Jalan-Jalan Yuk Ke Air Terjun Batu Putu Bandar Lampung

JelajahLampung - Air Terjun Batu Putu merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kota Bandar Lampung. Terletak di Jalan Wan Abdul Rahman, Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung. Lokasinya berada di perbukitan yang berada pada deretan tempat wisata lain di Jalan Wan Abdul Rahman.

Rute ke Air Terjun Batu Putu


Untuk menuju Air Terjun Batu Putu, ada dua rute yang bisa anda gunakan.

Rute pertama yaitu lewat Kemiling - SMA 7 Bandar Lampung - Sumber Agung - Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman - Taman Kupu kupu Gita Persada - Lurus terus ikuti jalan menuju Batu Putu. Setelah itu, sebelum mencapai Pondok Pesantren Madarijul 'Ulum, akan anda temukan Gapura Air Terjun Batu Putu di sebelah kiri jalan.

Gapura Air terjun batu putu
Gapura Pintu Masuk ke Air Terjun Batu Putu Bandar Lampung
Rute kedua bisa anda capai dari Pusat Kota Bandar Lampung bagi anda yang berdomisili di sekitar pusat Kota Bandar Lampung. Air Terjun Batu Putu ini sangat mudah ditemukan karena lokasinya memang tidak jauh dari Jalan Wan Abdul Rahman.

Dari pusat kota Bandar Lampung bisa ke Jalan P Emir M Noer dulu lalu masuk ke Jalan Raden Imba Kesuma. Dari Jalan Imba Kesuma jalan ke arah Teluk, lalu akan anda temukan papan penunjuk jalan menuju arah Batu Putu, setelah tanjakan di Sumur Putri (Pabrik air mineral Great).

Tinggal ikuti penunjuk jalan tadi, maka anda akan melewati Wira Garden Lampung, Bumi Kedaton Resort, lalu naik lagi ke atas, setelah Pondok Pesantren Madarijul 'Ulum akan anda temukan Gapura Air Terjun Batu Putu seperti foto di atas di sebelah kanan jalan.

Jalan menuju air terjun memang tidak terlalu bagus mulai dari pintu keluar Bumi Kedaton Resort, jadi jangan kaget.

Air Terjun Batu Putu terletak satu deretan dengan Wira Garden Lampung dan Bumi Kedaton Resort jadi tinggal lurus saja ikuti jalan Wan Abdul Rahman.

Dari Gapura Air Terjun Batu Putu tersebut, masuk saja ke dalam. Sekitar 10 meter dari Gapura anda akan dimintai tiket masuk sebesar Rp5.000,- per orang (harga tiket saya beli tanggal 17 April 2016, harga bisa saja berubah sewaktu-waktu).

Setelah itu jalan lagi ke depan sekitar 300-500 meter akan anda temukan tempat parkir kendaraan. Tempat parkir kendaraan ini persis ada di pinggiran jalan, di sebelah kiri.

parkir air terjun batu putu
Tempat parkir kendaraan sebelum turun ke lokasi air terjun batu putu

Untuk mencapai ke lokasi Air Terjun Batu Putu, anda harus jalan kaki menuruni perbukitan, sekitar 5 menit jalan kaki. Kendaraan harus dititipkan di tempat parkir yang telah disediakan.

jalan ke air terjun batu putu
Jalan paving menuju lokasi air terjun Batu Putu
Jalan ke lokasi sudah dipaving sehingga tidak terlalu khawatir licin terkena air hujan. Namun, perlu hati-hati juga bagi anda karena jalan menuju air terjun ini lumayan curam juga, apa lagi pas mau turun ke air terjun persis.

turunan air terjun batu putu
Turunan yang lebih tajam ke lokasi
Pertama kali sampai di turunan terakhir persis sebelum ke air terjun, agak takut juga saya mau turun soalnya turunannya lumayan curam. Tapi tenang saja, di sebelah kanan atau kiri ada besi yang dibuat untuk pegangan. Yang penting hati-hati saja.

Sesampai di air terjun ini, hembusan angin yang membawa molekul-molekul air langsung membuat hawa menjadi sejuk. Jika anda berjalan ke arah air terjun, maka di sebelah kiri air terjun akan anda jumpai sebuah goa kecil ada sana.

air terjun batu putu
Air Terjun Batu Putu Bandar Lampung
goa di samping air terjun batu putu
Goa yang ada di sebelah kiri air terjun
Air Terjun Batu Putu ini tidak terlalu besar seperti Air Terjun Putri Malu, dan juga tidak sejernih Air Terjun Way Lalaan. Namun keberadaan air terjun yang terletak di Kota Bandar Lampung ini menjadi alternatif wisata bagi warga Kota Bandar Lampung.

Apalagi bagi yang menghabiskan masa kecil di Kota Bandar Lampung, wisata ke Air Terjun Batu Putu ini merupakan nostalgia tersendiri karena dulunya tempat ini adalah tempat favorit bagi warga kota Bandar Lampung.

Di sebelah bawah air terjun ada tempat yang bagus untuk tempat mandi, karena airnya yang jernih. Tempat ini bagus juga dijadikan tempat untuk foto-foto.

sungai jernih batu putu
Sungai yang jernih di bawah air terjun batu putu

Harga Tiket Air Terjun Batu Putu dan Fasilitas


Saya baru saja jalan-jalan ke Air Terjun Batu Putu pada tanggal 17 April 2016. Harga tiket pada tanggal tersebut saya beli sebesar Rp5.000 per orang. Saya membawa anak kecil usia 3 tahunan dan dikenakan tiket masuk juga.

Selan tiket masuk, biaya parkir juga dikenakan tarif sendiri sebesar Rp5.000,- baik motor maupun mobil. Tarif parkir sepertinya terlalu mahal ya.

Bagi anda yang lupa membawa minuman atau snack dari rumah, bisa membeli makanan ringan dan minuman di kantin yang disediakan persis di sebelah tempat parkir.

Mushola dan toilet juga tersedia di dekat tempat parkir. Bagi anda yang ingin sholat silakan sholat dulu sebelum turun ke air terjun.

Tips ke Air Terjun Batu Putu

  1. Perhatikan cuaca. Akan lebih bagus lagi jika anda siap-siap membawa payung atau mantel saat turun ke bawah karena jika tiba-tiba hujan turun maka sulit menemukan tempat berteduh di bawah. Paling-paling berteduh di bawah pohon.
  2. Hati-hati saat menuruni jalan, karena turunan cukup curam juga, terutama saat mau sampai ke air terjun. Saat mau turun ke sungai di bawah air terjun pun, turunannya cukup curam juga.
  3. Selalu jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan.

Demikianlah informasi dan pengalaman saya saat jalan-jalan ke Air Terjun Batu Putu Lampung ini. Selamat berkunjung ya.

10 komentar