7 Tempat Wisata di Metro Lampung, Cobain Yuk!

jelajahlampung.com - Tempat Wisata di Metro Lampung. Kota Metro merupakan sebuah kotamadya yang berada di tengah-tengah Provinsi Lampung. Kota Metro tidak memiliki garis pantai, sehingga di sini tidak akan kita jumpai wisata bahari.

Kota Metro Lampung dulunya merupakan ibu kota dari Kabupaten Lampung Tengah, lalu menjadi daerah otonom baru memisahkan diri dari Lamteng.

Tempat wisata di Kota Metro Lampung sebenarnya tidak terlalu banyak, mengingat tempat ini tidak memiliki garis pantai maupun dataran tinggi.

tempat wisata di metro Lampung
Gora Warak di Kota Metro Lampung

Namun, bukan berarti kota Metro Lampung tidak asyik untuk dikunjungi. Kota Metro ini lebih tenang dibandingkan dengan Kota Bandar Lampung.

Tempat Wisata di Metro Lampung yang Kekinian


Nah, sahabat jelajahlampung sekalian, tanpa panjang lebar, berikut ini daftar tempat wisata di Metro Lampung yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi liburan anda:

#1. Taman Merdeka Kota Metro


Tempat wisata Kota Metro Lampung yang pertama adalah Taman Merdeka. Taman ini merupakan tempat favorit warga Metro untuk berkumpul, menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, menikmati hiburan, dan tempat olah raga di hari Minggu pagi.

Keberadaan Taman Merdeka ini ibarat alun-alun kota. Di sebelah barat dari taman kota ada Masjid Taqwa, masjid milik Kota Metro.

Taman Merdeka berada persis di pusat Kota Metro sehingga tempat ini sangat mudah dijangkau oleh pengunjung.

Tempatnya asyik benar buat nongkrong di sore hingga malam hari. Anak-anak juga akan senang sekali diajak liburan di sini, bisa menikmati odong-odong, atau berlari-lari sepuasnya di tanah lapang.

#2. Goa Warak dan Goa Macan Putih/Sireng Metro


Kota Metro juga punya dua buah goa, yaitu Goa Warak dan Goa Macan Putih atau Goa Sireng. Goa ini terletak tidak jauh dari Stadion Tejosari 24 Kota Metro.

Sebenarnya, cuma Goa Warak saja yang masuk ke dalam wilayah Kota Metro, sementara Goa Macan Putih masuk ke wilayah Lampung Timur.

Tapi jangan membayangkan kalau Goa ini merupakan goa yang besar yah. Goa Warak dan Goa Macan Putih hanyalah goa kecil yang sekarang ini pengelolaannya sama sekali tidak disentuh oleh Pemerintah Kota Metro.

Tidak jauh dari Goa Warak, ada air terjun mini yang bisa kita nikmati juga.

#3. Dam Raman Kota Metro


dam raman kota metro

Tempat wisata di Metro Lampung selanjutnya adalah Dam Raman atau Wisata Alam Dam Raman. Dam atau Bendungan yang terbuat dari sebuah danau ini terletak di Kelurahan Purwoasri, Metro Utara, Kota Metro.

Dam Raman memiliki luas sekitar 26 hektar, terdiri atas 24 hektar lahan eks Bengkok dan 2 hektar hutan sengon.

Hanya saja, dam ini kurang terawat, tidak ada kepedulian dari pemerintah Kota Metro. Perairan Dam Raman hampir semuanya tertutup encek gondok. Jika dibersihkan seperti Bendungan Batutegi, saya yakin tempat ini akan terlihat lebih cantik dan menarik.

Di Dam Raman kita tidak hanya menikmati pemandangan alamnya, namun kita juga bisa memancing, ngabuburit di Kanal Way Bunut, dan menikmati jembatan gantung yang cantik. Jika ingin melihat bendungan dari atas, kanal Way Raman adalah tempat yang tepat.

#4. Perkebunan Jeruk Margototo


Pengin menikmati buah jeruk metik sendiri dan dimakan di bawah pohonnya? Datang saja ke Metro Kibang, yang sebenarnya masuk ke wilayah Kabupaten Lampung Timur, bukan kota Metro. Namun, pada tulisan saya kali ini, saya masukkan ke tempat wisata metro Lampung karena lokasinya memang dekat dengan Metro.

Perkebunan jeruk Margototo memang berada persis di perbatasan antara Kota Metro dengan Lampung Timur.

Di Kebun Jeruk Margototo kita bisa menikmati buah jeruk BW, metik sendiri, bisa dimakan di tempat atau dibawa pulang.

Kebun jeruk ini milik pribadi, yaitu Bapak Suherman dengan luas sekitar 1/2 hektar. Tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi kebun jeruk di daerah Margototo, Metro Kibang ini.

#5. Buah Naga Organik Metro


Masih ada satu lagi agrowisata yang dapat kita kunjungi di Kota Metro Lampung, yaitu Perkebunan Rezeki Jaya Organik yang dimiliki oleh Wibowo.

Perkebunan buah naga organik ini terletak di 21D, Yosomulyo, Metro Pusat, Kota Metro. Perkebunan ini telah dimulai sejak tahun 2013 dan sudah mulai dibuka untuk umum di akhir tahun 2015 lalu,

Bagi yang suka buah naga dan ingin membeli langsung dari sumbernya dengan memetik sendiri buah naga tersebut, langsung saja datang ke Perkebunan buah naga milik Wibowo di Kota Metro Lampung ini.

#6. Sawah Bertingkat Bantul Metro


Meskipun namanya "kota", tapi di kota Metro ini masih banyak kita jumpai areal persawahan. Nah, bagi sahabat jelajahlampung yang suka dengan suasana persawahan dan ingin foto-foto untuk diunggah di instagram atau media sosial, Anda bisa datang ke Bantul, Metro Selatan.

Bukan cuma Gading Rejo, Pringsewu saja yang cantik dengan areal persawahannya. Kota Metro juga punya pemandangan cantik berupa sawah bertingkat di Bantul, Metro Selatan.

Rasanya teduh banget kan melihat areal persawahan yang hijau?

#7. Taman Palem Indah Kota Metro


Taman Palem Indah Metro
Kolam renang Taman Palm Indah Metro

Meskipun tidak punya pantai, tapi Kota Metro juga punya wisata air lain selain Dam Raman, yaitu Taman Palem Indah. Tempat wisata di Metro yang satu ini terkenal dengan kolam renangnya. Seluruh masyarakat Metro dan sekitarnya saya yakin sudah pada kenal dengan kolam renang Taman Palem Indah.

Taman Palem Metro terletak di Jalan Jendral Sudirman No.262, Kelurahan Ganjar Agung, Metro Barat, Kota Metro. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 2 hektar. Wahana rekreasi di kolam renang Taman Palem Indah Metro di antaranya ada kolam anak, waterboom, ember tumpah, kolam renang, kolam perahu bebek.

Pondok Palem indah juga menyediakan arena outbond, pondokan, serta ruang meeting.

Demikian informasi Tempat Wisata di Metro Lampung. Yuk majukan pariwisata Lampung dengan menginformasikan tempat-tempat wisata yang ada di Lampung. Mudah-mudahan tempat wisata di Metro khususnya dan Lampung umumnya dapat menarik lebih banyak lagi wisatawan. Selamat menjelajahi Lampung.

2 komentar