Ada Apa Saja Sih Di Museum Lampung?

JelajahLampung.Com - Apakah anda orang Lampung? Sudah pernahkah anda berkunjung ke Museum Lampung? Jika jawabannya belum, sayang sekali. Rasa-rasanya kurang lengkap disebut orang Lampung jika belum pernah datang ke Museum Negeri Lampung "Ruwa Jurai" dan mengetahui sejarah dan budaya Lampung di Museum ini.

museum lampung
Suasana Museum Lampung di sore hari, Museum sudah tutup
Museum Lampung adalah salah satu ikonik khas masyarakat Lampung seperti Siger dan Menara Siger. Setiap orang yang berkunjung ke Lampung dan melewati Jalan Utama Kota Bandar Lampung pasti sudah pernah melihat musem ini.

Sayangnya, kebanyakan hanya pernah melihat saja dan tidak mau mampir untuk belajar mengenal Lampung lebih dekat lagi.

Museum Lampung atau Museum Negeri Lampung "Ruwa Jurai" merupakan perintis museum di Lampung. Museum Lampung juga merupakan museum terbesar di Lampung saat ini. Museum Lampung ini sering dijadikan arena belajar bagi para siswa sehingga sering juga terlihat bus-bus besar berdatangan dari luar kota.

Lokasi Museum Lampung


Museum Lampung terletak di Jalan ZA Pagar Alam Bandar Lampung, terletak persis di depan SMP N 22 Bandar Lampung, sekitar 20 meter dari Lampu Merah Simpang Unila.

Lokasinya persis ada di pinggir jalan utama Raja Basa - Tanjung Karang sehingga setiap orang bisa melihatnya ada di kiri jalan saat akan menuju Tanjung Karang.

Dari Terminal Raja Basa, jaraknya sekitar 400 meter saja. Cukup dekat bukan? Bagi anda yang ingin berkunjung ke sini, rutenya sangat mudah karena setiap angkot dari Raja Basa menuju Tanjungkarang pasti melewati Museum Lampung.

Jarak Museum Lampung - Bandara Branti sekitar 20 km saja dan jika ditempuh dari Pelabuhan Bakauheni sekitar 90 km. Sedangkan dari Stasiun Tanjung Karang, jaraknya sekitar 6-7 km dan cukup naik angkot sekali saja dari Pasar Ramayana.

Jam Buka Museum Lampung


Museum Lampung buka setiap hari, kecuali hari Senin dan Hari Libur Nasional. Adapun jam operasionalnya yaitu pukul 08.00 s.d. 13.30 untuk hari Selasa-Kamis, pukul 08.00 s.d. 10.30 untuk hari Jumat, dan pukul 08.00-14.00 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Musem Lampung, terutama yang berasal dari luar kota, mohon untuk diperhatikan jam bukanya ya jangan sampai sudah jauh datang-datang ke Musem Lampung, saat tiba di sana sudah tutup.

Harga Tiket Masuk Museum Lampung


Harga tiket masuk Museum Negeri Lampung sangat murah, apa lagi jika anda datang bersama rombongan. Berikut ini harga tiket masuk Musem Lampung:
  1. Tiket untuk Perorangan
    • Anak-anak Rp500,- sekali masuk.
    • Dewasa Rp4.000,- sekali masuk.
  2. Tiket untuk Rombongan
    • Anak-anak Rp500,- sekali masuk.
    • Dewasa Rp1.000,- sekali masuk.

Tiket masuk akan diminta pada saat anda akan masuk ke Museum.

Koleksi-koleksi Museum Lampung


Pertama kali anda berkunjung ke Museum Lampung, anda akan melihat ada sebuah meriam di depan Musem. Meriam tersebut adalah Meriam Ula/Meriam Benteng yang merupakan meriam peninggalan jaman penjajahan dulu dan di temukan di wilayah Lampung.

Tidak jauh dari Meriam Benteng akan anda jumpai Bola Besi cukup besar, yang konon bola besi ini dulunya merupakan alat yang digunakan dengan cara ditarik memakai traktor untuk membuka lahan transmigrasi di wilayah Lampung Tengah dan Lampung Timur.

Selanjutnya, di sebelah kiri akan anda jumpai rumah adat Lampung "Lamban Persagi" yang berbentuk rumah panggung. Sayangnya, rumah ini kondisinya dalam keadaan dikunci dan pengunjung dilarang untuk naik dan masuk ke rumah panggung ini.

Saat masuk ke dalam Museum Lampung, anda akan mendapati museum ini terdiri atas dua lantai. Lantai 1 Museum Lampung berisi benda-benda sejarah sedangkan Lantai 2 merupakan benda-benda Kebudayaan Masyarakat Lampung.

Koleksi-koleksi dari Musem Lampung ini sangat banyak dan tidak dapat saya sebutkan satu per satu pada tulisan ini. Untuk tahu koleksi selengkapnya, silakan datang saja ke Musem Lampung dan buktikan bahwa anda adalah masyarakat Lampung yang cinta sejarah dan budaya Lampung. Selamat berkunjung.

0 komentar