Otojek, Ojek Online Pertama Di Lampung

Otojek Lampung, merupakan salah satu Ojek Online pertama yang ada di Bandar Lampung, setelah sebelumnya ada masojek, yang juga merupakan ojek berbasis online. Hanya saja, setahu saya, masojek belum mendukung aplikasi android, berbeda dengan Otojek yang telah meluncurkan aplikasi android Otojek untuk pemesanan ojek secara online.

Aplikasi Otojek Lampung
Tampilan Aplikasi Otojek di Android

Namun sebelum melangkah jauh mengenai pemesanan ojek lewat Aplikasi Otojek, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Otojek ini bukanlah perusahaan transportasi umum atau pengiriman logistik.

Otojek hanyalah mitra bagi tukang ojek dan pihak penyedia jasa pengiriman yang menyediakan aplikasi pemesanan secara online.

Nantinya, antara Otojek dan tukang ojek atau jasa pengiriman akan bagi hasil pendapatan dengan besaran 80:20, dimana 80 untuk tukang ojek/jasa kirim dan 20 untuk otojek.

Keberadaan Otojek Lampung tentu saja diharapkan bisa menjadi salah satu mode transportasi yang aman, nyaman, dan responsif serta memudahkan bagi para penggunanya.

Seperti telah kita ketahui sendiri, keberadaan angkutan online telah banyak membantu warga kota Jakarta untuk menjalankan aktivitasnya.

Masyarakat Jakarta benar-benar merasa terbantu dengan adanya Gojek, Uber Taxi, Grab, dan berbagai angkutan online lainnya.

Pelanggan tinggal membuka smartphone, lalu memesan secara online, lalu mereka dijemput di depan rumah dan diantarkan sampai ke tempat tujuan.

Tarif Otojek


Tarif dari Otojek Lampung cukup murah, yaitu Rp2.000/kilometer. Namun ada tarif minimum order yaitu Rp10.000. Jika pelanggan memesan Otojek lalu jarak tempuhnya kurang dari 5 km, maka akan tetap dikenakan tarif Rp10.000.

Melihat tarif ini, maka Otojek sangat cocok digunakan bagi anda warga Bandar Lampung yang ingin bepergian untuk jarak yang lumayan jauh. Misal dari Rajabasa ke Kantor Gubernur Lampung, akan dikenakan tarif sekitar Rp20.000,- karena jarak tempuhnya sekitar 10 km.

Cukup murah bukan jika dibandingkan dengan ojek pangkalan? Kalau tidak pandai menawar, bisa-bisa dikenakan tarif yang cukup tinggi.

Enaknya Ojek Online ya itu, tarifnya sudah jelas per kilometernya, sehingga dari awal pemesanan kita sudah tahu harus membayar berapa untuk sampai ke tempat tujuan.

Cara Pesan Otojek


Untuk memesan Otojek, bisa lewat situsnya di otojek.com atau bisa juga dengan mendownload Aplikasi Otojek di Playstore dan menginstallnya di smartphone anda.

Order Otojek dibuka mulai pukul 09.00-20.00 WIB. Otojek ini sementara belum beroperasi 24 jam, tapi bisa jadi ke depannya jika pelanggannya makin banyak, jam operasionalnya akan ditambah.

Untuk tata cara pemesanan lewat Aplikasi Otojek, pertama-tama isikan alamat anda mau dijemput di mana, kemudian isikan tujuan perjalanan anda.

Setelah itu isikan identitas dan catatan untuk driver. Catatan digunakan untuk memudahkan driver Otojek menemukan anda.

Setelah memastikan isian alamat pada peta sudah tepat, klik SUBMIT. Lalu driver Otojek akan datang ke alamat penjemputan anda, dan menghubungi anda dalam waktu maksimal 15 menit.

Driver Otojek akan mengenakan atribut Otojek sehingga anda dapat menemukannya dengan mudah.

Perlu diperhatikan juga, jangan asal pesan kemudian tiba-tiba membatalkan. Kasihan juga bagi driver Otojek ini jika anda hanya main-main dengan Otojek.

Otojek Bisa Dipercaya?


Apakah aman atau tidak, bisa dipercaya atau tidak, di situs Otojek tertulis bahwa mereka menetapkan standar operasional dan keamanan bagi para drivernya. Standar tersebut adalah driver ojek harus:
  • memiliki SIM, STNK, serta kendaraan yang layak dan sah.
  • mematuhi seluruh peraturan lalu lintas, dan peraturan hukum lainnya yang berlaku.
  • menyediakan helm kepada pemesan.
  • menentukan rute perjalanan yang terbaik/teraman dengan mempertimbangkan masukan dari pelanggan.
  • menjalankan pekerjaan dengan menjunjung tinggi nilai etika dan kesopanan.
  • Tidak diperkenankan melakukan manuver berkendara yang membahayakan pelanggan.
  • Batas kecepatan yang diperkenankan adalah 60/km jam, dan dapat disesuaikan kembali kepada pemesan.
  • bertanggungjawab untuk mengantarkan pelanggan sampai dengan tujuan dengan selamat.

Apabila driver Otojek ada yang bertidak sesuai standar di atas laporkan saja ke pihak Otojek agar dikenakan sanksi.

Apa Saja Layanan Otojek?


Otojek tidak hanya melayani jasa ojek, Otojek juga melayani abonemen untuk antar jemput anak anda berangkat sekolah.

Selain itu ada juga jasa antar makanan (FOOD) dan jasa antar barang (Kurir), yang layanan ini mirip benar dengan layanan dari Gojek di daerah lain.

Adapun layanan kurir ini saat ini hanya diperuntukan bagi pelaku bisnis online (online shop/e-commerce) dengan catatan barang yang dikirim bukan benda berharga, surat berharga, sertifikat penting, senjata tajam, hewan, obat-obatan terlarang, barang pecah belah serta barang-barang lain yang membahayakan dan dilarang.

Otojek tidak memberikan asuransi terhadap pengguna layananan ojek. Namun, Otojek memberikan asuransi terhadap pengguna layanan kirim (jika terjadi kehilangan) dengan nilai maksimal 10 kali lipat dari biaya kirim.

Untuk info selengkapnya, silakan download Aplikasi Otojek dan kunjungi juga situsnya di www.otojek.com. Mudah-mudahan pengalaman perjalanan anda bersama Otojek Lampung memuaskan.

0 komentar