Selfie Dulu Yuk Di Pantai Dewi Mandapa Pesawaran Lampung

JelajahLampung.Com - Pantai Dewi Mandapa merupakan salah satu dari sekian banyak eksotisme Pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Pesawaran, di garis pantai Teluk Lampung. Kabupaten Pesawaran pantas berbangga diri atas kekayaan potensi wisata di daerahnya.

Pantai Dewi Mandapa Pesawaran Lampung

Saya sendiri belum tahu kenapa pantai ini disebut Pantai Dewi Mandapa, apakah di pantai ini ada Dewi cantiknya yang bernama Mandapa, atau gimana, saya kurang tahu. Jika salah satu dari travelers ada yang tahu bisa kasih tahu di kolom komentar ya hehehe.

Pantai ini sebenarnya bukanlah pantai baru, konon sekitar 4 tahun yang lalu sudah dibuka. Namun, baru akhir-akhir ini dikembangkan dengan serius dan mulai dikelola dengan baik.

Pantai Dewi Mandapa merupakan salah satu spot wisata yang sedang ngehits di Lampung, selain Air Terjun Lembah Pelangi di Ulubelu Tanggamus tentunya.

Lokasi dan Rute Pantai Dewi Mandapa Pesawaran

Pantai Dewi Mandapa terletak di Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran Lampung. Lokasinya tidak jauh dari Kota Bandar Lampung, sekitar 1 jam perjalanan saja, atau bisa saja kurang dari 1 jam jika jalanan lancar.

Pantai Dewi Mandapa ini terletak di antara Pantai Sari Ringgung dan Pantai Klara/Dermaga Ketapang (Penyeberangan ke Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian).

Jika anda sering piknik ke pantai-pantai di Teluk Lampung tentunya akan sangat mudah menemukan Pantai Dewi Mandapa ini.

Kurang lebih 3 km setelah Pantai Sari Ringgung menuju arah Pantai Klara, akan traveler jumpai pom bensin AKR. Tidak jauh dari pom bensin AKR ini akan traveler jumpai Plang di sebelah kiri jalan yang merupakan penunjuk jalan menuju pantai.

Ikuti jalan masuk ke kiri, dan jalannya memang masih berupa jalan onderlagh dan juga jalan tanah. Jadi jangan heran kalau berkunjung sehabis hujan, jalanannya cukup menantang untuk dilewati. Tapi jika tanahnya kering, mudah juga kok dilewati kendaraan baik motor maupun mobil.

Jarak dari plang penunjuk jalan menuju Pantai Dewi Mandapa sekitar 2 kilometer. Lumayan jauh juga ya dari jalan raya hehehe.

Jika diringkas, rute dari Kota Bandar Lampung kurang lebih: Bandar Lampung - Teluk Betung - Pantai Queen Artha - Pantai Mutun - Pasar Hanura - Pantai Sari Ringgung - Plang Penunjuk Jalan - Pantai Dewi Mandapa.

Harga Tiket Masuk Pantai Dewi Mandapa

Sebelum masuk ke tempat wisata, traveler akan dimintai tiket masuk sehaga Rp10.000,- per orangnya di portal pintu masuk. Lalu kendaraan juga akan dikenakan tiket parkir baik motor maupun mobil.

Setelah masuk ke lokasi, pengunjung bisa mengunjungi 2 lokasi wisata favorit, yaitu Pulau Cinta dan Balkon Cinta, yang masing-masing akan dikenakan tiket masuk lagi Rp5.000 per orangnya.

Pulau Cinta


pulau cinta pantai dewi mandapa
Sumber Gambar: Instagram
Pulau Cinta sendiri merupakan sebuah pulau kecil di Pantai Dewi Mandapa yang jika dilihat dari atas maka akan terlihat berbentu love/hati. Itulah mengapa pulau ini dinamakan pulau cinta.

Untuk mencapai Pulau Cinta, traveler harus melewati jembatan penyeberangan dari kayu dan melewati Gapura Mini bertuliskan "Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran".

Sesampainya di Pulau Cinta, traveler dapat berenang bebas dan bermain-main pasir di pulau ini.

Pantai Dewi Mandapa ini juga banyak terumbu karangnya lho karena beberapa kali ada aksi dari berbagai kalangan masyarakat untuk menanam terumbu karang di Pantai Dewi Mandapa ini.

Bagi traveler yang ingin snorkling menikmati terumbu karang dan ikan di bawah laut di Pantai Dewi Mandapa dapat menyewa alat snorkling dengan harga sekitar Rp40.000 sudah dapat alat snorkling lengkap.

Balkon Cinta

balkon cinta dewi mandapa
Sumber Gambar: Instagram

Lokasi kedua, ada Balkon Cinta yang merupakan papan-papan yang disusun di atas pohon bakau di atas air, dan bentuknya memang seperti balkon sehingga disebut sebagai balkon cinta.

Traveler juga harus melewati jembatan kayu dan sebelum melewati jembatan kayu harus membayar tiket masuk dulu.

Balkon Cinta ini merupakan spot favorit untuk selfie bagi para traveler. Balkon Cinta juga cocok dijadikan tempat untuk foto-foto preweding bagi traveler yang ingin pemandangan suasana alam pantai.

Balkon cinta ini juga sangat asyik dijadikan tempat berkumpul bersama teman dan keluarga, bisa duduk-duduk di atas papan kayu di bawah pohon bakau, menikmati semilir angin pantai yang sejuk.

Lain-lain

Pinggiran Pantai Dewi Mandapa sangat tidak cocok dijadikan tempat untuk berenang, karena memang tempatnya berlumpur bukan berpasir. Jika ingin berenang dan snorkling traveler bisa menyeberang ke pulau  Cinta.

Di pinggiran pantai juga disediakan pondokan-pondokan bagi para pengunjung. Kantin juga ada di pantai ini bagi traveler yang kelaperan ^_^.

Travelers yang ingin menginap juga bisa mendirikan tenda camping di pantai ini dengan biaya sekitar 100ribuan per tendanya.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Pantai Dewi Mandapa di Pesawaran, Lampung ini? Happy Traveling ya.

0 komentar