16 Gunung di Lampung Yang Keren Dan Bisa Buat Dijelajahi

jelajahlampung.com - Gunung di Lampung Yang Keren Dan Bisa Buat Dijelajahi. Wisata di Lampung bukan sekadar pantai, waterboom, atau wisata pulau saja. Lampung juga ternyata punya banyak gunung nih yang cocok untuk dijadikan salah satu destinasi wisata sahabat jelajahlampung yang suka dengan tantangan.

gunung di lampung
Gunung Rajabasa, salah satu Gunung di Lampung

Buat para pencinta alam, sangat cocok juga mendaki gunung-gunung yang ada di Lampung. Nah, setidaknya, berikut ini daftar gunung yang ada di Lampung yang bisa Anda coba:

Gunung di Lampung 1: Gunung Anak Krakatau


Gunung yang satu ini sudah sangat terkenal. Banyak yang mengira kalau gunung ini masuk ke bagian Provinsi Banten. Eits, jangan sampai salah jawab ya. Gunung Anak Krakatau ini masuk ke dalam wilayah Provinsi Lampung ya guys.

Nah untuk mendaki ke Gunung Anak Krakatau ini, Anda harus menyeberang dulu ke Pulau Sebesi, bisa dari Dermaga Canti di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Setelah itu barulah menuju Pantai Anak Krakatau.

Gunung Anak Krakatau memiliki tanah yang berpasir sehingga harus berhati-hati saat mendaki gunung ini.

Pada saat ada acara Festival Krakatau, pendakian Gunung Anak Krakatau adalah salah satu agenda yang wajib dilaksanakan.

Gunung di Lampung 2: Gunung Rajabasa Lampung Selatan


Masih di kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, ada sebuah gunung yang cukup terkenal di Lampung, yaitu Gunung Rajabasa dengan ketinggian kurang lebih 1.300 mdpl.

Untuk mendaki Gunung Rajabasa, Anda bisa melaluinya lewat Desa Sumur Kumbang, sekitar 5 km dari Kota Kalianda.

Di puncak gunung ini ada kawahnya dengan ukuran sekitar 500 x 700 meter.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki dari Desa Sumur Kumbang sampai puncak Gunung Rajabasa sekitar 7 jam, lumayan bukan?.

Gunung di Lampung 3: Gunung Tanggang


Gunung Tanggang terletak di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1162 meter di atas permukaan laut.

Di Gunung Tanggang ini Anda bisa menikmati Air Terjun Tanggang dan juga berbagai keanekaragaman flora dan fauna. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan tantangan.


Gunung di Lampung 4: Gunung Ratai


Gunung Ratai terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung, satu deretan dengan Gunung Betung dan Gunung Pesawaran.

Gunung Ratai menyimpan banyak potensi air terjun.

Gunung di Lampung 5: Gunung Betung


Gunung Betung termasuk kedalam kawasan hutan konversasi yang dilindungi oleh negara dan merupakan daerah yang masuk kedalam kawasan hutan register 19 Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman.

Gunung Betung memiliki ketinggian sekitar 1.240 sampai dengan 1.640 dpl. Gunung ini masuk ke dalam wilayah Kota Bandar Lampung serta Kabupaten Pesawaran.

Gunung ini juga menyimpan kekayaan aneka air terjun.

Gunung di Lampung 6: Gunung Pesawaran


Dari arah kabupaten Pesawaran, akan kita lihat 3 buah Gunung yaitu Gunung Ratai, Gunung Pesawaran, dan Gunung Betung di mana Gunung Pesawaran ada di tengah-tengahnya.

Gunung ini merupakan Gunung tertinggi yang ada di Kabupaten Pesawaran dengan ketinggian sekitar 1.662 mdpl.

Gunung di Lampung 7: Gunung Tanggamus


Gunung Tanggamus merupakan Gunung tertinggi kedua di Lampung setelah Gunung Pesagi. Gunung terletak di Kabupaten Tanggamus dan memiliki ketinggian sekitar 2.102 mdpl.

Gunung Tanggamus merupakan salah satu Gunung Favorit para pendaki di Lampung, terutama para pencinta alam dari berbagai sekolah dan kampus.

Gunung di Lampung 8: Gunung Pesagi


Gunung Pesagi terletak di Kabupaten Lampung Barat. Gunung Pesagi adalah gunung tertinggi di Lampung dengan ketinggian sekitar 2.389 mdpl.

Masyarakat Lampung percaya bahwa di Gunung Pesagi inilah letak Kerajaan Sekala Brak yang merupakan cikal-bakal keturunan masyarakat Lampung.

Pemandangan dari Puncak Gunung Pesagi ini sangat indah. Dari Gunung Pesagi ini kita dapat menikmati pemandangan Danau Ranau, Pemukiman Masyarakat OKU, dan juga keindahan pemandangan Laut Lepas Krui dan Belimbing.

Di Gunung Pesagi kita juga dapat menikmati keindahan bunga anggrek yang beranekaragam serta beberapa satwa liar.

Gunung di Lampung 9: Gunung Sekincau


Sesuai dengan namanya, Gunung Sekincau terletak di Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat. Gunung Sekincau memiliki ketinggian sekitar 1.718 mdpl.

Di Gunung Sekincau ini ada air terjun yang cukup indah, yaitu Air Terjun Air Abang karena dasar dari air di air terjun ini berwarna merah, meskipun airnya ternyata jernih, namun terlihat merah karena dasarnya berwarna merah.

Gunung di Lampung 10: Gunung Rindingan


Gunung Rindingan terletak di Kabupaten Tanggamus, tepatnya di Kecamatan Pulau Panggung. Perjalanan dari Bandar Lampung sekitar 3 jam berkendara. Enaknya berwisata ke Gunung Rindingan, kita bisa menikmati pemandangan yang masih alami dan sepanjang perjalanan bisa mencium harumnya bunga-bunga kopi.

Gunung Rindingan terletak di sebelah utara Kota Agung. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.608 mdpl.

Gunung di Lampung 11: Gunung Pugung


Gunung Pugung terletak di Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.964 mdpl. Gunung-gunung di Kabupaten Pesisir Barat ke depannya memang diproyeksikan sebagai salah satu potensi wisata Kabupaten Pesisir Barat.

Gunung di Lampung 12: Gunung Punggur


Gunung Punggur atau Gunung Bukit Punggur terletak di Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Way Kanan dengan ketinggian sekitar 1.877 mdpl.

Gunung di Lampung 13: Gunung Seminung


Gunung Seminung terletak di antara Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, dan Kecamatan Ranau Provinsi Sumatera Selatan.

Gunung Seminung merupakan gunung yang dimiliki oleh dua Provinsi, Lampung dan Sumsel. Gunung ini berada di sebelah barat laut dari Kota Liwa dengan jarak sekitar 25 km.

Kaki Gunung Seminung berada di Danau Ranau, danau yang sangat terkenal di Lampung dan Sumatera Selatan.

Gunung Seminung sendiri dipercaya oleh keturunan lampung dan komering (serta suku daya dan sebagian bengkulu selatan) merupakan asal daerah nenek moyang mereka berasal.

Gunung Seminung memiliki ketinggian sekitar 1.881 mdpl.

Gunung di Lampung 14: Gunung Suoh


Gunung Suoh terletak di Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl.

Di Suoh kita juga dapat menikmati Danau Lebar, Danau Belibis, Danau Minyak, dan Danau Asam serta keramik Suoh Lampung Barat.

Gunung di Lampung 15: Gunung Tangkit Cumbi


Gunung Tangkit Cumbi terletak di Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Selatan. Gunung Tangkit Cumbi memiliki ketinggian sekitar 1.162 mdpl.

Gunung di Lampung 16: Gunung Tangkit Tebak


Gunung Tangkit Tebak terletak di Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.115 mdpl.

Demikian informasi 16 Gunung yang ada di Lampung. Silakan tambahkan informasi lainnya di kolom komentar jika ada yang ingin Anda tambahkan. Terima kasih sudah berkunjung di jelajahlampung.com.

0 komentar