Pantai Embe Kalianda Yang Menggoda

JelajahLampung.Com - Pantai Embe Kalianda. Siapa sih yang gak suka bermain di Pantai Pasir Putih yang lembut nan indah? Apalagi ditemani cahaya matahari sore yang keemasan. Dan semua keindahan itu dapat traveler jumpai di Pantai Embe Kalianda, singkatan dari Pantai Merak Belantung.

pantai embe kalianda
Pantai Embe di sore hari dengan pasir putihnya yang halus

Pantai Embe atau Pantai Merak Belantung ini merupakan sebuah pantai yang masih satu pengelola dengan pantai-pantai lainnya di kawasan Merak Belantung, dan pengelolanya adalah perusahaan milik Bakrie.

Lokasi dan Rute Pantai Embe Kalianda


Pantai Embe terletak di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Lintas Sumatera dan Grand Elty Krakatoa Resort sehingga Pantai Embe ini sangat mudah ditemukan dan sangat mudah dijangkau oleh para traveler.

Rute dari Bandar Lampung, traveler tinggal jalan mengikuti jalinsum menuju Kalianda Lampung Selatan. Sebelum sampai di Kota Kalianda, di simpang Merak Belantung akan traveler jumpai spanduk besar yang menunjukkan arah menuju Grand Elty Krakatoa.

Dari sini traveler tinggal belok ke kanan, lalu jalan lurus mengikuti jalan aspal yang mulus dengan dihiasi pemandangan rerumputan yang hijau di kanan dan kiri jalan.

Sebelum mencapai Pantai Embe, traveler akan melewati pantai-pantai lainnya seperti Pantai Bagus. Di kawasan ini traveler dapat memilih berbagai macam pantai yang berjejeran di sebelah kiri jalan.

Jarak dari simpang Merak Belantung menuju Pantai Embe sekitar 1-2 km saja sehingga tidak butuh waktu lama untuk sampai ke Pantai Merak Belantung ini. Selanjutnya traveler akan menjumpai spanduk bertuliskan Embe Beach.

pantai merak belantung
Selamat datang di Embe Beach

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, traveler dapat menggunakan bus jurusan Rajabasa - Bakauheni, lalu turun di simpang Merak Belantung. Dari simpang ini, traveler tinggal naik ojek saja menuju Pantai Embe. Ongkos ojek tergantung negosiasi dengan si tukang ojek.

Tidak perlu khawatir juga karena tukang ojek cukup banyak yang mangkal di simpang Merak Belantung. Begitu turun dari bus saya yakin banyak tukang ojek yang menawarkan diri.

Jika dari arah Bakauheni, bisa juga naik bus jurusan Bakauheni - Rajabasa, sekitar 30-40 menit perjalanan. Setelah melewati Kota Kalianda, tinggal bilang saja mau turun di Simpang Merak Belantung. Lalu, jalan ke arah kiri, tinggal naik ojek saja.

Fasilitas Pantai Merak Belantung


Pantai Embe ini sudah dikelola secara profesional oleh Bakrie Group, sehingga setidaknya ada fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, berbeda dengan pantai-pantai gratis yang nyaris tidak ada fasilitas.

fasilitas embe beach
Fasilitas yang ada di Pantai Embe

1. Arena Bermain Tradisional


permainan tradisional pantai embe
Petunjuk permainan tradisional di pantai Embe
Di dekat kedai, ada sebuah arena permainan tradisional anak, yang biasa dimainkan anak dengan cara loncat-loncat mengikuti garis yang dibentuk. Nama permainan ini pun bermacam-macam antara daerah yang satu dengan daerah yang lain.

2. Pujasera


Pengunjung yang ingin membeli jajanan dan minuman ringan dapat membeli di pujasera yang ada di Pantai Embe ini. Tentunya capek juga bermain-main di pantai dan haus juga menemani anak berlari-lari di sepanjang garis pantai.

3. Kedai Embe


kedai embe beach
Tempat duduk Kedai Pantai Embe
Untuk yang ingin mengisi perut dengan makanan berat sambil duduk-duduk santai menikmati pemandangan pantai dapat mencoba memesan makanan di Kedai Embe yang memiliki tempat duduk cukup eksotis. Keren juga pemandangan pantai dilihat dari Kedai Embe ini.

4. Toilet dan Kamar Bilas


Pengunjung yang ingin mandi dan membilas badannya setelah berenang di pantai dapat menggunakan kamar bilas yang telah disediakan. Kamar bilas dan toilet dipisahkan antara laki-laki dan perempuan.

5. Mushola


Di dekat kamar bilas, ada sebuah mushola yang cukup bersih yang dapat menampung jamaah cukup banyak. Pengunjung yang beragama islam dapat beribadah dengan nyaman di Pantai Embe ini.

6. Area Parkir


parkir kendaraan embe beach
Kerindangan pepohonan dan tempat parkir kendaraan serta pondokan di Pantai Embe

Area parkir tersedia cukup luas, dari ujung sampai ujung sepanjang pantai Embe. Mobil maupun motor dapat parkir dengan leluasa karena lahan pantai Embe ini memang cukup luas. Selain itu, kerindangan pepohonan juga mendajikan tempat ini sejuk dan nyaman untuk dikunjungi.

7. Pondokan


Untuk kenyamanan pengunjung, disediakan juga pondokan-pondokan untuk duduk-duduk atau meletakkan barang-barang bawaan. Pengunjung bisa juga membawa tikar sendiri dari rumah agar suasana kumpul keluarga berasa lebih nikmat.

8. Lapangan


Di samping Kedai, ada sebuah lapangan yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bermain voli pantai atau bisa juga bermain bola pantai. Karena pasirnya yang halus, olah raga di pantai ini pun terasa lebih aman dan nyaman.

9. Bumi Perkemahan


Pengunjung yang ingin menginap di Pantai Embe juga bisa mendirikan tenda di pantai ini. Sepertinya seru kalau malam tahu baru mendirikan tenda di Pantai Embe sambil menyalakan kembang api di malam harinya. Menarik bukan.

Harga Tiket Masuk Pantai Embe Kalianda


Harga tiket masuk ke Pantai Embe sebesar Rp20.000,- per orangnya, sudah termasuk toilet dan kamar bilas. Jadi pengunjung bebas untuk menggunakan toilet dan kamar bilas ini.

Harga tiket masuk akan diminta oleh petugas yang jaga saat pengunjung masuk ke gerbang Pantai Embe ini. Dengan tiket masuk sebesar Rp20.000,-, sebenarnya cukup mahal juga sih, tapi yah tidak terlalu kecewa lah dengan kepuasan bermain-main di pantai ini.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Embe, menurut saya lebih bagus kalau dikunjungi di sore hari sambil menikmati cahaya matahari keemasan yang akan segera menghilang.

Selamat berkunjung ke Pantai Embe di Kalianda Lampung Selatan yah. Visit Lamsel.

0 komentar