9 Tempat Wisata di Lampung Tengah yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan

JelajahLampung.Com - Tempat Wisata di Lampung Tengah yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan. Hai sahabat jelajahlampung, mumpung ada liburan panjang nih, mimin mau menulis artikel mengenai tempat wisata di Lampung Tengah.

Lampung Tengah sesuai dengan namanya, berada di tengah-tengah Provinsi Lampung dengan kontur wilayah berupa tanah datar serta dataran tinggi di sebelah utara.

Lampung Tengah tidak mempunyai garis pantai sehingga anda tidak akan menemui wisata pantai di Lampung Tengah. Untuk mengetahui pantai-pantai cantik yang ada di Lampung, silakan baca: Pantai di Lampung yang Indah dan Cantik.

Lampung Tengah memang selama ini kurang dikenal dunia pariwisatanya. Meskipun demikian, Lampung Tengah juga sebenarnya mempunyai banyak objek wisata cantik yang layak untuk menjadi destinasi wisata anda.

Permasalahan utama dalam mengunjungi tempat wisata di Lampung Tengah adalah akses jalan atau infrastruktur dan faktor keamananan yang kurang mendukung. Mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dapat mendorong akses yang lebih mudah dan memberikan rasa aman pada wisatawan sehingga tempat wisata di Lampung Tengah makin maju.

Tempat Wisata di Lampung Tengah yang Lagi Ngehits di Lampung


Lampung sebenarnya punya banyak tempat wisata menarik, namun selama ini banyak yang masih tersembunyi.

Salah satu tempat wisata tersembunyi yang ada di Lampung adalah tempat wisata yang ada di Lampung Tengah ini.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Lampung Tengah berdasarkan informasi yang jelajahlampung dapat:

1. Air Terjun Curup Tujuh, tempat wisata di Lampung Tengah yang eksotis banget


tempat wisata di lampung tengah
Air Terjun Curug Tujuh, sumber foto akun instagram @diansyah_dudung

Air Terjun Curup Tujuh terletak di Kampung Margajaya, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Air Terjun Curup Tujuh Linggapura ini berada di Hutan Kawasan Register 39.

Dari Gunung Sugih, letak Air Terjun Curup Tujuh Linggapura ini berjarak sekitar 75 km.

Untuk menuju Air Terjun Curup Tujuh ini bisa lewat Gunung Sugih atau bisa juga lewat Pringsewu melalui Kalirejo.

Keindahan Air Terjun Curup Tujuh ini adalah aliran air terjunnya yang cukup besar dengan hiasan batu-batu yang bentuknya unik di sebelah kanan dan kiri air terjun. Kolam air terjunnya juga dalam, cocok dijadikan tempat berendam dan mandi setelah perjalanan yang cukup menguras tenaga. Hmmm, seger banget deh mandi di bawah air terjun ini.

2. Bukit Batu Tumpang, menikmati keajaiban batu raksasa yang menawan


Tempat wisata di Lampung Tengah yang baru dibuka masyarakat sejak 12 Februari 2017 ini terletak di Kampung Payung Rejo, Kecamatan Pubian, Lampung Tengah.

Pemandangan utama dari Tempat Wisata Bukit Batu Tumpang adalah keberadaan batu-batu raksasa seperti Batu Granit di Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Dinamakan Bukit Batu Tumpang karena keberadaan batu raksasa yang menumpang keberadaannya di atas Bukit.

3. Puncak Bukit Batubara Linggapura, tempat wisata yang ngehits banget di Lampung dan Instagram


A post shared by T o M (@falensiakjp) on

Disebut Puncak Bukit Batu Bara Linggapura karena tempat wisata ini terletak di Desa Linggapura, Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah, Lampung.

Butuh waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung untuk menuju tempat wisata yang satu ini. Enaknya kalau ke sini sekalian jalan-jalan ke Air Terjun Curup Tujuh sehingga bisa menghemat waktu.

Tidak hanya menikmati keindahan puncak bukitnya, di Linggapura ini kita juga dapat menikmati aliran air sungai yang bikin adem, dengan batu-batuan yang besar, khas bebatuan kali di pegunungan atau dataran tinggi.

4. Air Terjun Curup Lestari, asyik banget mandi di tempat wisata yang satu ini


curug lestari lampung tengah
Air terjun curup Lestari, sumber foto akun instagram @nurhabzain_65

Tempat Wisata Curup Lestari terletak di di Kampung Kota Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Untuk mencapai tempat wisata di Lampung Tengah ini, kita akan menyeberangai kali-kali dengan bebatuan yang khas pegunungan.

Jika ingin berkunjung ke Curup Lestari Lampung Tengah, kita harus menggunakan kendaraan roda dua, dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi air terjun atau sekitar 20 menit jalan kaki melewati medan yang beragam.

Air Terjun Curup Lestari ini cukup tinggi, hampir sama dengan ketinggian Air Terjun Way Jelay di Tanggamus. Kolam di bawah air terjunnya juga memiliki kedalaman yang cukup sehingga asyik banget buat mandi pengunjung.

5. Danau Bekri, tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Lampung Tengah



Danau Bekri ini merupakan sebuah danau alami, bukan danau buatan, yang terbentuk dari dua danau kecil. Danau Bekri berada di kawasan perkebunan kelapa sawit milik PTPN VII.

Nongkrong di Danau Bekri ini cukup asyik, bisa sambil naik perahu di danaunya, atau sekedar ngobrol di pinggiran danau, foto-foto cantik di jembatan yang menghubungkan pinggiran danau dengan sebuah "pulau" di tengah danau, dan aktivitas lainnya.

Sayangnya, tempat wisata di Lampung Tengah ini memang belum dikelola secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.

6. Danau Tirta Gangga, tempat wisata di Lampung Tengah di tengah perkampungan Hindu Bali


A post shared by FOSEBA (@foseba_06) on

Tempat wisata di Lampung Tengah ini berada di tengah-tengah permukiman warga keturunan Bali, tepatnya berada di Kampung Swastika Buana 13 (SB 13), Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

Fungsi utama danau ini adalah sebagai saluran irigasi di daerah ini. Danau Tirta Gangga merupakan danau buatan dengan luas danau sekitar 200 hektar.

Karena berada di lingkungan keturunan Bali yang notabene mayoritas beragama Hindu, tidak heran jika pada saat-saat tertentu diadakan ritual-ritual agama Hindu di Danau Tirta Gangga ini. Dari namanya saja, sebenarnya sudah kelihatan kalau danau ini berada di kawasan penganut agama Hindu.

7. Danau Telogo Rejo, danau di wilayah perbukitan Lampung Tengah


Danau Telogo Rejo terletak di Desa Sendang Baru, Kecamatan Sendang Agung, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Danau ini terletak di kawasan hutan lindung dan kondisinya masih benar-benar alami.

Danau Telogo Rejo ini masuk ke dalam tempat wisata unggulan di Lampung Tengah berdasarkan Profil dari Kabupaten Lampung Tengah. Sayangnya, tempat wisata di Lampung Tengah ini belum mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah.

Di dekat danau juga ada menara yang biasa dijadikan pengunjung untuk foto-foto selfie di atasnya. Ada juga grasstrack bagi para pencinta olah raga motor. Mancing juga bisa lakukan oleh pengunjung. Cukup asyik bukan?

8. Air Terjun Curup Bilik


Air Terjun Curup Bilik berada di Kampung Gedung Harta, Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah, Lampung. Air terjun di Lampung Tengah ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter dan bercabang dua.

JelajahLampung jujur saja kurang tahu mengenai air terjun ini, apakah air terjun ini sama dengan Air Terjun Pagar Banyu atau tidak. Silakan ditambahkan ya bagi anda yang tahu.

Satu lagi katanya ada Air Terjun Way Pelus. Mohon tambahan informasinya ya ^_^

9. Tugu Kopiah Emas, Tugu Pepadun, dan Tugu Pengantin


A post shared by @mr.tho2 on

Lampung Tengah punya beberapa tugu khas yang selama ini menjadi landmark dari Kabupaten ini. Tugu Kopiah Emas, Tugu Pepadun, dan Tugu Pengantin. Tempat ini sering dijadikan tempat nongkrong anak muda di Lampung Tengah.

Baca juga artikel lainnya:

  1. Tempat Wisata Menarik di Lampung Selatan
  2. Tempat Wisata Menarik di Tanggamus Lampung
  3. Tempat Wisata di Kota Metro Lampung
  4. Tempat Wisata di Lampung Lengkap
  5. Tempat Wisata di Bandar Lampung
  6. Tempat Wisata di Pringsewu Lampung


Demikian informasi singkat mengenai "Tempat Wisata di Lampung Tengah". Mohon ditambahkan jika ada informasi yang anda ketahui mengenai tempat-tempat wisata baru di Lampung Tengah. Selamat jalan2 di Lampung, mudah-mudahan aman dan bahagia ^_^.

0 komentar