Indahnya Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung Bikin Kamu Betah Seharian

JelajahLampung.Com - Taman Kupu-kupu Gita Persada di Lampung. Bagi anda para traveler yang menyukai suasana alam yang hijau nan indah, wajib bagi anda untuk datang ke Tempat Wisata Alam di Lampung yang satu ini. Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung akan menyajikan suasana alam yang sangat sejuk, dengan rerimbunan pepohonan, dan juga berbagai arena bermain untuk anak-anak.

pintu masuk taman kupu-kupu gita persada

Saya sendiri menemukan tempat wisata ini secara tidak sengaja pada saat mencoba rute baru menuju Tempat Wisata Wira Garden Lampung. Meskipun sudah lumayan lama tinggal di Lampung, ternyata baru kali ini menemukan taman wisata yang indahnya luar biasa di Lampung. Sebelum datang ke Taman Kupu-kupu ini, saya sama sekali belum pernah mendengar namanya.

Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung didirikan pada tahun 1997 oleh seorang ahli biologi Universitas Lampung, Dr. Herawati Soekardi. Beliau berhasil merubah lahan kritis menjadi sebuah taman edukasi dengan pepohonan dan rerumputan yang sangat hijau.

Lokasi Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung


Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung terletak di Kecamatan Kemiling di kaki Gunung Betung, tepatnya di Desa Tanjung Manis, Jalan Way Rahman, Kemiling, Bandar Lampung. Lokasinya pun persis di pinggir jalan sehingga mudah dijangkau.

Untuk sampai ke Taman Kupu-kupu Gita Persada ada dua alternatif.

Alternatif pertama, dari Kota Bandar Lampung, bisa lewat Jalan Imba Kesuma, lalu ikuti jalan menuju Wira Garden, Bumi Kedaton Resort, Batu Putu, terus lurus, sekitar 7 km dari Bumi Kedaton Resort.

Setelah menempuh kurang lebih 7 km, di sebelah kanan jalan anda akan menemukan pintu gerbang Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung dengan rindangnya pepohonan.

Alternatif kedua, anda bisa lewat Kemiling. Setelah SMA 7 Bandar Lampung, ada perempatan. Ambil arah kanan dan ikuti terus jalan utama. Jika anda telah melewati Taman Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman (sebelah kiri jalan), maka anda sudah dekat dengan Taman Kupu-kupu Gita Persada.

Tinggal lurus sedikit sekitar 1 km, di sebelah kiri jalan akan anda temukan Tulisan Taman Kupu-kupu Gita Persada.

Alternatif kedua ini lebih baik anda pilih karena jalannya lebih bagus, dibandingkan dengan alternatif pertama.

Fasilitas yang Ada Di Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung


1. Rumah Pohon


Ada beberapa rumah pohon yang terdapat di Taman Kupu-kupu Gita Persada. Rumah pohon di Taman ini terbuat dari bambu. Ada yang cuma satu tingkat, ada juga yang sampai tiga tingkat. Berikut ini salah satu rumah pohon yang ada di Taman Kupu-kupu Gita Persada:

rumah pohon taman kupu gita persada

Selain rumah pohon ada juga beberapa pondokan seperti rumah panggung yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Di rumah pohon dan pondokan ini sangat cocok dijadikan tempat makan ramai-ramai bersama keluarga atau kerabat.

pondokan taman kupu kupu

Jalan-jalan ke Taman Kupu-kupu Gita Persada akan terasa lebih menyenangkan jika beramai-ramai bersama keluarga, kerabat, atau family gathering dan juga membawa anak-anak.

Silakan nikmati kesejukkan berteduh di rumah pohon yang ada di Taman Kupu-kupu ini. Saya yakin pikiran anda akan fresh kembali.

2. Tempat Bermain Anak


Di Taman Kupu-kupu Gita Persada juga terdapat area bermain anak-anak. Ada ayunan, perosotan, dan beberapa fasilitas lainnya. Anak-anak akan merasa betah bermain di taman ini.

area bermain anak

Wilayah Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung yang luas membuat anak-anak akan menemukan beberapa ayunan dan persosotan di beberapa tempat di taman ini.


3. Tempat Penangkaran Kupu-kupu


Tempat penangkaran kupu-kupu ini berada di tengah taman. Tempat penangkaran kupu-kupu sering digunakan sebagai lokasi prewedding. Lokasi ini merupakan tempat yang bagus untuk mengambil foto anda saat berkunjung ke taman ini.

Sayangnya, saat saya berkunjung, saya tidak sempat masuk ke tempat penangkaran kupu-kupu dan hanya bisa mengabadikan tempat penangkaran kupu-kupu ini dari luar.

penangkaran kupu

4. Museum


Selanjutnya, setelah berkeliling taman untuk mencoba segala wahana yang ada, anda dapat melihat-lihat koleksi kupu-kupu yang telah di awetkan di museum ini. Selain koleksi kupu-kupu, anda juga dapat melihat lukisan-lukisan kupu-kupu dan koleksi kreasi dari bahan kayu.


Berbagai benda seni terpajang di museum ini. Museum kupu ini berbentuk rumah kayu dua lantai di mana lantai bawah digunakan untuk kafe sedangkan lantai atasnya digunakan untuk museum.

Ukuran museum ini terbilang kecil, hanya terdiri atas beberapa ruangan kecil.

5. Kafe


Selanjutnya, bagi anda yang lapar setelah lelah berkeliling Taman Kupu-kupu, anda dapat memesan makanan di kafe yang disediakan oleh pihak pengelola. Sayangnya, menu yang ada di kafe ini terbatas.

Kafe ini biasanya cuma menyediakan teh manis, es jeruk, mie goreng atau rebus dan nasi goreng. Tidak tersedia minuman yang lain.

Jadi, sebaiknya anda membawa perbekalan yang cukup dari rumah, terutama persediaan air minum. Pengalaman saya berkunjung ke sini, air mineral pun tidak tersedia di kafe ini.

Lokasi kafe di lantai satu, satu bangunan dengan museum. Suasana kafe lumayan enak untuk menikmati pemandangan taman.

kafe taman kupu

6. Toilet


Pengelola taman juga menyediakan toilet gratis bagi para pengunjung. Jadi tidak usah khawatir juga berada di taman seharian.

Itulah tadi salah satu tempat wisata menarik di Lampung, Taman Kupu-kupu Gita Persada. Tiket masuknya pun cukup murah, 10 ribu rupiah saja per orang (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Silakan berkunjung ke taman ini bersama keluarga anda. Selamat berwisata.

0 komentar