Pemandian Way Bekhak, Tempat Wisata Menakjubkan di Tanggamus Lampung

Jelajahlampung.Com - Pemandian Way Bekhak, Tempat Wisata Menakjubkan di Tanggamus Lampung. Pernah dengar tempat wisata yang bernama Taman Pemandian Way Bekhak? Saya yakin belum banyak yang tahu tempat wisata yang satu ini. Padahal, kalau kita berkunjung ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus ini, kita akan merasa takjub dengan keberadaannya.

pemandian way bekhak
airnya jernih banget, ini air terjun mininya

Taman Pemandian Way Bekhak adalah salah satu tempat wisata yang sangat saya rekomendasikan kalau Anda sedang jalan-jalan travelling ke Lampung, terutama ke arah Tanggamus dan sekitarnya.

Mengapa?

Pertama, lokasinya sangat dekat dengan jalan raya Bandar Lampung - Pringsewu - Talang Padang - Tanggamus. Mudah sekali menjangkau tempat wisata di Tanggamus yang satu ini. Bisa juga dikunjungi sekalian lewat, saat mau ke Pulau Pisang Pesisir Barat Lampung, atau pas pulangnya dari Pesisir Barat Lampung.

Kedua, harga tiket masuknya sangat murah. Tidak usah merogoh kocek yang banyak, dan sangat hemat untuk Anda yang ingin refreshing menenangkan diri.

Ketiga, Tempatnya cukup bagus, menakjubkan kalau buat saya, benar-benar hasil mahakarya ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa yang akan membuat Anda takjub juga. Airnya super duper jernih banget. Hmmmm, jernihnya air membuat kita yang melihat jadi teduh.

Lokasi Pemandian Way Bekhak Tanggamus


Taman Pemandian Way Bekhak Tanggamus terletak di Pekon Sukaraja, Gunung Alip, Tanggamus, Lampung. Dari Bandar Lampung berjarak sekitar 70 km, melewati jalan Lintas Barat Sumatera melewati Pringsewu dan Talang Padang.

Untuk menuju Taman Pemandian Way Bekhak ini, Acuannya dari Talang Padang, masih harus jalan lagi sekitar 10 km ke arah Gisting dan Kota Agung.

Melewati MTS N Talang Padang/MTS N 2 Tanggamus, sekitar 2 km lagi, di sebelah kanan jalan, persis di pinggir jalan raya, akan ada gapura bertuliskan "Taman Pemandian Wai Bekhak".

Kalau agak bingung, setelah lewat MTS N 2 Tanggamus, bisa bertanya kepada warga sekitar.

Dari gapura, Anda cuma perlu masuk sekitar 300 meter saja dan jalannya pun sudah aspal, mudah dijangkau, dan aman untuk wisata Anda.

Harga Tiket Masuk Pemandian Way Behak


Harga tiket masuk ke Taman Pemandian Way Behak murah banget, per orangnya cuma 2 ribu rupiah saja.

Kalau menggunakan motor, per motornya dikenakan tiket masuk sebesar 8 ribu rupiah, sedangkan kalau menggunakan mobil, per mobilnya dikenakan tiket masuk sebesar 25 ribu rupiah.

Harga tiket masuknya memang dihitung per kendaraan, sama seperti pas masuk ke Pantai Sari Ringgung.

Taman Pemandian Way Bekhak ini dikelola oleh masyarakat sekitar, bukan oleh pemerintah.

Untuk tempat parkirnya cukup luas, bisa menampung banyak kendaraan. Parkir motor bisa masuk langsung ke dalam ke dekat Taman Pemandian.

Fasilitas Taman Pemandian Way Bekhak


Fasilitas yang disediakan memang belum selengkap tempat wisata lain yang dikelola secara profesional. Namun, tidak mengurangi keindahan dari tempat wisata yang satu ini.

Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di Taman Pemandian Way Bekhak;

#1. Air Terjun Way Bekhak


Yang pertama, di Taman Pemandian Way Bekhak ini, ada sebuah air terjun mini yang akan membuat Anda takjub. Air di air terjun ini sangat jernih, sejuk, bisa langsung diminum, karena memang bersumber langsung dari mata air Gunung Alip.

Saat berkunjung ke air terjun Way Bekhak ini, Anda akan melihat mata air yang keluar dari akar-akar pohon di atas air terjun.

Saat berjalan ke atas air terjun ini, Anda tidak akan menemukan aliran sungai. Tidak ada juga siring yang mengalirkan air ke air terjun.

Jadi di atas air terjun ini benar-benar tidak ada aliran air. Padahal air mengalir deras di air terjun ini. Lalu dari mana sumber airnya?

Sumber airnya ya berasal dari mata air alami tadi, sehingga rasanya pun masih sejuk benar dan jernih tiada tara.

Keberadaan air terjun mini di Way Bekhak ini benar-benar mewakili kekuasaan Sang Pencipta.

#2. Kolam Pemandian Way Bekhak


kolam pemandian way bekhak
kolam pemandian di Way Bekhak

Di bawah air terjun, lalu mengikuti aliran air, ada sebuah kolam pemandian yang biasa digunakan warga sekitar untuk mandi, mencuci, dan keperluan lainnya.

Setelah puas bermain-main di air terjun mini, kita bisa merasakan jernihnya air di kolam pemandian yang ada di sini.

Pengunjung yang datang ke sini pasti berenang dan mandi di kolam pemandian ini, untuk merasakan kesejukan airnya.

Waktu paling pas kalau mau berkunjung ke Taman Pemandian Way Bekhak adalah di siang hari, di atas jam 12 siang, dan kita akan merasakan betul kesejukan mandi di Kolam Pemandian Way Bekhak.

#3. Tempat Bilas


tempat bilas way bekhak
tempat bilas di samping warung way bekhak

Bagi Anda yang mau mandi di kolam renang atau pun air terjun Way Bekhak, tidak perlu khawatir, karena di sini juga disediakan tempat bilas kok. Cukup bayar seribu rupiah saja, kita bisa masuk ke tempat bilas untuk ganti pakaian setelah mandi ria.

Di dalam tempat bilas, ada air untuk mandi, yang sumbernya dari air terjun tadi.

Kalau sedang ramai, mungkin harus bersabar, karena fasilitas tempat bilasnya memang tidak banyak. Selalu budayakan antri ya, jangan berebut.

#4. Warung atau Kantin


Setelah dingin-dingin main air, biasanya perut lapar, dan paling enak ya makan yang anget-anget. Nah, di Pemandian Way Bekhak ini juga ada warung yang jualan lho, penjualnya ya warga sekitar saja.

Harga makanan dan minuman di warungnya pun cukup murah, sama dengan harga makanan di warung-warung samping rumah.

Penjualnya pun cukup ramah untuk diajak ngobrol, bercerita seputar keberadaan Taman Pemandian Way Bekhak ini.

Penduduk di sekitar Way Bekhak adalah penduduk asli Lampung Pesisir, dan dari logat bicaranya kita pasti sudah langsung paham kalau mereka adalah penduduk asli Lampung.

#5. Bonus Hijau-hijau dari Pemandangan Sawah dengan Aliran Air Irigasi yang Jernih


Keberadaan Way Bekhak, selain dimanfaatkan untuk aktivitas warga serta dijadikan tempat wisata, juga dijadikan sarana irigasi. Oleh karena itu, tidak jauh dari tempat ini, kita akan mendapati pemandangan hijaunya persawahan.

Kalau dekat Way Bekhaknya sendiri tidak bisa ditanami padi karena kondisinya selalu berair, tidak pernah kering.

Beberapa lokasi dijadikan tempat kolam ikan oleh warga setempat.

jernihnya air way bekhak
sungai mini menuju areal persawahan, airnya jernih banget

Aliran air menuju persawahan juga jernih banget lho, dan biasa dimanfaatkan warga untuk mencuci. Beneran, airnya jernih banget, karena berasal dari sumber mata air di atasnya persis, belum terkena kontaminasi apapun.

Keren banget deh pokoknya, seger banget ngelihat air sungai kecil yang jernih di Pemandian Way Bekhak.

Tempat Wisata Lain yang dekat Way Bekhak


Nah, kalau Anda mau jalan-jalan ke Way Bekhak, Anda juga bisa sekalian berkunjung ke tempat wisata lain yang ada di Gisting, Kota Agung, Pulau Panggung, dan sekitarnya.

Berikut ini tempat-tempat wisata lain di Tanggamus yang letaknya tidak terlalu jauh dari Way Bekhak:



Dan kalau mau jauh lagi, bisa juga berkunjung ke Bendungan Batutegi, lalu meluncur lagi ke Air Terjun Lembah Pelangi.

Demikian informasi Taman Pemandian Way Bekhak Tanggamus, salah satu tempat wisata yang recommended buat dikunjungi saat jalan-jalan ke Lampung.

0 komentar