Mengintip Puncak Mas Sukadanaham, Tempat Wisata Baru di Bandar Lampung

jelajahlampung.com - Mengintip Puncak Mas Sukadanaham, Tempat Wisata Baru di Bandar Lampung. Sukadanaham merupakan sebuah kelurahan yang berada di daerah perbukitan. Secara administratif, Sukadanaham berada di Kecamatan Tanjung Karang Barat.

Kontur wilayah Sukadanaham yang berbukit-bukit dimanfaatkan betul oleh para pelaku usaha untuk membuat tempat wisata menarik yang ada di Lampung.

Kita tentu sudah mengenal Lembah Hijau Lampung, yang berdiri di atas lahan seluas 30 hektar. Lembah Hijau adalah salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Lampung. Tempat wisata ini juga terletak di Kelurahan Sukadanaham.

Selanjutnya, dari Lembah Hijau, jalan ke arah Tugu Duren, lurus lagi, persis di seberang Summit Bistro, ada tempat wisata lain lagi di Kelurahan Sukadanaham, yaitu Alam Wawai Eco Park. Tempat wisata ini juga terletak di daerah perbukitan.

puncak mas sukadanaham

Nah, belum lama ini, telah dibuka juga tempat wisata baru di Kelurahan Sukadanaham, Bandar Lampung, yaitu Puncak Mas Sukadanaham. Penasaran kan seperti apa tempat wisata baru di Lampung yang satu ini? Yuk intip bareng-bareng keberadaannya.

Lokasi Puncak Mas Sukadanaham


Puncak Mas Sukadanaham terletak di Kelurahan Sukadanaham. Rute menuju ke Puncak Mas Sukadanaham dapat ditempuh dari Pasar Tamin, Kemiling, atau Citraland/Teluk Betung.

Rute Puncak Mas Sukadanaham dari Citraland


Jika dari arah Citraland, untuk menuju Puncak Mas Sukadanaham, kita harus mengarahkan kendaraan kita menanjak ke arah Lembah Hijau/Kemiling. Persis di Tugu Duren, kita ambil arah ke kiri, masuk ke Kelurahan Sukadanaham. Tinggal jalan lurus terus saja, nanti akan ketemu lokasi Puncak Mas Sukadanaham.

Tidak perlu khawatir, ada papan penunjuk jalannya. Di Tugu Duren juga ada Papan Nama cukup besar penunjuk arah Puncak Mas Sukadanaham.

Rute Puncak Mas dari Kemiling dan Pasar Tamin


Rutenya, ambil arah menuju Tugu Duren. Kalau sudah sampai tugu duren, dari arah Kemiling, ambil arah kanan di Tugu Duren.

Kalau dari arah Pasar Tamin, di Tugu Duren, ambil jalan lurus terus masuk Kelurahan Sukadanaham.

Rute baru ke Puncak Mas Lampung


Dari Kemiling, persis setelah turunan tajam, melewati jembatan kecil dengan jalan beton yang kedua, sebelum nanjak ke Lembah Hijau, ada papan arah menuju Puncak Mas Lamung di kanan jalan.

Ikuti saja jalan aspal ini, melewati perumahan baru, nanti bakalan sampai ke Puncak Mas Bandar Lampung.

Transportasi ke Puncak Mas Bandar Lampung


Belum ada angkutan umum menuju Puncak Mas.

Untuk menuju Puncak Mas Sukadanaham, bisa menggunakan taksi Online (Grab, GoCar, Uber) atau naik Ojek Online di Lampung (Gojek, Grab).

Bisa juga naik ojek pangkalan dengan tarif yang biasanya lebih mahal tentunya.

Adanya ojek online dan taksi online di Lampung membuat kita makin mudah saat mau jalan-jalan mengunjungi tempat wisata di Bandar Lampung.

Fasilitas Puncak Mas Sukadanaham


tempat wisata puncak mas sukadanaham
Awal-awal Puncak Mas (sumber: Instagram Puncakmasofficial)

Fasilitas yang ada di Puncak Mas Lampung sudah makin banyak saja.

Berikut ini fasilitas dan wahana yang ada di Puncak Mas Lampung:

1. Rumah-rumah pohon yang banyak banget di Puncak Mas Sukadanaham.


puncak mas bandar lampung

Banyak tipe rumah pohon buat foto-foto selfie, hunting foto di Bandar Lampung, atau foto prewedding yang ada di Puncak Mas.

Rumah pohonnya ada juga yang unik, berbentuk rumah terbalik, dan ini adalah rumah pohon favorit saya, meskipun kalau naik agak ngeri-ngeri juga hehehe.

Silakan cobain semua rumah pohon yang ada di Puncak Mas Lampung dan perhatikan batas maksimal orang yang boleh naik ya.

2. Tempat nongkrong seru di Lampung


puncak mas lampung

Di tengah-tengah Puncak Mas, ada area tempat buat nongkrong seru. Ada ayunan, ada berbagai macam kursi, lalu ditemani juga dengan live music, bakalan seru banget menghabiskan sore hingga malam hari di Puncak Mas.

Waktu favorit saya, mengunjungi Puncak Mas di sore hingga malam hari.

3. Mushola di atas pohon


Sholat di masjid atau mushola mah sudah biasa, tapi ini sholat di atas pohon hehehe. Yap, di Puncak Mas Anda bisa merasakan senasi sholat di atas pohon, rumah pohon yang dibentuk mushola.

Ngeri-ngeri sedap deh sholat di sini :D. Cobain yaaaaa.

4. Area permainan anak


Nah, Puncak Mas Lampung memang cocok banget buat dijadikan tempat bermain anak, karena di sini disedikana areal khusus buat anak-anak bermain dilengkapi dengan permainannnya.

Anak-anak bakalan betah bermain seharian di Puncak Mas Lampung.

5. Sepeda gantung


Berani pacu adrenalin dengan naik sepeda gantung? Silakan beli tiket naiknya dulu ya, lalu upload foto Anda sedang naik sepeda di Puncak Mas di akun instagram Anda, jangan lupa pasang pose paling menarik, OK?

6. Balon udara


Gak harus ke Lodge Maribaya Bandung buat mencicipi naik balon udara, di Puncak Mas juga anda bisa merasakannya. Penasaran?

7. Cottage Puncak Mas Lampung


Harga cottage Puncak Mas Lampung silakan tanya langsung ke nomor telepon Puncak Mas. Saat saya tanya dulu tarifnya sekitar 500 ribu rupiah per malam.

8. Toilet


Urusan buang hajat gak perlu khawatir, Puncak Mas menyediakan toilet bagi pengunjungnya.

9. Parkir luas


Area parkir Puncak Mas Lampung cukup luas bisa menampung banyak kendaraan baik bus, mobil, maupun motor.

10. Foodcourt


kuliner puncak mas lampung

Setelah capek main di Puncak Mas, isi perut Anda di foodcourt yang ada di Puncak Mas dengan menu yang beragam, tinggal pilih.

11. Fasilitas lain


Masih banyak fasilitas Puncak Mas lainnya yang gak bisa saya sebutkan satu per satu.

Harga Tiket Masuk Puncak Mas Sukadanaham


Di awal pembukaannya, harga tiket masuk Puncak Mas Sukadanaham Bandar Lampung adalah Rp10.000 per orangnya.

Biaya masuk Puncak Mas Lampung kini sudah naik menjadi Rp20.000 per orang. Anak kecil biasanya tidak dikenakan harga tiket masuk.

Biaya masuk Puncak Mas di hari libur panjang akhir tahun dan tahun baru bisa saja berubah.

Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata baru di Bandar Lampung ini, silakan langsung saja berkunjung ke Puncak Mas Sukadanaham Lampung. Apalagi kalau mau merayakan malam pergantian tahun baru di Lampung, bisa coba berkunjung ke Puncak Mas. Mudah-mudahan tidak mengecewakan.

0 komentar