7 Universitas Negeri Di Lampung Lengkap Dengan Alamatnya

jelajahlampung.com – Daftar dan Alamat Perguruan Tinggi Universitas Negeri Di Lampung Lengkap. Kampus di Lampung sedemikian banyaknya, baik yang negeri maupun yang swasta. Perguruan tinggi tersebut ada yang berupa Universitas, Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, dan yang terbaru Institut.

Beragamnya universitas negeri yang ada di Lampung memberikan pilihan yang beragam kepada calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Jika tidak diterima di universitas tinggi negeri, calon mahasiswa dapat memilih alternatif perguruan tinggi swasta yang jumlahnya berjibun di Lampung.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Lampung tersebar di beberapa lokasi di Lampung. PTN tersebut ada yang berada di bawah Kemendikbud, Kementerian Agama, dan Kementerian Kesehatan.

Daftar Universitas Negeri di Lampung

Berikut ini daftar PTN yang ada di Lampung:

1. Universitas Lampung (UNILA)

unila salah satu universitas negeri di bandar lampung
unila salah satu perguruan tinggi negeri di bandar lampung

Universitas Lampung adalah PTN paling populer di Lampung. UNILA termasuk PTN di Lampung dengan jumlah mahasiswa paling banyak.

UNILA sendiri terdiri dari beberapa Fakultas yang dapat anda cek di situs resminya www.unila.ac.id.

Kampus negeri ini beralamat di Jalan Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro Nomor 1, Bandar Lampung, 35145. Lokasinya tidak jauh dengan Museum Lampung dan Terminal Rajabasa.

Nomor Telepon yang dapat dihubungi yaitu +62 721 701609 sedangkan Nomor Faximile yaitu +62 721 702767.

Untuk mencapai ke UNILA bisa menggunakan kendaraan umum karena angkot-angkot pasti lewat UNILA. Akses ke UNILA sangat mudah karena lokasinya memang tidak jauh dari jalan raya dari Rajabasa menuju Tanjung Karang.

Baca juga: daftar rumah sakit di bandar lampung.

2. Politeknik Negeri Lampung (Polinela)

polinela perguruan tinggi negeri di bandar lampung
foto bagian depan politeknik negeri lampung

Polinela, yang awalnya terkenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung, resmi menjadi PTN mandiri pada tahun 2001. Sebelum menjadi PTN mandiri, Polinela ini bernama Politeknik Pertanian Universitas Lampung.

Situs resmi Polinela adalah www.polinela.ac.id. Di situs resmi tersebut anda dapat mendapatkan informasi seputar Polinela jika anda ingin mendaftar di Polinela.

Polinela beralamat di Jalan Soekarno Hatta (By Pass) Nomor 10 Bandar Lampung. Lokasinya berdekatan dengan Poltekkes Tanjung Karang dan UPBJJ UT Bandar Lampung.

Lokasi Polinela juga tidak terlalu jauh dengan terminal Rajabasa dan Universitas Lampung. Kendaraan umum bisa mengantarkan anda ke depan Polinela.

Baca juga: tempat nongkrong di bandar lampung.

3. Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Tanjung Karang Bandar Lampung

foto poltekkes tanjung karang bandar lampung
foto milik Suhairi Suhe via google maps

Seperti Provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, Lampung juga mempunyai Politeknik Kesehatan Negeri yang berada di bawah Kementerian Kesehatan, yaitu Poltekkes Tanjung Karang.

Meskipun lokasinya sebenarnya bukan di Tanjung Karang, tapi nama yang dipakai adalah Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang.

Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang didirikan pada tahun 2001 dengan menggabungkan 5 akademi kesehatan yang ada di Provinsi Lampung.

Bagi anda yang berminat mendaftar Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang dapat menggali informasi lebih lanjut di situs resminya, poltekkes-tjk.ac.id.

Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang beralamat di Jalan Soekarno Hatta Nomor 1 dan 6, Bandar Lampung dengan Nomor Telepon 0721-783852 dan Fax. 0721 773918.

Untuk informasi lewat email dapat dikirimkan ke email Poltekkes Tanjung Karang: [email protected].

Baca juga: restoran mewah di bandar lampung.

4. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung

universitas islam negeri raden intan bandar lampung
foto milik Iskandar Nainggolan8 via google maps

UIN yang dulu bernama IAIN Raden Intan Merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kementerian Agama.

UIN Raden Intan Lampung didirikan pada tahun 1968 dengan nama awal adalah IAIN Al Jami’ah Al Ismaliyah Al-Hukumiyah Raden Intan Lampung.

Penamaan Raden Intan sendiri mengambil nama dari seorang pahlawan Lampung yang sangat terkenal, yaitu Raden Inten II.

Saat ini UIN Raden Intan Lampung memiliki 5 Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, Fakultas Ushuluddin, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

UIN Raden Intan Lampung beralamat di Jalan Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang UIN Raden Intan Lampung dapat membuka situs resminya di radenintan.ac.id.

Baca juga: hotel di bandar lampung.

5. Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung

iain perguruan tinggi negeri di metro lampung
foto milik Shiddiq Asyrofi via google maps

Jika perguruan tinggi negeri lainnya berada di Bandar Lampung, berbeda dengan IAIN Metro. PTN milik Kementerian Agama ini berada di Kota Metro, satu wilayah dengan STO Metro.

Alamat lengkap IAIN Jurai Siwo Metro adalah Jalan Ki Hajar Dewantara 15A, Metro, Lampung 34111. IAIN dulunya bernama STAIN Metro.

Sejarah berdirinya STAIN Jurai Siwo Metro tidak bisa dipisahkan dari IAIN Raden Intan Lampung. Sejarah lengkap STAIN Jurai Siwo Metro dapat anda baca di situs resminya yaitu www.metrouniv.ac.id.

Saat ini IAIN Metro memiliki 4 Fakultas yaitu Tarbiyah, Syariah, Dakwah dan Komunikasi serta Ekonomi dan Bisnis.

Jurusan tarbiyah terdiri atas Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru MI, dan Pendidikan Guru RA.

Jurusan Syariah terdiri atas Ahwalusy Syakhsiyyah, Ekonomi Syariah, D III Perbankan Syariah, Hukum Ekonomi Syariah, dan S1 Perbankan Syariah.

Sedangkan Dakwah dan Komunikasi terdiri Komunikasi Penyiaran Islam serta Bahasa dan Sastra Arab.

Baca juga: penginapan murah di bandar lampung.

6. Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung

itera perguruan tinggi negeri di lampung selatan
foto milik Yubi Yubhi via google maps

Institut Teknologi Sumatera atau ITERA adalah Institut Teknologi Negeri pertama yang ada di pulau Sumatera. Itulah kenapa dinamakan Institut Teknologi Sumatera, bukan Institut Teknologi Lampung.

ITERA merupakan institut teknologi kebanggaan masyarakat Sumatera, bukan hanya masyarakat Lampung. Masyarakat Sumatera kini dapat kuliah di bidang teknologi tanpa menyeberang pulau lagi.

Kampus negeri ini diresmikan menjadi PTN pada tahun 2014 lalu bersamaan dengan diresmikannya Institut Teknologi Kalimantan (ITK). ITERA dan ITK melengkapi dua Institut Teknologi Negeri lain yang telah ada sebelumnya yaitu ITB dan ITS.

Luas lahan yang dipakai oleh ITERA ini pun tidak tanggung-tanggung, yaitu 285 hektar. ITERA ini beralamat di Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan 35365. Nomor telepon ITERA (0721) 8030188, (0721) 8030189 dan alamat email yang bisa dihubungi: [email protected].

Website resmi ITERA dapat anda buka di www.itera.ac.id.

Saat ini ITERA baru membuka delapan program studi yaitu: Fisika, Teknik Elektro, Teknik Geofisika, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, Teknik Sipil, Teknik Informatika, dan Teknik Arsitektur.

Kunjungi juga: kebun raya itera.

7. Universitas Terbuka

ut universitas negeri di bandar lampung
foto milik piet hendro via google maps

Universitas negeri yang terakhir di Lampung, ada UT atau Universitas Terbuka.

Terlekat di Jalan Soekarno Hatta atau By Pass, tidak jauh dari Poltekkes.

Dari Bundaran Rajabasa, ada di kanan jalan.

Di UT, kamu bisa kuliah secara online.

Informasi jurusan dan pendaftaran bisa kamu akses di situs resmi ut.ac.id.

Baca juga: lampung walk di bandar lampung.

Kesimpulan

Selain 7 kampus di atas, jika kamu ingin jadi guru olah raga, bisa kuliah di STO Metro.

STO Metro Lampung ini merupakan perguruan tinggi khusus di bidang keolahragaan.

STO Metro Lampung terletak di 16C Mulyojati, Kota Metro, Lampung. Jarak dari Kota Bandar Lampung kurang lebih sekitar 40km atau perjalanan 1 jam naik kendaraan.

Kamu juga masih bisa kuliah di kampus swasta macam UMITRA, UBL, Teknokrat, dan masih banyak kampus lainnya.

Itulah tadi informasi Daftar Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Lampung. Ingin ambil PTN yang mana? Baca juga: tempat wisata hits di Bandar Lampung.

Mau Nyari TIKET Pesawat, Kereta Api dan HOTEL TERMURAH? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *