Air Terjun Ciupang, Padang Cermin, Pesawaran Yang Mempesona

JelajahLampung.Com – Air Terjun Ciupang merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Kabupaten Pesawaran Lampung. Lokasinya berada di daerah pegunungan di daerah Padang Cermin, tepatnya di daerah Gunung Ratai, Kabupaten Pesawaran.

air terjun ciupang
foto Curup Ciupang by instagram: @banggapandawa

Air Terjun Ciupang atau Curup Ciupang sendiri terletak di Dusun Purwajaya, Pekon Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Air Terjun Ciupang merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Kabupaten Pesawaran.

Beberapa air terjun lain yang ada di Pesawaran di antaranya:

• Air Terjun Sinar Tiga.
  • Air Terjun Wiyono.
  • Air Terjun Hurun.
  • Air Terjun dan Dinding Batu Lubuk Bakak.
  • Air Terjun Way Awi.
  • Air Terjun Way Sabu
  • Air Terjun Kupu Jambu.
  • Air Terjun Tanah Longsor.
  • Air Terjun Batu Perahu.
  • Air Terjun Talang Rabun.

Rute ke Air Terjun Ciupang Pesawaran Lampung

Lokasi Air Terjun Ciupang sendiri cukup mudah ditemukan, karena memang tidak jauh dari perkampungan warga. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Bandar Lampung, sekitar 2,5-3 jam perjalanan saja, sudah termasuk waktu tempuh jalan kaki ke lokasi.

Curup Ciupang terletak di Kecamatan Padang Cermin, dan saya yakin, khususnya masyarakat Lampung pasti sudah sangat familiar dengan Kecamatan yang satu ini, terutama bagi yang suka jalan-jalan ke tempat wisata di Pesawaran Lampung.

Nah, untuk bisa sampai ke Air Terjun Ciupang Pesawaran, Lampung, bisa lihat peta di bawah ini:

Untuk mencapai Air Terjun/Curup Ciupang, dari Bandar Lampung kita mengambil jalan menuju arah Teluk Lampung, melewati Pantai Duta Wisata, Muncak Teropong Laut, Pantai Queen Artha, lalu Pantai Mutun.

Setelah lewat Pantai Mutun, akan ketemu Pasar Hanura, dari Pasar Hanura ini masih lurus terus menuju Pantai Sari Ringgung, lalu jalan lurus lagi mengikuti jalan utama melewati Pantai Dewi Mandapa, Dermaga Ketapang (Penyeberangan ke Pulau Pahawang), Pantai Klara, Pantai Batu Mandi, Yonif 9 Marinir.

Jika sudah sampai Batalyon Infanteri (Yonif) 9 Marinir, kita masih harus jalan sekitar 10-an km lagi sampai ketemu pertigaan, kalau ke kiri menuju Punduh Pidada/Teluk Kiluan/Marines Eco Park, dan kalau ke kanan menuju Padang Cermin/Kedondong.

Ambil arah kanan menuju Padang Cermin/Kedondong, jalan terus sampai ketemu Pasar Kluwih.

Setelah ketemu Pasar Kluwih, jalan lagi ke depan, sampai ketemu pertigaan, kalau lurus menuju Kedondong dan kalau ke kiri menuju Kelumbayan, Tanggamus.

Ambil yang arah kiri menuju Kelumbayan, lalu perjalanan dilanjutkan menuju Desa Sumberjaya, sampai ketemu SMP 1 Atap. Jangan sungkan untuk bertanya pada warga sekitar ya jika belum ketemu.

Jika ketemu SMP 1 Atap ini, tanya saja kepada warga menuju Dusun Purwajaya untuk selanjutnya menitipkan kendaraan di rumah warga.

Perjalanan selanjutnya menuju lokasi Air Terjun Ciupang memang harus ditempuh dengan jalan kaki, tidak bisa menggunakan kendaraan. Tapi cukup dekat kok, sekitar 10-15 menit perjalanan saja. Hati-hati ya, karena lokasinya cukup curam.

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan bus Damri dari Rajabasa menuju Hanura. Dari Hanura, naik angkutan umum bak terbuka yang ditutup, sampai ke Padang Cermin.

Dari Padang Cermin bisa dilanjutkan naik ojek.

Atau bisa juga naik angkot ke Teluk. Dari Teluk naik angkutan umum bak terbuka yang ditutup, sampai ke Padang Cermin, lalu naik ojek seperti di atas.

Pemandangan Curup Ciupang Yang Mempesona

Lokasi Air Terjun Ciupang yang “mblusuk” ini tentunya memiliki kelebihan tersendiri, yaitu pemandangan alamnya yang masih alami dan betul-betul indah. Masih belum banyak campur tangan manusia.

Ketinggian air terjun pun tidak kalah dengan air terjun-air terjun lainnya di Lampung seperti Air Terjun Lembah Pelangi di Ulu Belu dan Air Terjun Talang Ogan di Pulau Panggung.

Sesampainya di lokasi Curup Ciupang, saya yakin anda akan langsung terpesona oleh aliran air yang jatuh dari ketinggian dan menimbulkan suara khas.

Batu-batuan di air terjun ini memiliki tatakan yang bisa digunakan pengunjung untuk memanjat. Tidak jarang juga pengunjung yang berfoto-foto di atas batu-batu ini, dan hasilnya pun benar-benar keren.

Tapi, pengunjung harus berhati-hati di batu-batuan ini, jangan sampai terjatuh. Banyak batu yang masih terdapat lumut-lumut hijau yang licin, jika pengunjung melewatinya harus ekstra hati-hati.

Untuk menjaga kebersihan dan kealamian air terjun, diharapkan juga setiap pengunjung agar menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, dan juga tidak mencoret-coret batuan yang ada.

Mudah-mudahan Air Terjun Ciupang di Padang Cermin, Pesawaran ini bisa menjadi salah satu objek wisata favorit dengan dilengkapi fasilitas yang lebih lengkap dan diperbaiki juga akses menuju ke sana. Happy Traveling.