Menikmati Kesejukan Taman Wisata Bumi Kedaton Sambil Belajar Mengenal Alam

JelajahLampung.Com - Taman Wisata Bumi Kedaton merupakan salah satu wisata alam di Bandar Lampung yang menjadi andalan sektor pariwisata di Kota Tapis Berseri ini. Taman Wisata Bumi Kedaton didirikan pada tahun 2004, dan popularitasnya sudah dikenal luas oleh masyarakat Lampung.

bumi kedaton resort

Seperti namanya, Taman Wisata Bumi Kedaton menyajikan wisata panorama alam perbukitan, yang terletak di perbukitan Gunung Betung, dengan kesejukkan khas dataran tinggi, meskipun tentu saja tidak sesejuk daerah Gisting sana.

Taman Wisata Bumi Kedaton terletak di Kecamatan Teluk Betung Barat, tepatnya di Jalan Wan Abdul Rahman, Batu Putu. Lokasinya berdekatan dengan Wira Garden Lampung.

Untuk mencapai Taman Wisata Bumi Kedaton sangat mudah, karena papan penunjuk jalan menuju kawasan wisata Batu Putu sudah terpampang di jalanan. Jarak dari pusat kota pun cukup dekat, sekitar 7 km, membuat tempat wisata ini menjadi salah satu wisata alam murah di Bandar Lampung.

Begitu anda sampai di kawasan Taman Wisata ini, di Jalan Wan Abdul Rahman sendiri sudah terpampang dengan lebar gapura yang menunjukkan kawasan wisata Bumi Kedaton sehingga makin memudahkan anda menemukan tempat wisata ini.

Sesampainya anda di lokasi, anda bisa menikmati kebun binatang mini di Bumi Kedaton Resort ini. Pintu masuknya ada di sebelah kanan pada saat anda pertama kali masuk.

Di kebun binatang tersebut terdapat koleksi beberapa binatang seperti aneka macam burung dan unggas, hewan melata, beruang madu, kuda, buaya, dan berbagai binatang lainnya. Cocok untuk belajar bagi buah hati anda.

Berikut ini beberapa koleksi binatang yang saya ambil gambarnya:

kuda di bumi kedaton resort
Koleksi Kuda Kebun Binatang Bumi Kedaton
burung merak bumi kedaton resort
Koleksi Burung Merak
rusa di bumi kedaton resort
Koleksi Rusa
Di Taman Wisata Bumi Kedaton/Bumi Kedaton Resort tersedia Cottage-cottage bagi anda yang ingin menginap. Liburan anda tentu akan lebih spesial dengan menginap bersama anggota keluarga anda di Bumi Kedaton Resort.

Selanjutnya dari Kebun binatang turun ke bawah, anda akan menjumpai arena outbond. Bagi yang ingin bermain flying fox, bisa mencobanya di Taman Wisata Bumi Kedaton.

Tempat wisata ini juga menyediakan arena camping di dekat sungai. Sering sekali tempat ini ramai digunakan anak-anak pramuka dari berbagai sekolah untuk kegiatan perkemahan. Arena perkemahan juga disediakan banyak kamar mandi yang membuat tempat ini nyaman digunakan arena camping.

Di dekat arena camping terdapat sebuah jembatan kecil untuk menyeberang dari arena camping ke arena lainnya di Bumi Kedaton Resort.

Jika ingin naik kuda, disediakan juga sewa naik kuda. Anda akan ditemani si pawang kuda pada saat mengendalikan kuda.

sewa kuda bumi kedaton

Dari arena camping, ambil jalan ke kiri anda akan menemukan cafe unik yang diberi nama cafe gajah. Diberi nama Cafe Gajah karena bangunan cafe ini memang berbentuk gajah. Di samping cafe ini disediakan arena hiburan musik.

cafe gajah

Di belakang cafe gajah ada sungai kecil yang biasa digunakan juga bagi pengunjung untuk main air. Tidak sedikit juga pengunjung yang basah-basahan dan mandi di sungai ini. Sungai ini pun bersambung ke sungai yang ada di Wira Garden Lampung.

Di seberang sungai ada bangunan unik yang berbentuk seperti kereta. Sangat asyik duduk-duduk di dekat sungai sambil menikmati pemandangan alam di sekitar.

kereta-keretaan
Anak-anak juga bisa bermain ayunan di samping cafe dekat dengan sungai ini.

Dari Cafe gajah, jalan lurus lagi anda akan menemukan arena untuk bermain kano. Sebuah kolam disediakan bagi pengunjung untuk bermain kano.

main kano

Tidak jauh dari kolam tadi, di sebelah kanannya ada pertunjukan gajah yang siap menghibur pengunjung yang tidak ingin jauh-jauh ke Way Kambas untuk melihat gajah.

gajah

Setelah puas mengelilingi tempat wisata ini, anda bisa mandi di kolam renang dan waterboom di Bumi Kedaton ini, tentunya liburan anda bersama keluarga semakin asyik.

Untuk fasilitas toilet dan mushola anda tidak perlu khawatir karena tersedia beberapa toilet dan mushola untuk kenyamanan ibadah pengunjung.

Dan akhirnya, selamat jalan dari Bumi Kedaton Resort. Sampai jumpa lagi ya di lain waktu. Kami tunggu kedatangannya kembali.

gapura bumi kedaton resort

Itulah ulasan sekilas saya setelah berkunjung ke Taman Wisata Bumi Kedaton ini. Selamat berkunjung ke tempat wisata alam di Kota Bandar Lampung.

1 komentar: