendaraan, silakan sewa perahu di Dermaga Ketapang ini. Harga sewa perahu tergantung pada tawar menawar anda dengan penyewa dan juga tergantung ramai tidaknya penyeberangan ke Pulau Pahawang.

dermaga ketapang
Naik ke Perahu
Jika anda datang ke Pulau Pahawang pada saat tahun baru, rasanya kurang nyaman, selain jalanan yang macet, tarif penyeberangan pun sangat mahal dan juga terlalu ramai sehingga kurang nyaman pada saat bermain di pantai.

Normalnya, harga sewa perahu penyeberangan ke Pulau Pahawang berkisar antara 300-500 ribu rupiah per hari untuk pulang pergi. Hari minggu kemarin saya dapat harga 400ribu, seharian bermain di Pulau Pahawang.

Tarif sewa perahu di atas bukan hanya  ke Pahawang. Dengan tarif sewa di atas anda bisa mengunjungi tiga pulau yaitu Pulau Kelagian, Pulai Pahawang Besar, dan Pulau Pahawang Kecil. Jadi rencanakan terlebih dahulu mau ke Pulau mana dulu sebelum berangkat.

Jika ingin berurutan dari yang paling dekat, maka pilih Pulau Kelagian dulu, selanjutnya Pulau Pahawang Besar, dan terakhir Pulau Pahawang Kecil.

Pulau Kelagian terkenal dengan pasir putihnya yang sangat halus. Spotnya pun sangat bagus untuk berfoto-foto. Jangan sampai anda tidak mengunjungi Pulau Kelagian ini.

Oiya, waktu tempuh dari Pelabuhan Ketapang ke Pulau Pahawang kurang lebih sekitar 40 menit memakai perahu seperti pada gambar di atas. Selamat berpetualang di Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian.

Snorkling di Pahawang Besar


Sesampainya di Pulau Pahawang, anda bisa mandi di laut dengan puas. Jika anda senang dengan snorkling, anda bisa snorkling di Pulau Pahawang Besar. Di Pahawang Besar ini tempatnya bagus untuk snorkling. Lautnya jernih dan juga banyak terumbu karang di dalamnya.

Untuk snorkling di Pahawang Besar ini, pengemudi perahu akan menurunkan anda di laut dekat dengan pantai. Jadi perahu berhenti di tengah laut, tidak sampai pantai. Lalu anda turun dari perahu lewat tangga, selanjutnya tinggal berenang dan menikmati indahnya pemandangan bawah laut Pulau Pahawang Besar.

snorkling di Pulau Pahawang Besar

Kedalaman airnya mungkin sekitar 2-3 meter. Bagi anda yang belum bisa renang bisa menyewa pelampung. Bisa juga sekalian menyewa alat snorkling.

Satu set alat snorkling berupa pelampung, alat snorkling, dan sepatu katak kemarin saya sewa Rp40.000,- per hari. Jika sewa pelampung saja, kemarin saya dapat Rp10.000,- per hari. Namun harga ini tergantung pada tawar menawar anda dengan penyewa nantinya. Bisa saja lebih besar. Kebetulan saya bisa dapat harga yang cukup murah.

Di Pulau Pahawang besar ini anda akan menikmati indahnya terumbu karang di Lampung. Jika anda membawa kue atau roti, anda bisa menebar kue atau roti tadi di sekitar anda, maka ikan akan mengerumuni anda.

Setelah itu tinggal lihat ke bawah laut dan betapa indahnya pemandangan ikan yang berenang di sekeliling anda memakan potongan kue atau roti yang anda sebar tadi. Usahakan memakai alat snorkling atau kaca mata renang agar mata tidak pedih.

Saat melihat keindahan laut Pulau Pahawang ini saya yakin anda tidak ingin cepat-cepat pulang. Rasanya ingin terus bermain di sana, sampai lelah saja tidak dirasa. Saat pulang ke rumah nanti baru terasa pegal-pegalnya.

Tidak hanya di Pahawang besar saja sebenarnya tempat untuk snorkling. Di Pulau Kelagian dan Pahawang Kecil pun ada juga tempat untuk snorklingnya. Silakan nikmati saja sendiri keindahan Pulau Kelagian dan Pulau Pahawang ini, setelah itu bisa anda sharing pengalaman anda di sini .

Pantai Pasir Putih Pahawang Kecil Aman Buat Anak


Jika anda membawa anak kecil di bawah 7 tahun yang belum bisa renang, tidak usah khawatir. Tidak harus di tengah laut terus yang airnya cukup dalam. Silakan pada kunjungan selanjutnya, setelah snorkling di Pahawang Besar, anda minta kepada pengemudi perahu untuk diantarkan ke Pulau Pahawang Kecil.

Jarak dari Pulau Pahawang Besar ke Pahawang Kecil cukup dekat, tidak sampai 10 menit perjalanan memakai perahu.

Saat sampai di Pahawang Kecil nanti, anda akan terpesona oleh keindahan pantainya yang luar biasa. Pasir putih terhampar lebar dengan airnya yang super jernih. Pantai di Pulau Pahawang masih bersih dan terjaga kebersihannya.

Di Pahawang Kecil ini terbentang lebar hutan bakau. Sebelum mencapai pantai, hutan bakau ini sudah bisa anda lihat dari perahu.

Pesona Pulau Pahawang Kecil belum berhenti sampai di situ. Pada saat anda sampai di sana, tengoklah ke sisi kanan, akan anda lihat pemandangan pasir yang luar biasa dengan hamparan air yang begitu jernih.

pantai pulau pahawang kecil

Pasir putih memanjang sampai ke tengah lautan, seperti akan menyeberang ke Pulau selanjutnya, memanjang membentuk "Tanjung Mini", membentuk "Gumbuk Pasir" atau "Pasir Timbul". Berikut ini gambar yang bisa saya ambil:

pasir timbul pahawang
Pasir Timbul Pahawang
pasir putih pulau pahawang
Keindahan Pasir Timbul yang Memanjang
Jika dilihat dari arah ini, seolah-olah pasir itu bersambung ke Pulau selanjutnya. Tapi pasir ini tidak sampai ke pulau itu. Pasir ini berujung di tengah-tengah sehingga anda tidak bisa menyeberang ke Pulau selanjutnya.

Anda bisa menyusuri pasir ini sampai ke ujung dari "Gumuk Pasir" ini. Sesampai di ujung pasir, anda akan melihat betapa eksotisnya Pulau Pahawang Kecil ini. Selanjutnya anda bisa mengambil gambar Pulau Pahawang Kecil yang mempesona.

mandi di pantai
Ajak si Kecil Mandi di Pinggiran Pantai
Selepas jalan-jalan melewati pasir yang indah, saatnya anda bersama si kecil mandi di pantai Pahawang Kecil. Ombaknya relatif tenang, aman buat si kecil.

Jika ingin melihat terumbu karang, tinggal berjalan ke tengah sedikit saja. Sekitar 10-15 meter dari pinggir pantai anda sudah bisa Snorkling di Pahawang Kecil, melihat terumbu karang di dalam laut, menikmati ikan-ikan yang berenang di sekeliling anda tanpa rasa takut sama sekali.

Airnya pun tidak dalam, sekitar 1-2 meter saja sudah bisa anda nikmati pemandangan indah bawah laut Pahawang Kecil.

Pulau Pahawang sangat recommended bagi anda yang suka dengan pantai yang bersih, pemandangan bawah laut yang indah, dan hobi foto-foto.

Penginapan/Cottage di Pulau Pahawang


Perjalanan di Pulau Pahawang memang kurang puas jika anda berlibur di sana cuma sehari. Akan lebih puas jika anda menghabiskan dua atau tiga hari mengeksplore keindahan Pulau yang eksotis di Lampung ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda menginap di Pulau Pahawang.

Jika anda ingin menginap, anda bisa menginap di Pulau Pahawang Besar. Total ada 15 homestay dan 10 cottage yang ada di Pahawang Besar ini.

Untuk dapat ke homestay dan cottage ini anda harus menyeberang ke Dermaga Pahawang Besar. Di daerah ini terdapat banyak penginapan dan juga rumah-rumah penduduk lokal.

Selain homestay dan cottage ada juga Villa Kudus di Pulau Pahawang Besar ini. Villa Kudus merupakan sebuah bangunan seperti rumah adat Jawa. Villa Kudus ini konon dimiliki oleh seorang warga Perancis, warga sekitar menyebutnya Mr. Jo.

Tidak jauh dari Villa ini tertambat sebuah kapal kecil yang diparkir di "garasi". Villa Kudus tidak disewakan dan anda dilarang masuk ke sana.

Villa Kudus letaknya jauh dari Cottage, Homestay, dan juga rumah-rumah penduduk.

Di Pahawang Kecil, anda tidak dapat menginap di sana karena di sana cuma ada satu villa milik pribadi dan anda dilarang masuk ke sana oleh si pemiliknya.

vila pribadi pahawang kecil
Cottage Pribadi Pahawang Kecil
Seandainya anda tidak ingin menginap di penginapan, anda bisa juga membawa tenda sendiri lalu camping di Pulau Kelagian. Camping ramai-ramai bersama teman di Pulau Kelagian tentunya membuat perjalanan anda makin berkesan.

Tarif Masuk Ke Pulau Pahawang


Untuk masuk ke Pulau Pahawang tidak dikenakan tarif masuk. Hanya saja, di tengah laut anda dikenakan biaya Rp20.000 per perahu untuk kebersihan laut. Selanjutnya, jika anda turun ke Pantai, dikenakan lagi biaya Rp20.000 per perahu tiap-tiap pantai untuk biaya kebersihan.

Jika anda ingin menyewa pondokan di Pantai, biaya sewanya Rp30.000 per pondokan.

Jika ditotal, komponen biaya yang harus dikeluarkan untuk ke Pulau Pahawang ini sebagai berikut:
  • Parkir Mobil: Rp15.000 dan Motor Rp10.000
  • Sewa perahu: Rp300.000-Rp500.000 per perahu (bisa diisi sampai dengan 15 orang)
  • Sewa alat Snorkling lengkap Rp40.000-Rp50.000 (sewa pelampung saja Rp10.000-Rp20.000)
  • Biaya kebersihan laut: Rp20.000 per perahu
  • Biaya masuk ke pantai Rp20.000 per perahu
  • Biaya sewa pondokan Rp30.000

Sudah bisa mengira-ngira kan berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk liburan ke Pulau Pahawang Lampung ini?

Biaya bisa lebih hemat jika anda traveling untuk 15 orang. Sharing costnya akan lebih murah, terutama di biaya sewa perahu.

Makanan dan Minuman


Untuk kenyamanan perjalanan anda, lebih baik untuk menyiapkan makanan dan minuman dari rumah/sebelum menyeberang ke Pulau Pahawang. Di Pulau Pahawang ini tidak ada yang menjual nasi untuk makan anda.

Kecuali di lokasi tempat tinggal penduduk Pulau Pahawang Besar, daerah dermaga Pahawang Besar, anda bisa memesan makanan kepada penduduk setempat.
 
Di pantai dekat Villa Kudus dan di Pulau Pahawang Kecil serta Pulau Kelagian, tidak ada warung makan. Bisa-bisa anda kelaparan jika tidak membawa nasi dari dermaga Ketapang. Namun, jika terpaksa, anda bisa makan Popmie. Di pantai dekat Villa Kudus dan Pahawang Kecil ini ada penjual Popmie dan juga air mineral. Selain itu ada juga penjual dugan bagi anda yang ingin menikmati segarnya air kelapa di Pantai Pahawang.

penjual makanan dan minuman pahawang
Anda bisa membeli Popmie dan air mineral di sini
Demikian ulasan singkat saya tentang Wisata Pulau Pahawang Lampung mudah-mudahan bisa dijadikan referensi liburan bagi anda. Selamat berkunjung ke Pulau Pahawang Lampung.

1 komentar: