6 Cara Ke Lampung Dari Jakarta, Pilih Yang Mana?

6 Cara Ke Lampung Dari Jakarta, Pilih Yang Mana? - Ingin berlibur dan berwisata di Lampung untuk menikmati Pulau Pahawang atau Pantai di Krui Lampung? Belum tahu rute untuk sampai ke Lampung? Tak usah khawatir. Lampung bukanlah daerah yang jauh dari ibu kota Jakarta. Lampung juga tidak susah untuk dicapai. Pada kesempatan kali ini akan saya bagikan beberapa alternatif bagi anda untuk sampai ke Lampung.

jakarta ke lampung

Bisa anda lihat pada peta di atas, Lampung terletak di arah Barat Laut Jakarta. Jarak Jakarta-Lampung (Bandar Lampung) kurang lebih sekitar 231,4 km. Jarak ini hanya setengahnya jarak Jakarta-Semarang yang kurang lebih 461,9 km.

Jarak Jakarta-Lampung hampir sama dengan jarak dari Jakarta ke Cirebon yang kurang lebih jaraknya 214 km. Jika mengendarai kendaraan bermotor dengan kecepatan 50 km/jam, maka hanya dibutuhkan waktu 4 s.d. 5 jam saja.

Namun, permasalahannya, Jakarta dan Lampung dipisahkan oleh Selat Sunda, yang membuat perjalanan dari Jakarta ke Lampung menjadi lebih lama.

Untuk sampai ke Lampung dari Jakarta, anda dapat memilih alternatif jalan udara atau jalan darat dan laut. Berikut ini beberapa alternatif bagi anda untuk sampai ke Lampung dari Kota Jakarta:

1. Naik Pesawat

Jika anda punya budget lebih, anda bisa menggunakan pesawat terbang. Namun, tiket pesawat dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) ke Lampung sebenarnya tidak mahal-mahal amat. Terkadang, kisaran harga tiket pesawat Jakarta-Lampung antara Rp150.000,- sampai Rp200.000,- tersedia juga.

Harga tiket tersebut tentu saja lebih murah jika dibandingkan dengan harga tiket Damri dari Gambir (Jakarta) ke Lampung menggunakan bis royal yang harganya kisaran Rp250.000an.

Harga rata-rata tiket pesawat dari Jakarta-Lampung berada pada kisaran 300-400 ribuan. Jadi tidak terlalu menguras kantong anda bukan?.

Berikut ini tampilan harga tiket pesawat dari Jakarta ke Lampung pada tanggal 23 Maret 2016 yang saya lihat di traveloka:

tiket jakarta lampung

200 ribuan, anda sudah bisa sampai di Lampung menggunakan pesawat, sangat murah bukan? Silakan mencoba wisata ke Lampung.

Waktu tempuh dari Bandara Soekarno Hatta ke Branti kurang lebih 45 menit. Baru naik pesawat, tiba-tiba sudah turun saja saking sebentarnya.

Bandara Raden Intan II (Branti) Lampung sendiri tidak terletak di Bandar Lampung. Bandara Raden Intan II terletak di Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Jarak dari Branti ke Bandar Lampung sekitar 22 km.

Untuk sampai ke Bandar Lampung, anda harus naik kendaraan lagi. Ada beberapa alternatif pilihan untuk sampai ke Bandar Lampung dari Bandara Raden Intan.

# Alternatif Pertama 

bagi anda yang ingin berhemat, anda bisa naik angkot. Angkot ini lewat depan persis Bandara, jadi tidak usah khawatir. Keluar sedikit saja dari Bandara, anda sudah bisa menunggu angkot untuk membawa anda ke Terminal Rajabasa Lampung.

Angkot ini langsung mengantarkan anda ke Terminal Rajabasa, karena tujuan akhir angkot ini memang terminal Rajabasa. Ongkos angkot kisaran 6ribu sampai 8ribuan, tergantung sopir angkotnya juga.

# Alternatif Kedua 

anda bisa menggunakan jasa ojek. Jasa ojek tersedia banyak di depan bandara. Anda keluar bandara sedikit saja pasti sudah ada tukang ojek yang menawarkan jasanya kepada anda. Untuk biaya tergantung tawar menawar anda dengan si tukang ojek. Sebagai acuan, anda bisa menggunakan referensi tarif jasa ojek online.

Selain tukang ojek di depan bandara, anda juga bisa menggunakan jasa ojek online di lampung, yang bernama masojek. Anda bisa mencari sendiri di google kontak dari masojek ini. Tarif dari masojek ini adalah Rp2.500,- per kilometernya. Jadi jika jarak tempuhnya 22km, kurang lebih ongkos yang harus anda bayar adalah Rp55.000,-.

Kelebihan dari ojek adalah dia akan mengantarkan anda ke manapun tujuan anda, tidak harus sambung-menyambung angkot lagi.

# Alternatif Ketiga

Selain menggunakan angkot atau ojek, anda juga bisa menggunakan taksi menuju bandar lampung dengan tarif masih di bawah Rp150.000,-. Banyak sekali taksi di Branti yang bisa anda pilih untuk mengantarkan anda ke manapun tujuan anda.

Bahkan, jika anda ingin menuju Krui, Lampung, dengan Pantai yang indah untuk berselancar, anda juga bisa menggunakan taksi. Banyak juga bule-bule yang menyewa taksi untuk mengantarkan ke Krui. Waktu tempuh dari Branti ke Krui kurang lebih 5-6 jam.

Dari ketiga alternatif tersebut, anda sudah bisa menghitung sendiri kan berapa biaya yang dikeluarkan jika harus ke Bandar Lampung jika menggunakan pesawat udara? Silakan tinggal pilih mau alternatif yang mana.

2. Naik Damri

Selain menggunakan jalur udara, anda juga bisa menggunakan jalur darat dan laut. Salah satu alternatif jika menggunakan jalur darat dan laut adalah dengan menggunakan Damri. Damri berangkat dari Stasiun Gambir dengan tujuan akhir Stasiun Tanjung Karang, Bandar Lampung.

Tipe Damri yang akan anda gunakan pun macam-macam, mau ekonomi, bisnis, atau royal dengan harga yang tentu berbeda-beda. Waktu tempuh dengan menggunakan Damri ini tergantung kondisi macet atau tidaknya jalanan.

Rute yang ditempuh jika menggunakan Damri adalah Jakarta-Merak-Bakauheni-Stasiun Tanjung Karang.

Jika sedang lancar, Jakarta-Merak dapat ditempuh dalam waktu 2 jam. Jika macet, biasanya sampai 5jam. Setelah sampai merak, Damri akan naik ke kapal untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni.

Waktu tempuh dari Merak ke Bakauheni dalam keadaan lancar (ombak tenang dan kapal tidak antri) adalah 2jam.

Dari Bakauheni, selanjutnya perjalan dilanjutkan ke Stasiun Tanjung Karang dengan waktu tempuh jika lancar adalah 2jam.

Jadi, jika lancar semua, waktu tempuh dari Jakarta ke Lampung hanya 6 jam.

3. Ngeteng/Sambung Menyambung Kendaraan

Bagi anda yang ingin berhemat, anda bisa menggunakan alternatif ini. Dari Jakarta (bisa dari Terminal Pulogadung, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, Kp Rambutan, atau Kalideres) anda menggunakan kendaraan umum menuju Merak dengan tarif kurang lebih sebesar Rp30.000,-.

Selanjutnya, dari Merak anda naik ke kapal dengan tarif sebesar Rp13.000,- menuju Bakauheni. Turun dari Bakauheni Lampung, anda tinggal menuju ke Bandar Lampung, bisa menggunakan bus umum atau travel.

Tarif bus umum untuk AC Rp30.000,- dan untuk Ekonomi Rp23.000,-. Sedangkan untuk travel, tarif ke Bandar Lampung sekitar Rp45.000.

Jika ditotal, biaya anda ke Lampung dengan cara ngeteng adalah Rp30.000 + Rp13.000 + Rp23.000 (buis ekonomi) = Rp66.000,- sudah sampai di Bandar Lampung (terminal rajabasa). Murah sekali bukan?.

Dari Jakarta ke Merak, selain menggunakan bus umum, anda bisa juga menggunakan kereta lho. Bisa dicoba juga bagi anda yang hobi naik kereta.

Selain lewat Bakauheni, mulai 22 Juni 2016, dibuka pula rute penyeberangan tol laut dari Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang. Selengkapnya silakan baca: Kapal Penyeberangan Tanjung Priok Panjang.


4. Bawa Mobil Sendiri

Banyak juga traveler yang membawa mobil sendiri menuju Lampung. Dengan menggunakan mobil sendiri, mobilitas lebih mudah dan juga tentunya bisa lebih hemat, apa lagi jika wisatanya satu keluarga. Rute ke Lampung sama saja seperti di atas, ke Merak dulu, menyeberang ke Bakauheni, baru menuju Bandar Lampung.

5. Bawa Motor Sendiri

Jarak dari Jakarta ke Lampung yang tidak begitu jauh membuat banyak juga pencinta motor yang suka touring, naik motor untuk menuju ke Lampung. Faktor keselematan tentunya harus diperhatikan bagi anda yang ingin menggunakan motor.

Jika ingin membawa motor sendiri, ikuti saja penunjuk jalan berwarna hijua, tapi jangan ikuti jalan menuju jalan tol.

Jika ingin lebih mudah, datang saja ke Tanjung Priok dan menyeberang dari Tanjung Priok ke Panjang, anda bisa istirahat lebih lama di kapal.

6. Naik Travel

Cara terakhir untuk sampai ke Lampung dari Jakarta adalah dengan menggunakan travel. Banyak sekali travel yang melayanai perjalanan dari Jakarta dan sekitarnya sampai Lampung, baik itu Bandar Lampung, Pringsewu, Lampung Tengah, maupun Kota Metro.

Tarif travel Jakarta Lampung berkisar antara Rp250.000-Rp300.000 tergantung daerah mana yang anda tuju dan dari mana keberangkatan anda (Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, atau Depok).

Itulah tadi beberapa alternatif rute dan cara yang bisa anda pilih untuk bisa ke Lampung dari Jakarta. Silakan berkunjung ke Lampung dan nikmati semua tempat wisatanya.

0 komentar