Tugu Gajah Angkat Besi (Barbel) di Pringsewu Lampung

JelajahLampung.com - Sudah pernah jalan-jalan ke Pringsewu? Atau pernah melewati Pringsewu melewati jalur lintas barat Sumatera? Jika pernah, anda tentunya sudah pernah melihat Tugu Angkat Besi/Angkat Barbel yang ada di kawasan Rest Area Pringsewu ini.

tugu gajah angkat barbel
Anak-anak muda nongkrong di Tugu Gajah Angkat Barbel

Tugu Gajah Angkat Barbel ini kini telah menjadi ikon khas dari Kabupaten Pringsewu selain Tugu Bambu Gapura Selamat Datang Pringsewu.

Tugu Gajah Angkat Barbel ini terletak sekitar beberapa ratus meter dari Rest Area Pringsewu, dan terletak tepat di simpang jalan masuk menuju pusat pemerintahan Kabupaten Pringsewu.

Kawasan ini selalu ramai setiap harinya, apa lagi di malam minggu, mengingat di kawasan ini banyak anak-anak muda yang nongkrong sambil menikmati jagung bakar dengan berbagai varian rasa.

Selain itu, di seberang Tugu Gajah juga ada Cafe Bambu Pringsewu yang siap memanjakan pengunjung yang ingin menikmati eksotisme Kabupaten Pringsewu di malam hari.

Makna Tugu Gajah Angkat Barbel

Segala sesuatu dibuat tentunya ada maknanya tersendiri, atau harapan yang ingin dicapai, termasuk Tugu Gajah di Pringsewu ini.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, Lampung merupakan Provinsi sebagai pusat konservasi Gajah Sumatera, oleh karena itu tidak heran jika sering kita jumpai tugu gajah di mana-mana, termasuk tugu Gajah di Pringsewu ini.

Tugu Gajah Angkat Besi sendiri ingin menunjukkan bahwa "ini lho Lampung, sebagai pusat Gajah Sumatera di Indonesia".

Sedangkan kenapa belalai gajah tersebut mengangkat sebuah barbel, adalah simbol bahwa Lampung ini merupakan lumbung penyumbang atlit-atlit lifter/angkat besi berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Kita doakan yah mudah-mudahan predikat penyumbang atlit angkat besi ini mudah-mudahan tetap terus terjaga dan melahirkan atlit-atlit berprestasi sampai tingkat dunia.

Kebersihan Tugu Gajah Angkat Besi Kurang Terawat

Di bawah Tugu Gajah ini, ada sebuah kolam air mancur yang di dalamnya sebenarnya dipelihara beberapa ikan. Sayangnya, air mancur ini sepertinya sudah tidak dioperasikan lagi, entah karena rusak atau karena tidak ada biasa operasionalnya.

Setiap saya melewati tugu ini, tidak pernah terlihat ada air mancur, padahal pada saat saya lihat, ada mesin pompa di sana.

Selain itu, kebersihan kolam juga kurang terjaga. Banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan ke dalam kolam ini, dan petugas kebersihan juga sepertinya tidak membersihkannya

kolam ikan tugu bambu angkat barbel
Sampah berserakan di kolam ikan ini

Setelah membaca ini, mudah-mudahan para pengunjung makin sadar akan kebersihan, dan mau bersama-sama menjaga aset bersama ini. Buanglah sampah pada tempatnya, jangan biasakan kebiasaan buruk anda selama ini selalu dibiasakan.

Apa susahnya sih buang sampah pada tempatnya?

Yuk kita jaga keelokan Tugu Gajah Angkat Besi di Pringsewu ini dan juga tempat-tempat wisata lainnya, mudah-mudahan wisata Lampung makin maju.

0 komentar