Bus Trans Lampung Mulai Beroperasi

Bus Trans Lampung kini kembali dibuka oleh Provinsi Lampung yang operasinya dimulai tanggal 10 Agustus 2016. Bus angkutan umum yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan ini akan melayani beberapa rute strategis yang akan memudahkan masyarakat Lampung dalam bepergian.

Bus Trans Lampung
Armada Bus Trans Lampung

Keberadaan Bus Trans Lampung juga untuk mengakomodasi perkembangan Bandara Raden Intan II yang kini sedang dikembangkan menjadi Bandara bertaraf Internasional. Rasanya kurang keren kan kalau Bandara bertaraf Internasional tapi pelayanan transportasi dari dan menuju bandara minim.

Keberadaan Bus Trans Lampung juga diharapkan dapat meningkatkan koneksi antara satu daerah dengan daerah lain agar lebih mudah dijangkau oleh masyarakat menggunakan angkutan umum yang aman, nyaman, bersih, dan hemat tentunya.

Sebelumnya, telah dibuka juga jalur penyeberangan dari Panjang menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta yang semakin memudahkan mobilitas masyarakat Lampung.

Bus Trans Lampung sendiri berada di bawah pengelolaan BUMD Lampung, yaitu PT Lampung Jasa Utama. BUMD ini berada di bawah koordinasi Dinas Perhubungan Provinsi Lampung.

Masyarakat Lampung tentunya berharap agar pelayanan publik termasuk dalam hal transportasi di Provinsi Lampung ini semakin baik dan mudah-mudahan keberadaan Bus Trans Lampung ini tidak seperti keberadaan BRT sebelumnya yang kini tidak ada gaungnya.

Beberapa pembangunan lain yang direncanakan oleh Provinsi Lampung ke depannya adalah optimalisasi Bandara Pekon Serai di Pesisir Barat menjadi Bandara Reguler, dan mengusakan Bandara Gatot Subroto di Way Kanan menjadi Bandara Komersil.

Selain itu, ada juga rencana pembukaan rute kereta api baru dari Bandar Lampung menuju Bandara Raden Intan II. Rute baru ini masih terus dibahas Pemprov dengan Pemerintah Pusat.

Rute Bus Trans Lampung


Bus Trans Lampung di awal operasinya membuka 3 rute utama sebagai berikut:

Unila-Itera


Rute pertama Bus Tranas Lampung yaitu dari Kampus Unila menuju Kampus Itera yang melewati beberapa kampus lain dengan rute perjalanan sebagai berikut:
Unila - Jalan Soekarno Hatta - Universitas Terbuka - Bundaran Tugu Raden Intan - Poltekkes - Politeknik - Wisma Haji - Jalan Soekarno Hatta - Terusan Jalan Sultan Agung (M Ryacudu) - ITERA - Kota Baru (PP).

Harga tiket dari Unila-Itera cukup membayar Rp4.000,- saja, sedangkan untuk pelajar dan mahasiswa mendapatkan diskon 50% sehingga cukup membayar Rp2.000,-. Bagi mahasiswa, harus menunjukkan KTM untuk mendapatkan harga khusus mahasiswa.

Bandara Raden Intan II - Kota Bandar Lampung


Rute yang kedua yaitu rute dari Bandara Raden Intan II menuju Panjang (Halte Graha Wangsa) PP dengan rute sebagai berikut:
Halte Graha Wangsa - Jalan Laks Malahayati (Teluk) - Jalan Gatot Subroto - Jalan Jenderal Sudirman - Jalan.Ahmad Yani - Jalan  Kartini/Jalan Raden Intan (Mall Kartini, Simpur, Pasar Tengah, Pasar BK, Ramayana Tj Karang) - Stasiun Tanjung Karang - Jalan Teuku Umar - Jalan ZA Pagar Alam (Mall Boemi Kedaton) - Jalan Raya Natar - Bandara Raden Intan II (PP)

Untuk rute kedua ini tiap penumpang dikenakan tarif Rp20.000 /org untuk satu kali tujuan.

Bandara Raden Inten II- Pringsewu:


Rute Bus Trans Lampung yang ketiga yaitu:
Pringsewu Halte Pendopo - Gedong Tataan (Pesawaran) - Jalan Raden Gunawan - (BLPP)-Bundaran Tugu R.Intan - Jalan Raya Natar- Bandara Raden Intan II (PP).

Untuk rute ini dikenakan tarif Rp.30.000 /org untuk satu kali tujuan.

Jadwal Keberangkatan


Jadwal keberangkatan Bus Trans Lampung untuk Rute dari Bandara Raden Intan II menuju Bandar Lampung (Panjang) sebagai berikut:

jadwal bus trans lampung
Jadwal Keberangkatan Bus Trans Lampung
Dari Bandar Lampung, Bus Trans Lampung berangkat paling pagi pada pukul 04.30 WIB dan paling sore pada pukul 15.45 WIB.

Sedangkan dari Branti, Bus Trans Lampung beroperasi paling pagi pukul 06.30 WIB dan paling malam pukul 18.30 WIB menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan dan pendaratan pesawat.

Untuk Bus Trans Lampung jurusan Unila-Itera mulai beroperasi pada pukul 06.00 s.d. 18.00. Jadi mahasiswa yang ingin kuliah di Lampung ini mempunyai waktu 12 jam untuk menggunakan Bus Trans Lampung.

Sementara jadwal untuk rute Branti-Pringsewu dan Unila-Itera saya belum memperoleh Informasinya. Jika ada yang ditanyakan serta untuk Informasi dan Pemesanan Tiket silakan hubungi Nomor Kontak: 0822 3758 8567 atau 0812 7353 0262.

Mudah-mudahan Bus Trans Lampung ini bisa memudahkan mobilitas masyarakat Lampung dan membuat Lampung makin maju dan menjadi kota besar dengan kesejahteraan masyarakat yang makin meningkat.

0 komentar