Pantai Karang Bebai, Cukuh Balak, Tanggamus, Si Karang Gigi Hiu Baru Yang Eksotis

JelajahLampung.Com - Pantai Karang Bebai, Cukuh Balak, Tanggamus, Si Karang Gigi Hiu Mini Yang Eksotis. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Teluk Kiluan, lalu melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Layar atau Pantai Karang Gigi Hiu, Anda pasti akan terpesona dengan keindahan batu karangnya yang unik.

Nah, ternyata tidak hanya di daerah Teluk Kiluan nih yang punya pantai dengan pemandangan batu karang yang mengagumkan, di Lampung juga masih ada pantai lainnya yang ternyata tidak kalah menarik dengan Pantai Karang Gigi Hiu, yaitu Pantai Karang Bebai, yang dijuluki sebagai Pantai Karang Gigi Hiu Mini.

pantai karang bebai tanggamus
picture by instagram: @hendrik_yunianto

Kalau dilihat-lihat, memang agak mirip sih keberadaan Pantai Karang Bebai dengan Pantai Karang Gigi Hiu. Sama-sama pantai dengan batu-batu karang yang menjulang tinggi dan batu-batu karang ini tersebar di berbagai lokasi.

Keberadaan Pantai Karang Bebai semakin melengkapi keberadaan pantai-pantai lainnya yang ada di Cukuh Balak dan semuanya masih alami benar.

Lokasi Pantai Karang Bebai Cukuh Balak Tanggamus


Pantai Karang Bebai atau Karang Bebay terletak di Pekon Tengor, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Cukuh Balak memang terkenal dengan pantai-pantainya yang masih alami dan cantik-cantik untuk dikunjungi.

Jarak dari Terminal Rajabasa Bandar Lampung ke Pantai Karang Bebay ini kurang lebih sekitar 91 kilometer. Hampir sama dengan jarak Terminal Rajabasa ke Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Berikut ini peta untuk menuju Pantai Karang Bebay yang ditunjukkan oleh Google Maps:


Rute untuk menuju Pantai Karang Bebay dapat dicapai melalu empat alternatif jalan, yaitu lewat Gedong Tataan (Pesawaran), Pringsewu, Kota Agung (Tanggamus), dan Padang Cermin. Jalan yang paling mudah ditempuh adalah jalan lewat Gedong Tataan dan Lewat Pringsewu.

Kalau Lewat Gedong Tataan seperti yang ditunjukkan oleh Google Maps di atas, persis setelah Pasar Gedong Tataan, lewat Gapura Besar, akan ada jalan ke kiri, menuju Kompleks Pemda Pesawaran/Kedondong. Masuk ke jalan ini untuk menuju Pantai Karang Bebai, Tengor, Cukuh Balak.

Setelah itu, ujung-ujungnya akan ketemu Jalan Pardasuka, Jalan Gatot Subroto, hingga sampai ke Pantai Karang Bebai. Setelah Jalan Gatot Subroto, perjalanan kita akan melewati pantai-pantai cantik di daerah Cukuh Balak, Tanggamus.

Sedangkan kalau mau lewat Pringsewu, jalurnya adalah: Bandarlampung-Pringsewu-Ambarawa-Pardasuka-Limau-Cukuh Balak.

Akses Menuju Pantai Karang Bebay


pantai karang bebai cukuh balak tanggamus
foto di instagram

Pantai Karang Bebay, Pantai Tengor, dan pantai-pantai lainnya di Kecamatan Cukuh Balak merupakan salah satu potensi tempat wisata di Tanggamus yang sangat potensial untuk dijadikan tempat wisata unggulan.

Sayangnya, seperti tempat-tempat wisata lain di Lampung, masalah utama dalam pengembangan pariwisata di Lampung adalah soal infrastruktur dan keamanan.

Untuk permasalahan infrastruktur, yang pertama adalah jalan-jalan yang masih banyak yang rusak. Untuk mencapai Pantai Karang Bebai ini, kita harus bersiap-siap melewati jalan onderlagh serta jalan tanah berbatu, karena belum semua jalan diaspal, dan banyak juga aspal yang terkelupas.

Permasalahan infrastruktur yang kedua, belum ada angkutan umum yang menuju Cukuh Balak ini, sehingga wisatawan yang mau berlibur ke Cukuh Balak ini mau tidak mau harus membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan.

Yah, memang begitulah kondisi pariwisata di Lampung, masih banyak kekurangan yang harus dibenahi pemerintah.

Selain masalah infrastruktur, faktor lain yang menyebabkan pariwisata di Lampung tidak berkembang optimal adalah karena faktor keamanan. Jalan-jalan menuju Cukuh Balak ini terbilang jalan yang sepi, karena akan melewati juga daerah hutan, dan daerah-daerah ini juga rawan kejahatan.

Jangankan di tempat sepi, di keramaian kota Bandar Lampung saja, begal masih bisa berkeliaran. Ini tentu menjadi PR bersama untuk membuat Lampung menjadi lebih aman dan bersahabat bagi para wisatawan sehingga siapa pun yang mau menghabiskan uangnya di Lampung tidak pernah takut untuk datang ke Lampung, bahkan akan ketagihan.

Indahnya Pantai Karang Bebai


Pantai-pantai di Cukuh Balak masih banyak sekali yang perawan, belum dikelola sebagai tempat wisata secara resmi, dan pasir putihnya pun kece-kece semua. Pantai Karang Bebai merupakan salah satunya.

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Karang Bebai ini menggunakan motor, saran saya sih agar datang jangan sendirian, untuk keamanan Anda sendiri. Kalau bisa datang beramai-ramai supaya lebih aman.

Sesuai dengan namanya, di Pantai Karang Bebai ini kita akan menjumpai pantai berpasir putih, dengan latar belakang utama berupa batu-batu karang yang menjulang indah, cantik sekali untuk foto-foto selfie, kemudian di pajang di instagram.

Warga Cukuh Balak dan sekitarnya biasanya datang ke Pantai Karang Bebai ini bersama keluarga, menggelar tikar, lalu makan bareng di sini. Duh, asyik benar, menikmati sepoi-sepoi angin, dengan pemandangan eksotis, liburan bareng keluarga.

Bukan cuma keindahan batu karangnya yang mempesona, banyaknya pohon kelapa serta air laut yang berwarna biru jernih juga membuat siapa pun yang pernah datang ke sini ingin balik lagi berkunjung.

Kalau Anda berkunjug ke Pantai Karang Bebai di saat laut sedang surut, Anda akan menjumpai cekungan-cekungan batu karang yang membentuk laguna-laguna berisi air jernih. Bakalan makin asyik deh liburan Anda di Pantai Karang Bebai, bisa mandi di laguna musiman ini.

Gimana, tidak tertarik untuk datang ke Pantai Karang Bebai dan pantai-pantai perawan lain di daerah Cukuh Balak?

Kalau Anda sampai gak ngiler, kebangetan hehehe.

Nah, demikianlah ulasan singkat Pantai Karang Bebai, Cukuh Balak, Tanggamus, Lampung, dari JelajahLampung.Com. Pantai Karang Bebai ini recommended banget buat dikunjungi bagi Anda yang hobi travelling. Selamat berkunjung ya.

0 komentar