20 Kuliner di Bandar Lampung Yang Enak, Unik, Murah

jelajahlampung.com - Kuliner di Bandar Lampung yang Enak, Unik, dan Murah. Halo sahabat jelajahlampung di manapun anda berada, sudah pada laper belum? Sudah pada makan belum? Kalau perut masih pada kosong nih, enaknya kita bahas masalah makanan yah.

Yup, tidak jauh berbeda dengan daerah-daerah lain di Indonesia yang kaya akan makanan dan kulinernya, Lampung juga punya banyak tempat wisata kuliner yang layak untuk sahabat jelajahlampung kunjungi.

Tempat kuliner di Bandar Lampung saat ini sudah cukup banyak, menyebar di sepanjang pinggiran jalan raya, serta ada juga yang lokasinya memang tidak ingin dekat-dekat dengan keramaian.

Kuliner di Bandar Lampung Yang Enak, Unik, Murah


Berdasarkan hasil keliling JelajahLampung nih, setidaknya berikut ini wisata kuliner di Bandar Lampung yang bisa anda coba dengan rasa yang enak, harga ramah di kantong, dan makanannya pun khas dan unik.

1. Macarena Foodcourt Way Halim

kuliner di bandar lampung macarena foodcourt
Keramaian pengunjung Macarena Foodcourt

Way Halim adalah surganya kuliner di Lampung. Jika sahabat jelajahlampung ingin menikmati aneka macam kuliner Lampung, datang saja ke Jalan Sultan Agung, dari arah Mall Boemi Kedaton menuju Way Halim.

Di sepanjang Jalan Sultan Agung, akan Anda jumpai betapa banyaknya tempat kuliner dan tempat nongkrong di Bandar Lampung.

Bagi anda yang suka dengan makanan unik berupa mie ayam, bakmi, kwetiau mangkok yang unik karena dimakan semua termasuk mangkuknya, datang saja ke Macarena Foodcourt.

Harga makanan di Macarena Foodcourt ini sangat terjangkau di kantong Anda serta rasa makanan pun tidak usah ditanyakan lagi.

Macarena Foodcourt terletak persis di samping Samsung Superstore. Lokasinya mudah sekali ditemukan.

2. Bakso Sony Lampung


Siapa sih yang tidak kenal dengan bakso Sony Lampung? Bakso Sony adalah kuliner khas Bakso yang paling terkenal di Lampung. Rasa enak baksonya sudah terkenal bukan hanya di Lampung saja, tapi seluruh nusantara juga sudah mengenal kelezatan bakso yang satu ini.

Tidak heran, jika di internet bertebaran pedagang yang menjual bakso Sony secara Online. Jika anda berada di luar Lampung, anda bisa memesan bakso Sony ini yang divakumkan sehingga awet dan tahan berhari-hari.

Untuk menikmati kelezatan dan kenikmatan Bakso Sony Lampung di Bandar Lampung, Anda tidak akan kesulitan. Bakso Sony sendiri telah membuka cabang di berbagai tempat di Bandar Lampung dan jumlahnya sudah tidak terhitung lagi.

Selain membuka cabang di beberapa daerah di Bandar Lampung, Bakso Sony juga telah melebarkan sayapnya di beberapa tempat di luar Bandar Lampung.

Penasaran dengan rasa bakso legendaris dari Lampung ini? Yuk berkunjung ke Lampung dan jangan lewatkan untuk menikmati bakso enak ini.

3. Little Europe Citra Garden


Buat Anda yang ingin melihat Eropa Kecil di Lampung, datanglah ke kompleks Perumahan Citra Garden Lampung dan nikmati keindahan Little Europe Citra Garden Lampung.

Little Europe Lampung ini telah menjadi tempat ngehits di Lampung untuk foto-foto selfie karena keunikan dan keindahannya.

Kompleks Little Europe memang berbeda dibandingkan tempat kuliner lain di Lampung. Suasana di Little Europe ini akan membawa Anda seolah-olah berada di Eropa. Anda bisa berfoto di depan "Menara Eiffel" yang cantik, tidak harus jauh-jauh ke Paris :)

Little Europe Citra Garden memang didesain khusus sebagai tempat hiburan dan kuliner di Lampung bagi warga perumahan Citra Garden dan masyarakat Lampung pada umumnya.

Di tempat ini masyarakat Lampung dapat memesan aneka jenis makanan. Pada event-event tertentu, ada juga pertunjukan live music yang membuat pengunjung semakin enak menikmati kuliner di Little Europe.

4. Nasi Uduk Jengkol


Bagi sahabat jelajahlampung yang suka banget sama jengkol, cocok banget nih untuk mencicipi kuliner Lampung yang satu ini.

Datang saja ke Mal Lampung, dekat dengan pintu keluar area parkir akan Anda jumpai nasi uduk yang unik dan enak, yaitu nasi uduk Uje atau nasi uduk jengkol dengan harga yang cukup murah.

Kebanyakan nasi uduk di Lampung biasanya lauknya cuma sambal sama telor, tempe, tahu, bakwan, atau ayam.

Nasi uduk jengkol ini lebih lengkap lauknya karena selain sambal dan jengkol, Anda juga bisa memilih lauk tambahan seperti ayam, telur dadar, tempe goreng, atau tahu goreng.

Gimana, mau coba?

5. Rumah Makan Gudeg Jawa


Bagi anda yang merindukan makanan khas Jogja, anda dapat berkunjung ke Jalan Putri Balau Gang Mangga, Kedamaian, Bandar Lampung. Di sini anda akan menemukan Warung Gudeg Jawa yang menyajikan makanan utama berupa gudeg.

Gudeg memang mempunyai rasa spesial, dengan rasa masakannya yang manis yang bikin kangen para penggemarnya.

Jika tidak ingin jauh-jauh datang ke Kedamaian, dan ingin memesannya dari rumah, Anda bisa memesan Nasi Gudeg dari Rumah Makan Gudeg Jawa ini lewat ojek kuliner, atau bisa menghubungi 0852 796 25 885 atau 0721 259 153 kalau mau pesan banyak, misal acara kantor atau pesta.

Keberadaan Rumah Makan Gudeg Jawa ini semakin menambah cita rasa kuliner Lampung yang semakin beragam, buka hanya pempek dan makanan khas Lampung lainnya.

6. Yu-One Milk Street Cafe


Mau susu sapi murni? Datanglah ke Yu-One Milk Street yang berada di Jalan Sultan Agung, Way Halim, Bandar Lampung ini.

Tidak hanya menikmati susu sapi murni yang hangat, Anda juga bisa menikmati roti bakar di tempat nongkrong anak muda ini.

Lokasinya persis ada di pinggir jalan raya dengan konsepnya mengusung street cafe.

Jika anda hobi nongkrong dengan teman-teman, tempat ini sangat cocok karena suasananya pas dan harganya juga sangat ramah di kantong.

Aneka menu susunya memiliki aneka varian rasa yang dapat Anda pilih.

Paling enak datang ke sini kalau cuaca sedang dingin, lalu ngumpul sama temen sambil menikmati susu murni yang hangat. Hmm, lezatnya.

7. Nasi Uduk Toha


Jika masyarakat Bandar Lampung ditanya, nasi uduk apa yang paling terkenal, jawabannya adalah Nasi Uduk Toha.

Ya, nasi uduk ini memang merupakan warung nasi uduk yang paling laris di Bandar Lampung. Setiap harinya selalu ramai diserbu pengunjung.

Nasi uduk Toha terletak di Jalan Diponegoro Bandar Lampung, tidak terlalu jauh dari Masjid Al Furqon Bandar Lampung, sekitar 300 meter ke arah Teluk.

Menu yang paling digemari adalah Nasi Uduk ayam kampung yang super lezat.

8. Kedai Mie Aceh Jambo Raya


Kedai Mie yang satu ini begitu ramai pengunjung pada malam hari. Kedai ini dikelola oleh warga Bandar Lampung yang memiliki keturunan dari darah Aceh sehingga wajar kedai ini begitu sukses.

Lokasinya tidak jauh dari Lapangan Softball Way Halim, dan berada persis di Lampu Merah persimpangan jalan Sultan Agung dan Jalan Arif Rahman Hakim.

Menu istimewanya adalah Mie Aceh, Nasi Goreng Aceh, Martabak Aceh, dan Kue Timpan. Untuk menu minuman, yang paling istimewa ada tek tarik, kopi telur, dan kopi Aceh.

Kalau mau datang ke kedai ini untuk sekedar ngopi-ngopi doang boleh kok. Kedai ini memang merupakan tempat nongkrong yang selalu ramai di Bandar Lampung.

9. Oops Pujasera Way Halim


Di seberang Kedai Mie Aceh Jambo Raya, ada pusat jajanan serba ada, namanya Oops Pujasera. Dari luar pujasera, parkir mobil dan motor terlihat begitu ramaianya.

Pusat kuliner Lampung yang satu ini selalu diserbu pengunjung terutama di malama hari dan paling ramai di akhir pekan.

Bukan cuma anak muda saja yang menikmati kuliner lampung di Oops Pujasera, banyak juga keluarga yang datang ke sini membawa anak-anak mereka, karena di pujasera ini disediakan juga ayunan buat anak-anak lho.

Sangat friendly deh buat anak-anak kecil, dengan pilihan makananannya yang sangat beraneka ragam. Sangat disayangkan kalau belum merasakan wisata kuliner lampung di Oops Pujasera ini.

10. Central Kuliner Lampung


Kalau kebanyakan pusat kuliner ada di Way Halim, kali ini Gang PU, di tengah-tengah industri UMKM Keripik Lampung, ada satu pujasera yang merupakan kebanggaan masyarakat Lampung, yaitu Central Kuliner Lampung.

Keberadaan Central Kuliner Lampung ini mungkin baru satu-satunya di daerah Gunung Terang dan sekitarnya sehingga nyaris tanpa saingan.

Tidak berbeda dengan tempat kuliner lainnya, tempat kuliner yang satu ini juga ramai sekali dengan pengunjung.

Dalam keadaan hujan deras dan gerimis pun Central Kuliner Lampung tetap ramai dikunjungi anak-anak muda Lampung.

Belum pernah ke Central Kuliner Lampung?

11. Griya Oebi


Yang unik dari Griya Oebi ini adalah bahan yang digunakan untuk membuat mie. Jika biasanya mie dibuat dari tepung terigu, mie di Griya Oebi ini dibuat dari Ubi Cilembu yang rasanya manis.

Menu-menu yang disajikan di Griya Oebi Lampung ini di antaranya ada Mie Pangsit Oebi, Soto Oebi, Roast Chicken Fillet Spicy, Bakso Goreng Penyet saus Kacang, Sosis Goreng Saus Kentang, French Fries, Tempe Kemul Spicy, Ice Cream Oebi, dan masih banyak sekali jenis makanan dan minuman yang disajikan.

Bagi anda yang ingin menikmati rasa mie yang unik karena terbuat dari Ubi Cilembu ini silakan datang saja ke Jalan Pajajaran, Kelurahan Gunung Sulah, Bandar Lampung untuk mencicipi wisata kuliner di Lampung yang unik ini.

12. Ikan Bakar Gembul


Ikan Bakar Gembul atau IBG Lampung kembali melengkapi keberadaan tempat kuliner di Way Halim Bandar Lampung.

IBG ini berada di depan pom bensin jalur dua Way Halim, tepatnya di Jalan Sultan Agung Nomor 999 Bandar Lampung.

Menu yang disediakan antara lain Kerang Hijau Saos Padang, Gurame Bakar Jimbaran, Kepiting Asam Manis, Cumi Gembul Saos Padang, dan aneka olahan ikan lainnya seperti ikan simba, ikan kerapu, gurame, bawal, serta ikan lain.

Jika ingin memesan tempat untuk acara ulang tahun, makan bareng temen kantor, atau acara lain bisa menghubungi WA/Line:081369569972, Call/Sms:089671190333, IG/FB:ikanbakargembul.

13. Manami Cafe


Hanya beberapa meter dari Macarena Foodcourt, akan Anda temukan Resto dan Cafe lainnya berupa Manami Street Food.

Manami Street Food ini mengusung cafe dan resto street atau jalanan dan di sini Anda bisa memesan aneka kuliner Jepang yang murah dan ramah di kantong.

Di Manami Street Food Anda bisa memilih mau menikmati kuliner di luar ruangan (outdoor) atau di dalam ruangan (indoor).

Bukan cuma masakan Jepang, di Manami Street Food ini Anda juga bisa memesan masakan nusantara dengan rasa masakan khas yang pedas.

Manami Street Food buka dari pukul 11.00 siang sampai pukl 23.00 malam.

14. Rumah Kayu


Jika ingin menikmati kuliner dengan suasana taman yang hijau dengan pepohonan yang banyak dan rindang, Rumah Makan Kayu Lampung adalah pilihan yang sangat tepat.

Rumah Makan Kayu ini tempatnya sangat asyik untuk menikmati kuliner ramai-ramai. Begitu masuk rumah makan kayu, serasa tidak berasa di dalam rumah makan, tapi serasa berada di taman yang sejuk dan indah.

Kuliner Rumah Kayu Lampung ini beralamat di Jalan Arif Rahman Hakim Nomor 45, Way Halim, Bandar Lampung.

Menu makanan di Rumah Kayu Lampung mayoritas adalah makanan nusantara seperti olahan berbagai jenis ikan, baik ikan tawar maupun ikan air laut, kepiting, udang, cumi, daging sapi, daging ayam, dan aneka jenis sayuran.

Untuk makanan luarnya ada beberapa jenis makanan China seperti sapotahu dan tomyam.

15. Rumah Makan Sendok Mas


Di sebelah Hotel Whize Prime Bandar Lampung, ada sebuah rumah makan yang recommended untuk penggemar pindang ikan, yaitu Rumah Makan Sendok Mas. Alamat lengkapnya ada di Jalan Ahmad Yani Nomor 30 Bandar Lampung.

Lokasinya tidak jauh dari Tugu Bundaran Gajah dan ada si sebelah kanan jalan.

Rumah Makan Sendok Mas buka dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 21.00 sehingga Anda bisa mencicipi sarapan, makan siang, sampai makan malam di Rumah Makan ini.

Menu favorit saya di Rumah Makan Sendok Mas adalah Pindang Ikannya yang super lezat, bahkan banyak juga pengunjung dari luar Lampung yang ketagihan dengan pindang ikan di rumah makan ini.

Pilihan pindang ikannya ada pindang ikan patin dan pindang ikan baung.

Selain menu pindang ikan, masih banyak sekali pilihan menu lainnya seperti pepesan, nasi bakar, nasi goreng, olahan ayam, bebek, ikan, cumi, daging sapi, sayuran, nasi uduk, lontong sayur, bubur ayam, dan masih banyak lagi pilihan makanan serta minumannya.

Patut dicoba deh kuliner Bandar Lampung yang satu ini.

16. Bebek Goreng H. Slamet


Suka dengan bebek goreng? Datang saja ke Warung Makan Bebek Goreng H Slamet Lampung di Jalan ZA Pagar Alam Nomor 59 Kedaton, Bandar Lampung.

Lokasinya terletak di tengah-tengah antara Perguruan Tinggi Teknokrat dan Pizza Hut/KFC Coffee Bandar Lampung.

Rumah Makan Bebek H Slamet Bandar Lampung merupakan cabang asli dari Kartosuro, dan bebek yang disajikan di sini mempunyai kekhasan dengan adanya sambal korek khas Kartosuro.

Tidak heran, Kuliner Bebek di Bandar Lampung ini selalu ramai pengunjung karena rasanya yang empuk dan gurih serta harganya pun ternyata sangat ramah di kantong.

Untuk para pencinta kuliner pencinta bebek, recommended deh tempat kuliner bebek di Lampung yang satu ini.

17. Sambal Lalap Lampung


Sambal Lalap Lampung melengkapi keberadaan sambal Lalap di kota-kota lain. Untuk rumah makan yang satu ini saya rasa tidak perlu saya ceritakan terlalu banyak, karena di kota-kota lain pun tempat kuliner yang satu ini sangat laris.

Anda pun saya yakin sudah pernah mendengar atau barangkali pernah mencoba mencicipi paket lele terbang dan aneka menu lainnya di Sambal lalap.

Untuk mencoba aneka makanan di Sambal Lalap Lampung langsung saja datang ke Jalan Diponegoro Nomor 192, Teluk Betung, Bandar Lampung. Jangan kaget dengan keramaiannya ya.

18. Mie Khodon


Lampung punya kuliner legendaris yaitu Mie Khodon yang berada di Jalan Ikan Bawal, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Mie Khodon sudah berdiri sejak tahun 1960 dan sampai sekarang kuliner Lampung yang satu ini masih saja diserbu pengunjung.

Jika bukan karena rasanya yang enak, tidak mungkin pengunjung Mie Khodon rela mengantri untuk mendapatkan mie kesukaannya.

Mie Khodon ini sebenarnya tidak berbeda dengan bakmie jawa atau mie tek-tek pada umumnya, hanya saja karena bahan baku mie ini dibuat sendiri sehingga cita rasanya pun berbeda dan khas.

Mau coba?

19. Pecel Lele Yanto Lamongan


Di belakang Oops Pujasera, satu kompleks dengan Cafe Babe, ada sebuah kuliner Lampung berupa Pecel Lele Yanto Lamongan 3.

Pecel Lele Yanto Lamongan memang dikenal dengan sambal terasinya. Konon, kalau sambal terasi sudah nempel di tangan, sampai 3 hari pun bau terasinya masih bersisa. Entah benar atau tidak, silakan buktikan sendiri. Tapi, di tangan saya sepertinya hilang juga sih baunya hehehe.

Banyak yang merekomendasikan kalau ke Lampung untuk mampir ke Pecel Lele Yanto Lamongan. Menu makanannya pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pecel lele lainnya, ada ayam goreng dan ayam bakar, lele goreng, lele bakar, ikan, dan lain-lain.

Harga yang ditawarkan juga tentunya masih sangat terjangkau dan ramah di kantong Anda.

20. Burung Dara dan Bebek Margo Joyo


Di daerah Palapa, persis di Lampu merah di ujung Jalan P Emir M Noer, dekat dengan Sekolah Pelita Bangsa Lampung, ada warung pecel lele, bebek goreng, dan burung dara yang setiap sore selalu ramai dengan pengunjung.

Rumah Makan tersebut adalah Rumah Makan Margo Joyo.

Rumah Makannya terlihat sederhana, tidak besar, tapi keramaian pelanggan tidak pernah berhenti. Di warung makan ini Anda bisa memesan burung dara goreng yang gurih.

Sahabat jelajahlampung yang berbahagia, gimana, tambah ngiler kan setelah membaca 20 Tempat Kuliner di Bandar Lampung ini? Kuliner Lampung sebenarnya masih banyak yang belum bisa JelajahLampung sebutkan, mudah-mudahan di lain kesempatan dapat kita bahas satu per satu.

Selamat menikmati wisata kuliner di Bandar Lampung.

0 komentar