foto lembah hijau tempat wisata keluarga di bandar lampung

Lembah Hijau Tempat Wisata Keluarga di Bandar Lampung

JelajahLampung.Com – Lembah Hijau Tempat Wisata Keluarga di Bandar Lampung. Lampung terletak di tengah-tengah antara Jakarta dan Palembang. Wajar jika banyak orang dari sana liburan ke Lampung karena kekayaan tempat wisatanya.

Nah, kalau kamu lagi liburan di Lampung, salah satu rekomendasinya adalah Lembah Hijau, terutama untuk kamu yang liburan bareng anak.

Dengan mengunjungi lembah hijau Lampung, kamu bisa mengajak si kecil ke kebun binatang atau berenang di waterboomnya.

Sejarah Lembah Hijau Lampung

Sebagai pionir wisata alam di Bandar Lampung, tempat wisata ini telah menjadi primadona wisata bagi masyarakat.

Kamu bisa bermain di kolam renang, taman satwa atau kebun binatang, menginap di cottage, dan berbagai fasilitas serta wahana dengan harga tiket masuk yang terjangkau banget.

koleksi fauna lembah hijau lampung
burung yang ada di lembah hijau

Lembah Hijau Lampung pertama kali dibuka pada tahun 2007 lalu dengan menempati lahan seluas 30 hektar.

Sangat luas bukan?

Tidak heran jika Lembah Hijau ini merupakan wisata alam buatan terluas di Lampung.

Dan hingga kini masih tetap eksis serta terus berinovasi demi menyediakan tempat hiburan bagi masyarakat Lampung.

Kunjungi juga: puncak mas lampung.

Lokasi Lembah Hijau Lampung

lokasi lembah hijau bandar lampung
taman burung di lembah hijau

Lembah Hijau terletak di Jalan Imba Kesuma, Kelurahan Sukadanaham, Tanjung Karang Barat.

Lokasinya tidak jauh dari Tugu Durian di Jalan Imba Kesuma. Tidak jauh juga dari Puncak Mas, atau persis di seberang Bukit Mas Resto & Cottage.

Untuk ke sini, kamu bisa dari arah kemiling, teluk, atau tanjung karang.

Kunjungi juga: kolam renang citra garden.

Rute Jalan Menuju Lembah Hijau

Rute menuju Lembah Hijau, jika dari arah Kemiling, ada di sebelah kiri jalan sebelum Tugu Durian. Jika dari arah Teluk, ada di sebelah kanan jalan.

Untuk mencapai ke Lembah Hijau, bisa dari Kemiling, Teluk Betung, atau dari arah Pasar Tamin.

Dari kemiling

Jika dari Kemiling, ambil arah Sukadanaham melewati Palang Besi di Jalan Imba Kesuma. Setelah melewati tanjakan, kemudian turunan, dan tanjakan lagi, persis setelah tanjakan ini di sebelah kiri jalan ada plang “Lembah Hijau”.

Dari teluk

Jika dari arah Teluk, tinggal ikuti Jalan Imba Kesuma, dari Lazuardi Haura School lurus lalu ada tanjakan, turun sedikit, lalu ada tanjakan dan turunan, ketemu Tugu Durian. Dari Tugu Durian masih lurus lagi sekitar 300 meter. Di sebelah kanan jalan akan anda jumpai Plang “Lembah Hijau”.

Dari tanjung karang

Jika dari arah Pasar Tamin, jalan menuju arah teluk, 50 meter dari pasar ada lampu merah, ambil arah kanan, lalu jalan lurus dan ada tanjakan tajam. Ikuti terus jalan ini sampai ketemu Tugu Durian. Dari Tugu Durian ambil arah kanan, dan sampailah anda di Lembah Hijau Lampung.

Kunjungi juga: bukit sakura lampung.

Harga Tiket Masuk Lembah Hijau Lampung

harga tiket masuk lembah hijau lampung
beli tiket terusan ke taman satwa dan kolam renang lebih hemat

Begitu sampai di Lembah Hijau, dari Jalan Imba Kesum, silakan turun lewat jalan masuknya, lalu ketemu dengan Gapura Masuk dengan Siger di atasnya.

Di Gapura Masuk inilah kamu harus membayar tiket masuk ke Lembah Hijau.

  • Harga tiket untuk umum per orangnya sebesar Rp15.000 dan motor dikenakan parkir Rp3.000 dan mobil Rp5.000.
  • Untuk pelajar harga tiket masuknya cukup Rp8.000 saja.
  • Anak di bawah 1 tahun free.

Biaya masuk Lembah Hijau Lampung di liburan panjang akhir tahun biasanya naik. Harga tiket masuk Kolam Renang dan Taman Satwa Lembah Hijau Lampung juga naik.

Selanjutnya untuk menikmati beberapa wahana lainnya seperti Pentas Satwa, Boom boom Car, Carousel, Naik kuda, Mini Train, Flying Fox, Cinema 4D, dan Waterboom (Waterpark Lembah Hijau) akan dikenakan tiket masuk lagi yang harganya berbeda-beda.

Jika anda datang rombongan misal rombongan anak sekolah, maka anda bisa menggunakan harga paket yang jatuhnya akan lebih murah. Paket ini hanya dapat diambil dengan cara memesan terlebih dahulu 3 hari sebelumnya. Selain itu jumlah rombongan paling sedikit 30 orang.

Kunjungi juga: lengkung langit 2.

Tiket Terusan Lembah Hijau Lampung

Beberapa Jenis Tarif Paket Tiket Masuk sebagai berikut:

1. Paket Waterboom Lembah Hijau

tiket terusan paket kolam renang lembah hijau lampung
wahana kolam renangnya

Harga paket waterboom sebesar Rp25.000 per orang sudah termasuk tiket masuk, waterboom (masuk ke waterpark Lembah Hijau), gazebo/saung, panggung musik dan playground.

Jadi lebih hemat nih dibandingkan bayar tiket 15 ribu cuma main di tamannya aja. Nambah 10 ribu bisa ke kolam renang.

2. Paket Taman Satwa

Paket Taman Satwa harganya lebih mahal dari paket waterboom yaitu Rp50.000 per orang dengan fasilitas berupa tiket masuk, taman satwa, atraksi satwa, gazebo/saung, panggung musik dan playground.

Jika mau lihat kebun binatangnya, kamu harus pesan tiket ini.

3. Paket waterboom dan Taman Satwa

Untuk lebih hemat lagi, cukup tambah 5 ribu, sudah bisa ke taman satwa dan waterboom.

Dengan tiket terusan 55 ribu per orang, kamu sudah bisa masuk ke kebun binatang plus kolam renang.

Masuk dan keluar lagi dari kedua wahana itu boleh kok.

4. Paket Outbond Kids

Bagi kamu yang membawa rombongan anak-anak dapat membeli paket Outbond Kids ini dengan harga silakan kontak admin.

Harga ini sudah termasuk harga tiket masuk, areal untuk outbond, permainan outbond seperti flying fox, ice breaking, dan low element dilengkapi dengan trainer dan juga desain program.

Lembah Hijau ini sering sekali dijadikan tempat untuk menggelar acara perkumpulan seperti Family Gathering, sosialisasi, Pelatihan dan acara-acara lainnya yang dilaksanakan oleh kantor pemerintah maupun kantor swasta.

Apa Saja Yang Ada di Lembah Hijau Lampung?

Berbagai wahana dan fasilitas yang ada di sini yaitu:

1. Waterboom (Waterpark Lembah Hijau)

foto waterpark di lembah hijau bandar lampung
foto waterpark di lembah hijau bandar lampung

Jika anda ingin bermain di Waterboom terbesar di Lampung, maka anda harus datang ke Waterpark Lembah Hijau yang memiliki luas sekiter 1,3 hektar ini.

Total ada 5 kolam di Waterpark Lembah Hijau yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas:

  • Twins Boomerang
  • Torpedo
  • Spiral Slide
  • Kolam Arus
  • Water Splash
  • Gelas Tumpah
  • Water Canon

Twins Boomerang memiliki dua jalur slide dengan panjang 160 meter dan tower yang tingginya 32 meter. Saat anda meluncur di sini pasti rasanya langsung deg-deg ser.

Jika anda ingin meluncur dengan arena luncuran yang belok belok anda harus mencoba torpedo dan spiral slide.

Kedalaman kolam di Waterpark Lembah Hijau dimulai dari 50 cm sampai dengan 1,5 meter.

2. Taman Satwa

foto taman satwa lembah hijau bandar lampung
ada gajah di taman satwa

Lembah Hijau sebagai tempat wisata alam mempunyai banyak koleksi binatang seperti berbagai macam burung, beruang madu, buaya, orang utan, banteng, kuda, rusa, onta, dan berbagai binatang lainnya.

Total ada kurang lebih 65 jenis binatang dengan jumlah satwa sebanyak 465 satwa yang dimiliki oleh Lembah Hijau Lampung. Cukup banyak bukan?

Selain menyimpan berbagai koleksi binatang, di Taman Satwa juga diadakan pentas satwa setiap harinya. Jangan sampai terlewatkan ya karena pentas satwanya tidak setiap jam, melainkan pada jam-jam tertentu.

Di hari biasa, pentas satwa dilakukan selama tiga kali dalam sehari yaitu pada pukul 9.30, 11.00, dan 13.00. Sedangkan di hari libur karena pengunjungnya bertambah, ditambah satu kali lagi pentas satwa yaitu pada pukul 14.30.

3. Cinema 4D

Cinema 4 D yang merupakan teater 4 dimensi pertama di Lampung terletak di depan Waterpark Lembah Hijau, tidak jauh dari tempat parkir dan gapura masuk Lembah Hijau. Anda pasti dapat dengan mudah menemukannya.

Cinema 4 D merupakan sebuah bangunan dengan ukuran 5 x 3 meter dan memiliki daya tampung untuk 6 orang saja. Kolesi filmnya ada 10 film dengan durasi tiap filmnya sekitar 10 menit. Jika anda pernah datang ke dufan, Cinema 4D mirip-mirip dengan yang ada di dufan itu cuma bangunannya lebih kecil.

4. Rumah Hantu

Saat masuk ke wahana ini anda akan menjelajahi ruangan-ruangan gaib dengan suara-suara hantu yang seram ditambah dengan cahaya lampunya yang memberikan efek mistis yang menakutkan. Wahana ini cocok bagi anda yang suka tantangan mistis.

5. Boom Boom Car

Tidak melulu harus ke mal untuk bermain Boom Boom Car. Di Lembah Hijau, selain menikmati wisata alam dengan berbagai flora dan fauna dan juga wisata air, anda juga bisa memanjakan si buah hati untuk bermain Boom Boom Car.

Di Lembah Hijau sendiri disediakan 10 mobil Boom Boom Car bagi pengunjung. Sedangkan Arena Boom Boom Car dibuat seluas 30 x 30 meter.

6. Mini Train

Tidak jauh dari Boom Boom Car disediakan area permainan lain berupa mini train seperti mini train yang ada di pasar malam-pasar malam.

7. Carousel

Carousel atau komedi putar dengan kursi duduknya berbentuk beraneka ragam hewan siap menghibur si kecil saat berwisata di Lembah Hijau Lampung.

8. Outbond Kids & Children Playground

children playground

Tersedia juga area outbond dan tempat bermain bagi anak-anak anda. Outbond dilakukan dalam kelompok. Tujuan dari outbond ini untuk membentuk kekompakan tim dan juga sebagai area bermain anak-anak.

Selain untuk anak-anak, disediakan juga outbond untuk orang dewasa. Itulah mengapa Lembah Hijau ini sering diadakan acara family gathering, perkumpulan, pelatihan, dan berbagai kegiatan lainnya oleh instansi pemerintah maupun swasta.

Bagi anda yang ingin outbond di Lembah Hijau dapat membeli Paket Outbond seharga Rp115.000 per orang, Rp150 ribu per orang, atau Rp240 ribu per orang.

Harga paket tersebut sudah termasuk tiket masuk lembah hijau orang dan kendaraannya, trainer, desain program, area eksklusif, game outbond, waterboom di waterpark, dan makan siang.

9. Paint Ball & Air Soft Guns

Bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi bermain paintball disedikan paket paintball dengan harga tiket Rp150.000 per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk orang dan kendaraannya, game beserta peralatan paintball, dan makan siang.

10. Camping Ground

daya tarik lembah hijau bandar lampung
suasana asri di lembah hijau

Berwisata di Lembah Hijau tentunya lebih asyik jika menginap di dalam tenda camping lalu malam harinya menyalakan api unggun. Untuk mengakomodasi ini, pengelola Lembah Hijau telah menyediakan lahan untk camping seluas 1 hektar di depan pintu masuk.

Jika anda tidak membawa tenda sendiri, pengelola Lembah Hijau juga telah menyediakan 20 unit tenda dome dilengkapi dengan perlengkapan api unggun. Anda tinggal menyewa saja dan menikmati pengalaman camping anda di Lembah Hijau.

Untuk itu, anda bisa membeli paket camping dengan harga tiket sebesar Rp75.000 per orang sudah termasuk tiket masuk orang dan kendaraan, area camping, matrass, sleeping bag, dan juga tenda dome.

Kunjungi juga: teropong kota bandar lampung.

Fasilitas Lembah Hijau Bandar Lampung

fasilitas taman wisata lembah hijau bandar lampung
fasilitas taman wisata lembah hijau bandar lampung

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola Lembah Hijau Lampung di antaranya

1. Masjid dan Mushola

Di Lembah Hijau terdapat satu masjid yang letaknya ada di sebelah kiri sebelum gapura masuk Lembah Hijau. Selain masjid, di dalam tempat wisata juga disediakan beberapa mushola untuk kenyamanan pengunjung dalam beribadah.

2. Toilet

Toilet gratis ada di beberapa lokasi yang dapat dipakai oleh pengunjung.

3. Parkir

Dengan luas lahan sekitar 30 hektar anda tidak perlu pusing untuk memarkir kendaraan anda.

4. Penginapan/Cottage

Jika ingin menginap di Lembah Hijau, selain dengan berkemah, bisa juga menyewa cottage yang telah disediakan oleh pengelola Lembah Hijau.

Total ada 5 buah cottage yang disewakan bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Dari 5 cottage tersebut, empat unit cottage terdiri atas dua kamar sedangkan satu unit lagi terdiri atas tiga kamar. Setiap cottage dilengkapi dengan ruang tamu, ac, kulkas, televisi, dan meja makan.

Harga Cottage Lembah Hijau Lampung, tarif per malamnya sekitar Rp750.000 s.d. Rp1.500.000.

Menginap di penginapan Lembah Hijau Lampung bakalan lebih enak dibandingkan mencari hotel lagi di luar tempat wisata.

5. Gazebo

gazebo lembah hijau
fasilitas gazebo

Bagi pengunjung yang ingin beristirahat setelah lelah berkeliling Lembah Hijau dapat melepas lelah di Gazebo-gazebo yang telah disediakan di berbagai lokasi.

6. Restoran dan Cafe

Urusan perut jangan ditunda-tunda. Anda bisa membeli makan dan minum di restoran dan cafe yang ada di Lembah Hijau. Tentu tidak nyaman kan jalan-jalan dalam keadaan lapar dan haus?

7. Paket Meeting

Bagi kantor-kantor yang ingin menyelenggarakan paket meeting di Lembah Hijau disediakan paket halfday di gedung Aula Anggrek dengan tarif yang terjangkau.

Harga paket meeting sudah termasu tiket masuk orang dan kendaraannya, Gedung Aula AC dengan kapasitas sampai dengan 150 orang berikut meja dan kursinya, sound system wireless, Infocus/LCD, block note, pena, cofee break dan makan siang prasmanan.

Demikian reviu jelajahlampung tentang Lembah Hijau Lampung yang merupakan wahana wisata alam buatan terbesar di Lampung. Selamat berkunjung yaaa. Baca juga: tempat wisata di bandar lampung yang lagi hits.

Mau Nyari TIKET Pesawat, Kereta Api dan HOTEL TERMURAH? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *