Lampung Horti Park: Tempat Wisata Keluarga Sekaligus Belajar Bercocok Tanam

JelajahLampung.ComLampung Horti Park: Tempat Wisata Keluarga Sekaligus Belajar Becocok Tanam.  Pernah denger Lampung Horti Park atau Taman Horti Lampung? Yah, namanya memang tidak seterkenal Pantai Sari Ringgung, atau Pantai Mutun, yang sudah langganan dijadikan tempat wisata keluarga masyarakat Lampung.

lampung horti park
Kantor Lampung Horti Park

Namun, kalau Anda mau tahu, Lampung Horti Park ini sebenarnya cocok banget lho dijadikan tempat wisata keluarga, apalagi kalau mengajak putra putri kesayangan Anda. Dijamin mereka akan senang bermain di tanah lapang sekaligus mengenal bercocok tanam di tempat ini.

Yap, sesuai dengan namanya, Lampung Horti Park, ada kata taman dan ada kata horti. Dari namanya saja sudah ketahuan, kalau tempat ini berbentuk sebuah taman, dengan luas lahan lebih dari 7 hektar. Lalu ada kata horti, yang menunjukkan kalau taman ini memang digunakan sebagai tempat untuk bercocok tanam.

Jadi, Lampung Horti Park atau Taman Horti Lampung ini kurang lebih merupakan lahan yang cukup luas, yang dimiliki oleh Pemprov Lampung, yang digunakan sebagai tempat bercocok tanam sekaligus tempat pendidikan juga.

Alamat Lampung Horti Park


Lampung Horti Park terletak di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Lokasinya tidak jauh dari Tugu Putri Sabah Balau dan Padang Golf Sukarame.

Dari padang Golf Sukarame, ambil arah ke Tanjung Bintang, lalu akan ketemu Tugi Putri/Perahu Sabah Balau, di tugu ini ambil arah belok kanan.

Jalan beberapa ratus meter saja, akan ketemu Lampung Horti Park dengan berbagai variasi tanamannya di sebelah kanan jalan. Kalau agak bingung, silakan buka saja Google Maps atau tanya kepada warga sekitar saat mau berkunjung ke Lampung Horti Park.

Lampung Horti Park ini diresmikan sekitar dua tahun lalu, tepatnya pada tanggal 17 Februari 2015. Di ulang tahunnya yang kedua, 17 Februari 2017, Lampung Horti Park kedatangan Menteri Pertanian dan tempat tersebut menggelar event panen raya.

Wah, tentunya bakalan seru dong panen raya di Lampung Horti Park bareng putra-putri Anda. Jika ada anak-anak PAUD, TK, atau SD yang ingin belajar mengenal pertanian, Lampung Horti Park ini juga cocok banget buat dikunjungi, untuk tempat belajar outdoor anak-anak.

Banyak juga anak-anak sekolah yang datang ke Lampung Horti Park untuk belajar mengenai tata cara bercocok tanam, termasuk belajar teknik hidroponik, pembibitan, dan pembuatan pupuk.

Tertarik ingin mengajak anak atau murid-murid Anda ke Lampung Horti Park?

Tanaman yang Ada di Taman Horti Lampung


Taman Horti Lampung memang masih butuh banyak pembenahan untuk menjadi salah satu tempat belajar sekaligus tempat wisata unggulan di Lampung. Namun demikian, dengan segala fasilitas yang ada selama ini, sudah cukup bagus juga dijadikan tempat belajar anak dalam mengenal dunia pertanian.

Nah, buat gambaran Anda yang mau datang ke Taman Horti Lampung, berikut ini beberapa tanaman yang ada di Lampung Horti Park Sabah Balau:

1. Tanaman Obat Keluarga (Toga)


Di Taman Horti Lampung ini kita akan menjumpai aneka tanaman obat keluarga yang ditanam di satu kompleks lahan khusus. Letaknya tidak jauh dari kantor Lampung Horti Park.

Tanaman obat keluarga yang ada di Lampung Horti Park di antaranya ada kumis kucing, kencur, kunyit, laos, daun sirih, dan masih banyak tanaman obat lainnya yang bisa Anda temukan di tempat ini.

kumis kucing lampung horti park
Tanama Kumis Kucing

Sayangnya, saat JelajahLampung datang ke sana, tidak ada tulisan nama-nama tanaman yang ada di sana sehingga banyak juga yang tidak JelajahLampung ketahui nama tanamannya. Kalau ada penunjuk nama tanamannya, mungkin bakalan lebih berguna lagi ya untuk belajar mengenal tanaman obat keluarga, apalagi kalau ditambah dengan keterangan khasiat dan cara penggunaannya.

2. Tanaman Sayuran di Lampung Horti Park


Di Lampung Horti Park ini, kita akan menjumpai lahan yang ditanami sayur-sayuran, yang didominasi sayur kangkung, bayam, cabe, dan sawi.

sayuran di lampung horti park
bayam dan kangkung

Cara penanaman sayurannya ada yang ditanam di lahan pertanian seperti biasa, ada yang di pot/polibag, dan ada juga yang menggunakan sistem hidroponik.

hidroponik lampung horti park
Hidroponik

Jadi, di Lampung Horti Park ini kita juga bisa sekalian belajar cara bercocok tanam secara hidroponik.

3. Bunga-bunga yang Indah


Di Lampung Horti Park, ditanam juga pohon-pohon bunga yang indah dengan aneka jenis dan warna-warninya. Cantik banget deh buat dijadikan foto-foto instagram :)

bunga di lampung horti park
bunga bunga cantik

Bunga yang ada di Lampung Horti Park di antaranya ada bunga mawar, anggrek, bunga matahari, dan beberapa jenis bunga lainnya.

4. Buah-buahan Taman Horti Lampung


Dengan lahannya yang begitu luas, maka Taman Horti Lampung ini dapat ditanami begitu banyak jenis tanaman. Begitu halnya dengan buah-buahan. Ada banyak sekali tanaman buah-buahan yang ada di Taman Horti Lampung.

Beberapa jenis buah yang ditanam di Taman Horti Lampung di antaranya ada pisang, pepaya, sawo, alpukat, salak, belimbing, mangga, dan labu.

belimbing lampung horti park
Pohon Belimbing

Gimana, tidak ingin mengajak buah hati Anda mengenal aneka ragam tanaman beserta cara bercocok tanam di Lampung Horti Park?

Tiket masuknya gratis kok, dan yang jelas bermanfaat banget buat pembelajaran si buah hati. Cobain ya untuk wisata keluarga ke Lampung Horti Park, Insyaa Alloh bisa menjadi wisata alternatif keluarga Anda di Lampung. Salam JelajahLampung.

0 komentar