10 Oleh2 Khas Lampung Yang Wajib Anda Bawa

Oleh2 Khas Lampung Yang Wajib Anda Bawa (jelajahlampung.com) - Gimana, sudah jalan-jalan keliling Lampung? Kalau sudah, saat Anda mau pulang, tentunya kurang afdhol kalau pulang dengan tangan kosong bukan?

Saat Anda sampai di rumah, tetangga, keluarga, atau sahabat Anda pasti akan menanyakan mana souvenir khas lampung? Mana jajanan khas Lampung? Mana Kerajinan khas Lampung? Atau mana oleh2 khas Lampung?

Oleh karena itu, wajib nih saat Anda jalan-jalan ke tempat wisata di Lampung, lalu sudah mencicipi kuliner di Bandar Lampung, pulangnya juga wajib beli oleh-oleh dari Lampung.

Nah, kali ini jelajahlampung mau kasih informasi seputar Oleh-oleh khas Lampung yang bisa Anda bawa ke rumah untuk Anda bagikan kepada keluarga, tetangga, sahabat, atau rekan kantor.

oleh2 khas lampung
Oleh2 Khas Lampung: sambal, kemplang, keripik, lempok durian

1. Bakso Khas Lampung Bakso Sony


Bakso Sony Lampung
Bakso memang ada di mana-mana, di seluruh tempat di Indonesia pasti ada bakso, namun rasa bakso yang satu ini berbeda dengan rasa bakso di daerah lain.

Itulah mengapa Bakso Son Haji Sony Lampung ini sangat terkenal dan orang yang sudah pernah mencicipi rasanya bakalan merasa ketagihan dan ingin merasakan lagi kenikmatannya.

Jika Anda berkunjung ke Lampung, kuliner Lampung yang satu ini memang sangat direkomendasikan untuk Anda coba.

Setelah memakan Bakso Sony di tempat, Anda pun ternyata bisa memesan bakso ini agar divakumkan lalu bisa deh dibawa sebagai Oleh-oleh khas Lampung.

Tidak perlu khawatir karena bakso ini tahan beberapa hari.

Gimana, pengin bawa Bakso Sony Lampung sebagai oleh-oleh Anda dari Lampung?

2. Oleh2 Khas Lampung Pempek


pempek lampungBukan cuma Palembang saja yang terkenal dengan pempeknya. Lampung juga punya banyak sekali Pempek yang terkenal dan rasanya pun sungguh memanjakan lidah Anda.

Jika Anda berkunjung ke Lampung, anda bisa menikmati jajanan khas Lampung di Jalan Mayor Salim Batubara.

Di daerah ini, banyak berdiri toko-toko Pempek dan Anda pun bisa memakannya di tempat.

Bagi Anda yang ingin membawa pulang pempek dari Lampung sebagai oleh-oleh, tinggal pesan saja dan akan dibungkuskan menggunakan kardus.

Jika tidak sempat jalan-jalan ke Lampung dan ingin memesan pempek Lampung, Anda bisa memesannya secara online karena banyak sekali penjual pempek Lampung Online, tinggal pilih saja.

3. Jajanan Khas Lampung: Lapis Legit


lapis legitSesuai dengan namanya, kue lapis legit merupakan kue yang terdiri atas lapisan-lapisan tipis kue dan rasanya begitu manis. Legit sesuai dengan namanya.

Kue lapis legit Lampung sendiri merupakan salah satu kue mewah dan harga kue lapis legit memang cukup berat di kantong.

Namun, sesuai dengan rasanya dan juga proses pembuatannya yang membutuhkan waktu cukup lama serta kesabaran ekstra.

Kue lapis legit sendiri kalau di Lampung biasanya disajikan di acara-acara hajatan, pesta, lebaran, atau pada acara-acara khusus.

Untuk mendapatkan kue lapis legit, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Lampung atau membelinya lewat online.

4. Oleh-oleh Khas Lampug Kopi Lampung


kopi lampungNah, oleh2 khas Lampung yang satu ini tentunya tidak boleh ketinggalan karena Lampung adalah salah satu surganya pencinta kopi di Indonesia. Lampung merupakan salah satu pemasok kopi terbesar di Indonesia.

Sudah tahu kan kalau Indonesia itu penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia? Wajar dong kalau orang Indonesia ini isinya tukang ngopi, di samping tukang ngrokok :)

Saat Anda berkunjung ke Lampung, jangan sampai terlewat oleh-oleh khas Lampung berupa kopi Lampung.

Kalau Anda ingin menikmati kopi Lampung di Bandar Lampung, bisa juga kok mampir di kedai-kedai kopi di Bandar Lampung yang cukup banyak bertebaran di mana-mana.

Dan kalau ingin menikmati harumnya kebun kopi sekalian wisata air terjun, datanglah ke Ulubelu, di sana Anda akan dimanjakan dengan wanginya bunga kopi sepanjang perjalan, lalu menikmati indahnya Danau Hijau dan Air Terjun Lembah Pelangi Ulubelu.

5. Keripik Pisang Lampung dan Aneka Keripik Lain


Keripik pisang Lampung memiliki aneka macam rasa dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh liburan Anda selama di Lampung.

Harga keripik pisang Lampung masih murah-murah. Apalagi jika Anda membeli langsung di Pusat Oleh-oleh keripik Lampung di Gang PU Bandar Lampung.

Selain membeli di Sentra Industri Keripik Lampung, Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Lampung ini di Toko Manisan Yen Yen di daerah Teluk. Toko ini selalu ramai pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh.

Bukan cuma keripik Lampung yang dijual di pusat oleh-oleh Lampung ini, Anda juga dapat menikmati keripik nangka, keripik ubi, aneka kelanting, keripik jagung, dan lain-lain.

6. Manisan Lampung


Lampung juga punya makanan khas berupa manisan. Bahan untuk membuat manisan biasanya salak, pepaya, pala, mangga, loba-lobi, dan buah-buahan lainnya.

Manisan sendiri merupakan makanan yang terbuat dari buah-buahan yang direndam di dalam larutan glukosa/gula dalam waktu tertentu. Karena direndam di dalam larutan gula, rasanya pun manis, makanya disebut manisan.

Manisan dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, karena buah-buahan ini diawetkan secara alami dengan dimasukkan ke larutan gula tadi. Larutan gula membuat buah menjadi tahan sangat lama.

7. Sambal Lampung Yang Khas


Tidak lupa juga, Lampung juga punya sambal khas yang sudah dimasukkan ke dalam toples kecil dan dijual di toko-toko oleh-oleh.

Para penggemar pedas wajib nih bawa oleh2 khas Lampung yang satu ini.

Sambal tradisional lampung sebenarnya adalah seruit dan sambal tempoyak. Sayangnya sambal ini belum ada yang dikemas untuk tahan lama.

Untuk menikmati seruit dan sambal tempoyak, Anda harus memakannya di tempat.

Sedangkan sambal khas lampung dijual di toko-toko adalah sambal yang bisa tahan lama. Sambal khas Lampung tersebut biasanya berupa sambal terasi lampung, sambal bawang lampung, sambal ikan peda lampung, sambal goreng udang lampung, dan sambal cuka.

Jangan lewatkan juga untuk membeli Sambal Ijo Lampung sebagai oleh-oleh.

8. Kemplang, Kerupuk Khas Lampung


Yah, masih mirip-mirip dengan Palembang, karena dulunya satu Provinsi, di Lampung juga ada kerupuk kemplang.

Kemplang sendiri merupakan kerupuk yang dibuat menggunakan bahan dasar utama sagu, ikan, telur, dan garam. Kemplang memiliki rasa gurih dan enak, dan paling nikmat dimakan dengan dicocol pada sambel yang biasanya satu plastik dengan kemplangnya.

Kemplang sangat mudah dijumpai di Lampung. Di pinggir jalan, di pelabuhan, di bandara, di toko-toko, banyak sekali dijual kemplang.

9. Lempok Durian


Lempok merupakan makanan yang mirip-mirip dengan dodol yang kita tahu proses pembuatannya membutuhkan waktu cukup lama dan tenaganya pun harus stamina.

Lempok durian Lampung menggunakan bahan dasar durian asli sehingga wajar kalau harganya sedikit lebih mahal, di samping proses pembuatannya yang butuh waktu dan tenaga ekstra. Namun, masih terjangkau kok oleh kantong-kantong Anda.

Satu kotak Lempok durian seberat 2 ons biasanya dijual dengan harga 30 ribuan.

10. Kerajinan Khas Lampung: Kain Tapis


tapis lampungKain Tapis merupakan salah satu jenis kerajinan khas masyarakat Lampung. Kain tapis sendiri mernurut wikipedia adalah pakaian wanita suku Lampung yang berbentuk kain sarung terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas dengan sistem sulam (Lampung; "Cucuk").

Jenis-jenis kain tapis banyak sekali dan bisa anda baca secara lengkap di wikipedia.

Nah, kain tapis Lampung ini bisa dijadikan oleh2 khas Lampung setelah Anda jalan-jalan ke Lampung.

Kain tapis hanya ada di Lampung karena kain ini memang khas milik masyarakat Lampung. Karena merupakan kain tenun, jadi jangan heran kalau kain tapis ini memilik harga yang cukup mahal.

Sahabat jelajahlampung, itulah tadi 10 Oleh2 khas Lampung yang bisa dijadikan referensi oleh-oleh anda saat berkunjung ke Lampung. Mudah-mudahan bisa membantu. Selamat berlibur di Lampung.

0 komentar