Seramkah Air Terjun Way Lalaan?

Air Terjun Way Lalaan Kota Agung, sudah beberapa kali menelan korban. Beberapa pengunjung terpaksa harus meregang nyawa di Air Terjun yang berada di Kabupaten Tanggamus ini. Mengapa mereka bisa menghembuskan nafas terakhir di air terjun Way Lalaan?

air terjun way lalaan
Hati-hati mandi di air terjun Way Lalaan

Kejadian meninggalnya pengunjung tentu bukan hal yang diharapkan oleh siapapun, termasuk pihak pengelola Air Terjun Way Lalaan, yaitu Pokdarwis Way Lalaan.

Mereka pun sudah berusaha untuk mencegah adanya korban dengan cara memasang tali pengaman di lokasi air terjun agar pengunjung tidak mandi melebihi garis tali ini.

Pengelola juga sudah memberikan peringatan berupa spanduk-spanduk kecil yang melarang pengunjung yang tidak bisa renang untuk mandi di air terjun way Lalaan.

Korban yang meninggal di Air Terjun Way Lalaan diakibatkan karena korban berenang di tempat yang dilarang, yaitu tepat di bawah air terjun.

Di lokasi tersebut, airnya dalam dan ada pusaran yang menarik pengunjung ke dalam air sehingga sangat berbahaya bagi pengunjung yang mandi di lokasi ini, bisa-bisa tersedot masuk ke dalam air dan tidak bisa keluar, lalu akhirnya meninggal.

Amankah Air Terjun Way Lalaan?


Tapi, sebenarnya anda tidak perlu khawatir, selama anda mengikuti arahan dari Pokdarwis supaya tidak mandi di daerah yang dilarang, aman-aman saja kok, dan buat anak-anak kecil juga tidak masalah.

Saya sendiri tetap mengajak anak saya dan keponakan saya mandi di Air Terjun Way Lalaan ini, dan yang penting tidak melewati batas tali yang sudah dipasang oleh Pokdarwis Way Lalaan.

Mandi di air terjun Way Lalaan tetap tenang, airnya juga bersahabat, tidak deras arusnya, dan kedalamannya sampai batas tali masih aman buat anak-anak.

Bisa juga membawa pelampung saat membawa anak berenang di Air Terjun Way Lalaan ini, dan saya lihat memang ada beberapa pengunjung juga yang memakaikan pelampung kepada anaknya, sekalian mengajarinya berenang.

Kesimpulannya: aman atau tidak aman wisata anda di Air Terjun Way Lalaan tergantung kepada anda dalam menjaga keselamatan diri anda dan keluarga anda sendiri.

Mandilah di tempat yang telah ditentukan, jangan sekali-kali mencoba mandi di lokasi yang dalam tepat di bawah air terjun jatuh. BERBAHAYA.

Oiya, saat saya berkunjung ke Air Terjun Way Lalaan ini, ada juga lho anak kecil yang loncat dari atas air terjun. Berani benar anak ini.

aksi terjun ke air terjun way lalaan
Seorang anak terjun dari atas air terjun Way Lalaan

Asyik Gak Sih Way Lalaan?


Air terjun yang paling bersahabat untuk wisata keluarga adalah Air Terjun Way Lalaan, mengapa?

Pertama, air terjun ini paling mudah dijangkau, sangat mudah malah. Pengunjung bisa mengunjungi Air Terjun Way Lalaan dengan moda transportasi apapun, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Wisatawan dari Bandar Lampung yang mau berkunjung ke Air Terjun Way Lalaan tinggal naik bus saja jurusan Rajabasa ke Kota Agung, lalu turun persis di depan Gerbang Masuk Way Lalaan, persis sebelum kompleks Pemda Tanggamus.

Setelahnya, tinggal jalan kaki sekitar 200 meter sampai deh ke Air Terjun Way Lalaan.

Yang kedua, Jalan masuk ke Air Terjun yang sangat mudah, sudah dibuatkan tangga dari semen, sehingga siapapun bisa berkunjung ke sini, termasuk anak-anak kecil, tanpa takut terpeleset.

Berbeda dengan air terjun lainnya yang harus jalan jauh, dan jalannya masih berupa turunan dan tanjakan curam dengan medan berupa tanah yang masih licin jika hujan.

Yang ketiga, Air Terjun Way Lalaan sangat bersahabat untuk wisata keluarga karena tempat ini dilengkapi juga dengan pondokan gratis, yang bisa dipakai untuk menaruh barang-barang, atau makan bersama keluarga.

pondokan way lalaan
Pondokan gratis air terjun Way Lalaan

Setelah kedinginan mandi di air terjun Way Lalaan, perut akan terasa lapar, dan enak sekali langsung makan bersama keluarga atau kawan-kawan di air terjun Way Lalaan ini.

Bagi pengunjung yang kebetulan tidak membawa makanan dari rumah, tidak usah khawatir, ada yang jualan juga kok di air terjun Way Lalaan ini.

Pengunjung bisa memesan kopi, popmie, air minum, atau pesan kopi hangat untuk menghangatkan badan setelah puas berenang di Air Terjun Way Lalaan.

So, jangan takut untuk piknik ke air terjun Way Lalaan yah, tempatnya kece juga dan tentunya recommended deh untuk wisata alam bersama keluarga, terutama untuk membawa si kecil sekalian belajar renang.

Air Terjun Way Lalaan Ada Dua Lho


Air Terjun Way Lalaan sebenarnya ada dua, Air Terjun Way Lalaan 1 dan Air Terjun Way Lalaan 2. Air Terjun Way Lalaan 1 yaitu air terjun yang paling dekat dengan jalan raya, tinggal jalan kaki paling 5 menit.

Sedangkan Air Terjun Way Lalaan 2, letaknya masih ke bawah lagi, menyusuri sungai dan melewati kebun-kebun durian dan manggis.

Air Terjun Way Lalaan 2 lebih tinggi dibandingkan dengan Air Terjun Way Lalaan 1, dan medannya lebih sulit untuk ditempuh, karena belum dibuatkan jalan dari semen, jalannya masih alami dari tanah-tanah perkebunan.

Untuk mencapai Air Terjun Way Lalaan 2, silakan minta guide dari Pokdarwis Way Lalaan ya supaya ditemani dan dipandu menuju Lokasi Air Terjun Way Lalaan 2.

Kalau lagi musimnya durian, bisa lho sekalian menikmati durian langsung dari sumbernya, karena Kota Agung kan memang terkenal sebagai salah satu penghasil durian di Lampung.

Tidak heran di pinggir-pinggir jalan Kota Agung, akan kita jumpai penjual-penjual durian, jika memang sedang musim durian.

Akhirnya, selamat berkunjung ke Air Terjun Way Lalaan di Kota Agung, Tanggamus. Visit Lampung. Ayo Jelajah Lampung.

0 komentar