Minuman Khas Lampung Yang Harus Anda Coba Saat Liburan ke Lampung

JelajahLampung.Com - Selain punya makanan khas, Lampung juga punya minuman khas yang bakalan memanjakan Anda yang ingin liburan di Lampung. Rasa minuman khas Lampung pun gak bakalan kalah dengan minuman khas daerah lain seperti Jogja, Bandung, atau tempat lain yang sudah terkenal dengan kulinernya.

Pada kesempatan kali ini, mimin mau kasih tahu nih daftar minuman khas Lampung yang tentunya segar, beda dari yang lain, tradisional juga, tapi bukan minuman keras ya hehehe.

Ini minuman tradisional asli Lampung yang biasanya dimakan berbarengan dengan makanan khas Lampung.

Lampung sebagai daerah yang dulunya menjadi satu dengan Sumatera Selatan atau Palembang memang memiliki banyak kemiripan soal makanan dan minuman.

Namun, tetap saja ada yang beda antara Lampung dan Palembang, termasuk soal minuman khas Lampung.

Daftar Minuman Khas Lampung yang Patut Anda Coba


Makanan dan minuman khas lampung wajib banget Anda coba jika Anda sedang liburan di Lampung, biar makin berasa Lampungnya.

Nah, buat Anda yang ingin mengetahui informasi minuman khas Lampung, berikut ini tiga minuman tradisional khas Lampung yang mimin tahu. Jika ada yang kurang silakan ditambahkan lewat email ke tentang.lampung@gmail.com ya hehehe.

1. Serbat Kweni, minuman khas Lampung yang segernya gak ketulungan


Minuman khas Lampung yang pertama ada namanya Serbat Kweni atau ada juga yang menyebutnya dengan Sakhebat Kuwini.

Minuman segar khas lampung ini sangat cocok diminum setelah Anda makan makanan khas Lampung Seruit yang notabene berasa pedas menggoda.

Makanan Lampung selengkapnya, baca: 13 Makanan Khas Lampung yang wajib dicoba.

Selepas makan pedas dari Seruit, minum es serbat kweni sangat cocok banget, guna meredakan rasa pedas di lidah.

Minuman khas Lampung Serbat Kweni sendiri terbuat dari bahan dasar utama berupa mangga kweni yang memiliki cita rasa manis kecut tapi segar dan menyegarkan sehingga sangat pas buat meredakan rasa pedas dari seruit.

minuman khas lampung
foto Es Serbat Kweni by Instagram @hendrawan_agusta

Gak heran deh kalau orang Lampung minum minuman tradisional Lampung ini setelah menyantap lezatnya seruit.

Bayangin saja deh, pasti bakalan enak banget, siang hari makan nasi panas, dengan sambal seruit, gulai taboh, pindang, lalu minumnya es serbat kweni, langsung ngiler kan ngebayanginnya hehehe.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Serbat Kweni, selain mangga kweni, di antaranya ada jahe, gula merah/gula aren, dan daun pandan. Jahe campur mangga kweni, duh seger banget ya rasanya?

Kapan mau cobain minuman khas Lampung yang satu ini?

Jika ingin mencoba minuman serbat kweni, salah satu warung yang menjualnya adalah Rumah Makan Cikwo Lampung, silakan dicoba ya.

2. Durian Kopi Luwak, nikmatnya tiada tara


Lampung merupakan salah satu pusat penghasil kopi di nusantara, gak heran kalau orang Lampung pun pada doyan ngopi. Salah satu minuman tradisional daerah Lampung adalah minum kopi campur durian.

Selain kopi dan coklat, Lampung memang terkenal juga dengan duriannya. So, berbagai olahan durian pun banyak tersedia di Lampung, dan masyarakat Lampung pun biasa mengkonsumsinya dicampur dengan kopi.

Akan lebih nikmat lagi jika Anda mencicipi kopi luwak yang dicampur dengan daging durian, rasanya pasti punya sensasi tersendiri yang gak Anda jumpai di tempat lain.

Salah satu penghasil kopi luwak ada di daerah Lampung Barat. Pengin mencicipi durian kopi luwak? Silakan datang ke Lampung Barat dan di sana banyak sekali tersedia kopi luwak asli.

3. Es kacang merah durian pun bikin lidah meleleh


Macam macam minuman khas Lampung selanjutnya ada sup durian yang dikasih topping kacang merah, dimakan siang hari yang lagi panas-panasnya, duh seger banget deh di tenggorokan.

Nikmatnya buah durian, dicampur dengan empuknya kacang merah, membuat minuman ini menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Lampung.

Nah, itulah 3 minuman khas Lampung versi JelajahLampung.Com. Penasaran pengin mencicipi minuman tradisional Lampung? Buruan geh ke Lampung hehehe.

0 komentar