15 Tempat Wisata di Lampung Selatan Sebagai Referensi Wisatawan

Tempat Wisata di Lampung Selatan - Lampung Selatan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki wisata sejuta pesona. Kontur tanah Lampung Selatan yang terdiri atas pegunungan, garis pantai, dan tanah datar menjadikan kabupaten ini memilik banyak sekali objek wisata yang layak untuk dikunjungi.

Lampung Selatan juga merupakan kabupaten di Pulau Sumatera yang lokasinya paling dekat dengan Pulau Jawa, membuat kabupaten ini mudah dan murah untuk dijangkau dari Jakarta, Serang, Bandung, maupun kota-kota lain di Pulau Jawa.

Dari Merak tinggal naik kapal, lalu turun di Pelabuhan Bakauheni dan melanjutkan perjalanan sebentar saja, traveler sudah bisa menikmati berbagai wisata menarik di Kota Kalianda dan sekitarnya.

Baiklah, tanpa panjang lebar, berikut ini saya tuliskan berbagai destinasi wisata menari di Kabupaten Lampung Selatan yang layak untuk dijadikan destinasi liburan anda, mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi referensi liburan anda di Serambi Sumatera.

1. Pantai Bagoes


pantai bagus kaliandaObjek wisata pertama yang mudah untuk dikunjungi adalah Pantai Bagoes atau Pantai Bagus. Tempat wisata ini sangat mudah dijangkau karena lokasinya memang tidak jauh dari jalan lintas Sumatera.

Untuk pengunjung yang datang dari Bakauheni bisa menggunakan bis jurusan Rajabasa dan turun di pertigaan yang mau ke arah Grand Elty Krakatoa Resort.

Dari pertigaan ini traveler bisa jalan kaki atau menggunakan jasa ojek. Banyak ojek yang mangkal di pertigaan Merak Belantung ini.

2. Pantai Embe (Merak Belantung)


Pantai embe kaliandaMasih satu jalur dengan Pantai Bagos, dan masih satu pengelola juga yaitu Grand Elty, ada Pantai Embe, yaitu singkatan dari Pantai Merak Belantung.

Pantai Embe masih mirip-mirip dengan Pantai Bagus karena lokasinya memang ada di kawasan yang sama dan masih satu manajemen juga.

Hanya saja, fasilitasnya memang lebih lengkap dibandingkan dengan Pantai Bagoes.

Pantai Embe letaknya lebih jauh dibandingkan dengan Pantai Bagoes, dan bisa menggunakan ojek untuk menuju pantai ini.

3. Grand Elty Krakatoa Resort


Grand Elty Krakatoa Resort merupakan pantai sekaligus penginapan yang sudah dikelola secara profesional oleh perusahaan milik Bakrie. Di tempat ini bisa diadakan bermacam-macam kegiatan dari meeting sampai lihat-lihat pantai.

Lokasinya masih satu jalur dengan Pantai Bagoes dan Pantai Embe.

Pengunjung yang ingin berkunjung ke objek wisata ini harus menyediakan uang lebih tentunya. Untuk piknik dan berenang, tempat ini kurang recommended, tapi bagi yang ingin mendapatkan penginapan bagus, Grand Elty Krakatoa Resort ini bisa menjadi solusinya.

4. Pantai Indah Krakatoa


pantai indah krakatoaTidak jauh dari Pantai Bagus, sebelum mencapai Pantai Embe, akan kita jumpai sebuah pantai lagi di sebelah kiri jalan, pantai tersebut adalah Pantau Indah Krakatoa.

Di sepanjang Merak Belantung menuju Grand Elty Krakatoa memang banyak sekali pantai yang bisa dikunjungi dan tinggal pilih saja.

Secara umum, pemandangan pantainya pun sama dan kondisi pasirnya pun sama dengan pantai-pantai lain di Merak Belantung.

5. Pantai Marina Kalianda


pantai marina kaliandaPantai Marina di Lampung Selatan merupakan salah satu pantai dengan pemandangan yang cukup bagus dan sangat cocok untuk fotografer.

Sayangnya, tempat wisata ini sudah tidak dijadikan objek wisata lagi karena sering membawa korban manusia.

Meskipun demikian, traveler tetap bisa mengunjungi pantai ini, dan berfoto-foto ria.

Yang perlu diperhatikan, traveler harus hati-hati saat berkunjung ke sini karena ombaknya tergolong besar.

6. Pantai Ketang/Pantai Batu Rame


pantai ketang kalianda Tempat wisata gratis yang satu ini berada di daerah Way Urang, Kalianda, Lampung Selatan.

Lokasinya satu arah dengan Alau-alau Boutique Resort, dan berada persis ada di pinggir jalan.

Pengunjung dapat dengan bebas masuk ke pantai ini dan juga berfoto-foto sepuasnya.

Banyak pengunjung yang mengambil foto prewedding di sini karena batu karangnya yang keren dengan latar belakang gunung yang mempesona.

7. Pantai Kahai (Kahai Beach)


pantai kahaiPantai Kahai yang terletak di Kecamatan Rajabasa ini merupakan pantai yang dilengkapi dengan berbagai permainan anak anak seperti carousel, bebek-bebekan, dan permainan lainnya.

Ada juga waterboom, yang merupakan waterboom pertama di daerah ini.

Untuk menikmati berbagai permainan pengunjung akan dikenakan tiket lagi sehingga harus menyiapkan uang lebih.

Disediakan juga resort bagi yang ingin menginap.

8. Pantai Guci Batu Kapal


Di pantai ini pengunjung dapat melihat batu karang yang berbentuk seperti kapal, itulah mengapa disebut sebagai Pantai Guci Batu Kapal.

Lokasinya satu deretan dengan pantai-pantai di Daerah Rajabasa, Lampung Selatan.

Pantai di sini juga lumayan bagus untuk berenang dan bermain-bermain bersama teman dan keluarga. Silakan datang saja ke Pantai ini untuk menikmati eksotismenya.

9. Pantai Canti


pantai canti rajabasaTidak jauh dari Dermaga Canti, tempat untuk menuju Gunung Krakatau, ada sebuah pantai cantik yang asyik untuk bermain-main anak, yaitu Pantai Canti Indah.

Pasirnya sangat lembut sehingga nyaman untuk mandi di pantai ini.

Beberapa pengunjung juga terlihat bermain bola di pantai ini mengingat tempatnya yang nyaman.

Pengunjung yang tidak ingin mandi dapat bersantai-santai di pondokan sambil menikmati pemandangan alamnya.

10. Dermaga Bom Kuliner Kalianda


Dermaga bom kaliandaDermaga Bom yang merupakan Pusat Pelelangan Ikan di Kalianda Lampung Selatan, kini telah menjadi pusat Kuliner Kalianda.

Karena tempatnya yang menarik, tempat ini sering dijadikan tempat untuk berfoto-foto ria anak-anak muda.

Pada malam harinya, tempat ini juga ramai pengunjung apalagi di malam minggu.

Sesuai dengan namanya, Kuliner Kalianda menyediakan bermacam-macam jajanan tradisional Lampung.

11. Air Terjun Way Kalam


air terjun way kalamAir Terjun Way Kalam berada di Desa Way Kalam Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Air Terjun Way Kalam merupakan salah satu air terjun yang ada di Gunung Rajabasa.

Lokasi Air Terjun Way Kalam cukum mudah dijangkau, karena sudah dikelola oleh Pokdarwis Way Kalam. Kendaraan dapat dititipkan di tempat parkir yang telah dikelola oleh Pokdarwis.

Air Terjun Way Kalam banyak dikunjungi oleh para pencinta alam dan juga anak-anak pramuka. Beberapa pengunjung juga ada yang mendirikan kemah di Curup Way Kalam ini.

Curup Way Kalam juga pernah masuk ke acara My Trip My Adventure yang ada di Trans TV, keren bukan.

Bagi traveler yang suka dengan pemandangan alam sangat cocok untuk berkunjung ke air terjun di Penengahan ini.

12. Gunung Rajabasa


gunung rajabasaBagi para pendaki gunung yang ingin mencoba suasana baru, bisa mencoba untuk mendaki Gunung Rajabasa yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.281 meter.

Waktu pendakian menuju puncak Gunung Rajabasa sekitar 6-8 jam dan selama pendakian, para pendaki bisa istrirahat di 5 pos peristirahatan yang telah disediakan.

Bagi para pendaki harap untuk membawa pemandu agar tidak tersesat saat mendaki Gunung Rajabasa ini.

13. Air Terjun Cicurug


air terjun cicurugAir Terjun Cicurug terletak di Desa Cugung, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Air Terjun terletak sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Untuk kendaraan roda dua, kendaraan dapat dibawa ke lokasi air terjun, sedangkan roda 4 harus diparkir cukup jauh.

Jika ditempuh dari Kalianda dibutuhkan waktu sekitar 45 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Jika melihat namanya, Cicurug memang merupakan nama yang berasal dari Bahasa Sunda. Hal ini tidak lain karena daerah sekitar curug atau air Terjun Cicurug ini memang banyak yang berasal dari suku Sunda.

Tidak heran jika nama desa dan tempat di daerah Rajabasa menggunakan nama-nama yang berasal dari Bahasa Sunda.

14. Air Terjun Pangkul


Air Terjun Pangkul, atau disebut juga Air Terjun Rajabasa atau Curug Way Tayas berada di daerah Gunung Rajabasa.

Untuk mencapai ke Curup ini menggunakan rute yang sama dengan Pantai Wartawan, Pantai Guci Batu Kapal, Pantai Canti Indah.

Di sebelah kiri jalan, sebelum Pantai Wartawan akan kita temukan Plang Kawasan Wisata Gunung Rajabasa, dari sinilah pengunjung harus menanjak menuju kawasan air terjun Way Tayas atau Pangkul.

Konon di daerah ini, selain menikmati wisata air terjun, saat sedang musimnya, pengunjung juga dapat menikmati wisata buah durian lho.

Asyik juga kan setelah kedinginan berendam di air terjun lalu makan buah duren. Hmmm, kebayang gak yah rasanya.

15. Taman Kain Inuh


Taman Kain Inuh merupakan sebuah taman yang ada di pinggiran jalan lintas Sumatera, dekat dengan Kompleks Pemda Lampung Selatan.

Jika kita melewati Jalinsum, dari Bakauheni persis setelah pertigaan pemda/Masjid Agung Kalianda, di sebelah kiri jalan ada taman-taman yang cantik, dan ada juga sebuah taman baru, yaitu Taman Kain Inuh.

Taman Kain Inuh melengkapi taman-taman hijau lainnya di beberapa titik di sebelah kiri jalan lintas Sumatera ini dan membuat tempat ini menjadi tempat menarik sebagai destinasi wisata keluarga murah.

Itulah tadi destinasi tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, dan sebenarnya masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang belum bisa saya tambahkan. Selamat berkunjung ke objek wisata yang ada di Lampung Selatan.

Artikel Terkait

15 Tempat Wisata di Lampung Selatan Sebagai Referensi Wisatawan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email