Danau Hijau Ulubelu, Tempat Hang Out di Lampung yang Seru

jelajahlampung.com - Danau Hijau Ulubelu, Tempat Hang Out di Lampung yang Seru. Hai sahabat jelajahlampung yang super keren, cantik, kece, baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong. Terima kasih atas kunjungannya kali ini ya hehehe. Jangan lupa kasih saran untuk memperbaiki blog ini :)

Sahabat jelajahlampung yang saya sayangi (ceileeee), kali ini kita jalan-jalan ke Tanggamus dulu ya, tepatnya di Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Ngomong-ngomong soal Ulubelu, sudah pada tahu belum letaknya di mana?


Kalau belum pada tahu, sebagai gambaran awal, begini ya lokasinya.

Kalau Anda berangkat dari Bandar Lampung, lalu melewati jalan lintas barat Sumatera, maka Anda akan melewati Kemiling, Pesawaran (Gedong Tataan dll), Gading Rejo, Pringsewu, Pagelaran, Talang Padang.

Nah, di Talang Padang ini, sekitar 1 km setelah Pom Bensin Talang Padang, beberapa ratus meter sebelum pasar Talang Padang, akan ada pertigaan dengan papan penunjuk menuju Bendungan Batutegi Air Naningan.

Nah, di pertigaan ini, ambil kanan, jalan lurus terus ke arah Bendungan Batutegi, sampai ketemu simpang, di mana kalau ke kanan ke arah Air Naningan/Bendungan Batu Tegi, kalau lurus ke arah Ulubelu.

Ambil jalan yang lurus dan dari situ akan ketemu deh Ulubelu.

Sesampai di Ulubelu, kita akan menemukan salah satu Objek Wisata yang dibuka pertengahan tahun 2015 lalu, yaitu Danau Hijau Ulubelu Tanggamus.

Lokasi Danau Hijau Ulubelu Tanggamus


Danau Hijau Ulubelu Tanggamus
Foto Danau Hijau Ulubelu


Danau Hijau terletak di Desa Muaradua, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus Lampung. Dari Kota Bandar Lampung berjarak sekitar 90 km atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3-3,5 jam.

Jika Anda ingin jalan-jalan ke Air Terjun Lembah Pelangi, pasti Anda akan melewati Danau Hijau Tanggamus ini. Danau ini terletak persis di pinggir jalan raya Ulubelu, di sebelah kiri jalan, tepat setelah Anda melewati PGE Ulubelu.

Saya yakin Anda tidak akan nyasar deh saat berkunjung ke Danau Hijau Ulubelu ini. Dari Talang Padang, tinggal jalan lurus terus mengikuti jalan menuju Ulubelu. Nanti, setelah melewati Kecamatan Pulau Panggung, dan masuk ke Kecamatan Ulubelu, kita akan mendapati jalanan khas pegunungan dengan jalanan yang letter S, naik turun, dan tidak jarang kita jumpai tanjakan dan turunan yang curam dan berkelok-kelok.

Asyik sekali berkendara di jalan ini, benar-benar sensasi tersendiri melewati jalanan pegunungan, hanya saja kita harus ekstra hati-hati, kalau tidak ingin terjun ke jurang yang ada di sebelah kiri jalan.

Mau bunuh diri? Jalanan ke arah Ulubelu ini tempat paling pas buat Anda, tinggal terjun saja dan jurangnya sangat dalam hehehehe. Eh, cuma bercanda doang ya, jangan  dianggap serius hihihi.

Nah, bukan jalannya saja yang bikin deg-deg ser, enaknya jalanan ke arah Danau Hijau Ulubelu, kita juga bakalan ditemani sama harumnya bunga-bunga kopi nih kalau pohon-pohon kopi yang ada di pinggir jalan baru mau berbuah. Duh, wangi bener, harum sekali tercium oleh hidung. Jarang-jarang kan mencium aroma bunga kopi?

Ulubelu memang terkenal sebagai salah satu tempat penghasil kopi terbesar di Lampung.

Pokoknya, jalanan menuju Danau Hijau dan Air Terjun Lembah Pelangi ini benar-benar indah, dengan view pegunungan yang cantik, sejuk, alami, enak dipandang oleh mata.

Danau Hijau Ulubelu = Danau Air Panas


Sesuai dengan namanya, Danau Hijau di Ulubelu Tanggamus ini memiliki air yang berwarna hijau. Bukan cuma airnya yang berwarna hijau, danau ini juga konon mengandung bongkahan belerang yang mendidih di dasar danau, sehingga air Danau Hijau juga menjadi panas.

Saat saya berkunjung ke Danau ini, saya juga tidak berani memegang airnya, karena kelihatan panas. Tapi untuk membuktikan benar atau tidaknya, silakan berkunjung sendiri ya ke Danau Hijau dan silakan pegang airnya :)

Danau Hijau ini sebelumnya tertutup ilalang sehingga tidak kelihatan ada danau di daerah tersebut. Namun, sejak ilalang dibabat, muncullah tempat yang cukup menarik untuk dijadikan tempat hang out di sore hari, tempat nongkrong, dan tempat ngobrol bersama orang terkasih di pinggir danau.

Fasilitas Danau Hijau Tanggamus


fasilitas danau hijau tanggamus
Pondokan di pinggir danau hijau

Di pinggiran danau hijau disediakan pondokan yang bisa dijadikan tempat berteduh pengunjung di siang hari, atau tempat duduk-duduk pengunjung.

Mengingat tempat ini belum lama dibuka, jadi wajar kalau fasilitasnya belum terlalu lengkap. Tapi kalau urusan makan, jangan khawatir, karena di lokasi ini terdapat warung-warung makan yang menjual makanan dan minuman.

Oh iya, jika ingin berkunjung ke Danau Hijau dan Air Terjun Lembah Pelangi di Ulubelu, jangan lupa untuk mengisi bahan bakar full dulu ya. Jangan sampai kehabisan bahan bakar di pertengahan perjalanan.

Sahabat jelajahlampung, kiranya sampai sini dulu ya jalan-jalan kita ke Danau Hijau Ulubelu Tanggamus, Lampung. Kita lanjutkan lagi nanti dengan jalan-jalan ke tempat wisata di Lampung yang lain. Terima kasih atas kunjungannya, mudah-mudahan Lampung makin maju :)

0 komentar