Pantai Pasir Putih Lampung, Wisata Menarik di Lampung

jelajahlampung.com - Pantai Pasir Putih Lampung merupakan salah satu pantai yang paling mudah dijangkau di Kota Bandar Lampung. Lokasinya yang ada di pinggir jalan lintas Sumatera, membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mudah dikunjungi.

pantai pasir putih lampung
Pasir Putih Lampung di sore hari

Pantai Pasir Putih Lampung terletak di Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan. Alamat lengkapnya: Rangai Tri Tunggal, Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Meskipun terletak di Kabupaten Lampung Selatan, pantai ini ternyata lebih dekat dijangkau dari Kota Bandar Lampung, sekitar 20 km saja.

Lokasi Pantai Pasir Putih Lampung juga berdekatan dengan perbatasan antara Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung di daerah Panjang.

Rute ke Pantai Pasir Putih


Sebenarnya, mudah sih menemukan pantai ini, tinggal buka Google Maps, lalu ketikkan saja destination ke Pantai Pasir Putih Lampung. Langsung nongol deh posisi Pantai Pasir Putih.

Namun, untuk petunjuk manualnya, rute menuju Pantai Pasir Putih dari Kota Bandar Lampung, anda tinggal jalan saja menuju arah Bakauheni/Panjang.

Setelah melewati Panjang, kemudian Tarahan, melewati PT Hanjung dan juga Nescafe, akan ada Tugu atau Gapura Perbatasan antara Bandar Lampung dan Lampung Selatan.

Dari Tugu Perbatasan ini masih jalan lagi, sudah tidak jauh. Nanti di sebelah kanan jalan akan ada Gapura masuk menuju Pantai Pasir Putih Lampung.

Gerbang masuk Pantai Pasir Putih
Gerbang masuk menuju Pantai Pasir Putih Lampung

Lewat Gapura inilah, anda masuk ke dalam kemudian membeli tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Lampung


Harga tiket masuk Pantai Pasir Putih cukup murah, cuma Rp15.000,- per motor. Selain menikmati wahana pantai di Taman Hiburan Rakyat Pasir Putih ini, anda juga bisa menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Condong.

Harga perahu penyeberangan ini tergantung tawar menawar anda dengan si pemilik perahu. Namun, kisaran harga perahu penyeberangan ini biasanya berkisar antara Rp150.000 - Rp250.000,-.

Paling enak memang kalau berkunjung ke Pusat Latihan Tempur milik Korem 043 Garuda Hitam ini dalam jumlah banyak atau rombongan karena bisa menyewa perahu sendiri.

Terlalu sayang kalau cuma main ke Pantai Pasir Putih tapi tidak menikmati keindahan Pulau Condong.

Penginapan Pasir Putih Lampung


Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Pasir Putih adalah pemudik yang berasal dari Pulau Jawa dengan tujuan ke Sumatera seperti Palembang, Kota Metro, Lampung Tengah, dan berbagai tujuan lainnya.

Sekalian mudik atau menuju tempat tujuan, mereka berhenti sejenak sekalian mampir ke Pantai Pasir Putih Lamsel.

Karena letaknya memang persis di pinggir jalan sehingga Pantai Pasir Putih merupakan tempat singgah favorit.

Selain beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh, mereka dapat menikmati hembusan angin pantai sambil duduk-duduk di bawah pohon waru dan mengisi perut di Pantai ini.

Ciri khas dari Pantai ini memang pohon warunya yang rindang dan sangat banyak di sepanjang pinggiran pantai, menjadikan tempat wisata yang satu ini begitu rindang dan nyaman dijadikan tempat istirahat.

Tidak heran jika berjejer-jejer mobil terparkir di pinggiran pantai. Rombongan pengujung menggunakan mobil terlihat begitu banyaknya.

Nah, jika anda ingin beristirahat di penginapan di sekitar Pantai Pasir Putih, sebenarnya ada berbagai pilihan, di antaranya:

  • Pasir Putih Hotel Kabupaten Lampung Selatan
  • Guesthouse Reiny
  • Hotel Mini


Fasilitas


rindang sekali di bawah pohon waru
Sewa ban, kano, dan tikar di bawah rindangnya pohon waru

Fasilitas dari Pantai yang merupakan latihan tempur TNI ini lumayan lengkap. Fasilitas Pantai Pasir Putih Lampung di antaranya:

  • Kantin/Warung Makan.
  • Toko Souvenir.
  • Perahu Penyeberangan ke Pulau Condong.
  • Kamar Mandi/Kamar Bilas dan Toilet.
  • Mushola.
  • Tempat Parkir.
  • Sewa Tikar di bawah pohon waru yang teduh.
  • Sewa ban dan juga kano.
  • dan fasilitas lainnya.


Penasaran dengan Pantai Pasir Putih Lampung? Silakan datang saja ke Tarahan, dekat perbatasan Lamsel dan Bandar Lampung. Oiya, paling enak berkunjung ke sini saat laut sedang surut, kelihatan benar pasir putihnya.

Selamat berkunjung ke Pasir Putih Lampung ya. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Tempat Wisata di Lampung lainnya. Mudah-mudahan liburan Anda menyenangkan.

0 komentar