Pantai Terbaya Tanggamus, Salah Satu Pantai Yang Indah Di Lampung

JelajahLampung.Com - Pantai Terbaya Tanggamus, Salah Satu Pantai Yang Indah Di Lampung. Jika anda suka dengan wisata bahari, di Lampung ada beberapa Kabupaten yang memiliki wisata pantai yang cantik-cantik dan banyak macamnya. Salah satunya adalah Kabupaten Tanggamus, dan salah satu pantai yang paling mudah dijangkau karena letaknya di pusat Kota Agung, dan tentunya cantik juga, adalah Pantai Terbaya.

Pantai Terbaya ini sangat mudah dijangkau, mengingat letaknya yang persis di pinggir jalan. Untuk mencapai Pantai Terbaya ini dari Kota Bandar Lampung, anda cukup naik bis saja jurusan Rajabasa - Kota Agung.

Pantai Terbaya Tanggamus
Pemandangan Pantai Terbaya Kota Agung
Persis sebelum Jalan Masuk Islamic Center Tanggamus, di sebelah kiri jalan akan anda dengar gemuruh ombak sebuah pantai, dan pantai tersebut adalah Pantai Terbaya, yang terletak di Kota Agung Pusat.

Untuk menandai lokasinya, di sebelah kiri jalan dari arah Bandar Lampung akan anda jumpai sebuah Gapura dari bambu yang bertuliskan "Selamat Datang di Wisata Pantai Terbaya".

gerbang masuk pantai terbaya
Gapura Bambu di depan Pantai Terbaya Kota Agung

Dari gerbang masuk ini, cuma jalan beberapa meter saja sudah masuk ke area parkir kendaraan. Jika anda datang ke Pantai Terbaya ini menggunakan bis, tidak usah khawatir juga karena anda tidak perlu jalan kaki terlalu jauh, cuma 20 meter saja sudah sampai.

Harga Tiket Masuk Pantai Terbaya


Tiket masuk Pantai Terbaya Kota Agung terbilang cukup murah. Untuk tiap orang, dikenakan tiket masuk sebesar Rp7.500,-, sedangkan parkir motor sebesar Rp5.000,- dan parkir mobil Rp10.000,-.

Begitu anda masuk ke area parkir, petugas yang jaga di situ akan mengarahkan parkir kendaraan anda, dan setelah itu anda akan diberikan selembar tiket masuk dan tertulis di situ berapa yang harus anda bayar.

Untuk pengelolaan pantai ini sepertinya masih dikelola oleh masyarakat setempat. Belum ada tanda-tanda campur tangan pemda Tanggamus dalam pengelolaan pantai cantik di pusat Kota Agung ini.

Pemandangan Pantai Terbaya Yang Cantik


Pantai Terbaya ini terletak di Teluk Semaka, yang memiliki ombak yang cukup besar juga. Maka tidak heran saat saya berkunjung ke sini ombaknya memang langsung terdengar dari jalan raya.

Tapi tidak usah khawatir, ombak di Teluk Semaka ini tentunya tidak sebesar ombak di Samudera Hindia atau Samudra Pasific. Di Pantai Terbaya ini tidak akan anda temukan ombak yang tingginya bermeter-meter seperti di Tanjung Setia, Krui, Pesisir Barat.

ketinggian ombak pantai terbaya
bermain ombak Pantai Terbaya

Ombak di Pantai Terbaya ini juga aman bagi pengunjung yang ingin bermain-main di pinggiran pantai. Ombaknya mungkin paling tinggi masih di bawah 1 meter, dan itu pun tidak terlalu besar, hanya lebih besar saja jika dibandingkan dengan ombak di pantai Teluk Lampung.

Pantai Terbaya ini terlihat masih begitu alami, dengan hamparan bebatuan kecil di pinggiran pantai. Pasir di sini tidak berwarna putih, melainkan berwarna coklat, sebagai hasil dari pecahan-pecahan batu-batu kecil dan kerikil di pinggiran pantai.

Sepanjang pantai akan anda jumpai pohon-pohon kelapa yang melambai-lambai menambah eskostisme Pantai Terbaya. Dan tidak heran pula banyak kita jumpai batok-batok kelapa yang ada di sepanjang pantai ini.

Untuk kelengkapan fasilitas, Pantai ini belum selengkap Pantai Sari Ringgung atau Pantai Mutun. Tidak ada kantin di Pantai Terbaya ini, tetapi biasanya ada penduduk setempat yang berjualan di pantai ini.

Fasilitas yang ada hanya berupa pondokan dan juga kamar mandi untuk bilas setelah pengunjung mandi di Pantai Terbaya ini.

Pondokan-pondokan kecil banyak berjejer di sepanjang pantai, yang tentunya disewakan bagi pengunjung yang ingin menyewanya.

Tersedia juga beberapa kamar mandi, yang merupakan bangunan semi permanen, tanpa atap. Yah, kamar mandi di Pantai Terbaya ini memang hanya berupa bambu yang didirikan, kemudian di sekelilingnya ditutup dengan spanduk bekas.

kamar mandi pantai terbaya
Fasilitas tempat bilas di pantai terbaya

Di atasnya, tidak ada atap yang menutup kamar mandi ini, sehingga kadang-kadang kalau lagi mandi khawatir juga kalau ada yang lihat dari atas. Tapi mudah-mudahan dari atas tidak terlihat.

Enaknya, air di kamar mandi ini masih benar-benar alami, dan airnya betul-betul dingin dan jernih. Segar sekali rasanya, habis mandi di pantai langsung bilas di pancuran yang ada di pemandian Pantai Terbaya ini.

Pantai Terbaya biasanya ramai dikunjungi pada saat liburan, apalagi liburan panjang. Pengunjung dari luar Tanggamus pun banyak yang berdatangan.

Sayangnya, banyak pengunjung yang tidak bertanggung jawab dengan membuang sampah sembarangan di pantai ini. Selain itu, pengelolaannya memang masih kurang profesional, tidak disediakan tempat sampah juga sepanjang yang saya lihat.

Mudah-mudahan, ke depannya Pantai Terbaya ini bisa dimaksimalkan potensinya oleh pemerintah daerah setempat sehingga Pantai Terbaya ini bisa menjadi tempat wisata andalan seperti Teluk Kiluan dan juga pantai-pantai lainnya di Lampung.

0 komentar