Dam Margo Tirto, Wisata Murah di Gisting Bawah, Tanggamus, Lampung

JelajahLampung.Com - Dam Margo Tirto, atau Kampoeng Air Margo Tirto, kini telah menjadi salah satu pilihan wisata bagi masyarakat Gisting dan sekitarnya, sejak tahun 2014 lalu. Bangunan peninggalan kolonial Belanda ini telah diubah menjadi objek wisata di Gisting setelah dibenahi pada tahun 2014.

Sebelumnya, tempat ini sempat terlantar tidak terurus. Namun, berkat inisiatif warga dan juga dana swadaya masyarakat, Dam Margo Tirto telah beralih fungsi menjadi tempat liburan, terutama liburan untuk anak-anak di Gisting.

Sesuai dengan namanya, Dam Margo Tirto merupakan sebuah bendungan, tempat membendung air. Margo dalam bahasa jawa artinya jalan, dan tirto artinya air. Bisa diartikan Dam Margo Tirto berarti bendungan sebagai jalan air.

dam gisting bawah
Kampoeng Air Margo Tirto Gisting Bawah Tanggamus

Saat berkunjung ke Dam Margo Tirto ini, akan kita jumpai 3 bagian bendungan. Bagian pertama ada di bagian atas, yang merupakan penahan air. Di bagian ini, biasa dijadikan tempat warga untuk mandi dan mencuci pakaian.

Bagian kedua, ada di bagian tengah, yang merupakan areal bermain sepeda air/bebek-bebekan. Di bagian kedua inilah lokasi utama bermain bagi anak-anak yang ingin menyewa sepeda air.

Bagian ketiga, ada di bagian paling bawah, merupakan pintu air. Di tempat ini kedalamannya cukup bersahabat bagi anak kecil sehingga aman untuk mandi anak-anak.

Lokasi Dam Margo Tirto Gisting Bawah


Kampoeng Air Margo Tirto terletak di Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Tanggamus. Jika kita melewati Pasar Gisting, lalu naik lagi ke atas, sebelum Rumah Sakit Panti Secanti, di sebelah kanan jalan akan ada papan penunjuk menuju Dam Margo Tirto ini.

Dari jalan raya Gisting-Kota Agung, jaraknya kurang lebih sekitar 500-700 meter. Cukup dekat, bisa jalan kaki ata naik ojek.

Pengelolaan tempat wisata Dam Margo Tirto ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Fasilitas Dam Gisting Bawah


Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola tempat wisata ini adalah:

Sepeda Air


sepeda air bebek
Sepeda air disewakan di Dam Gisting Bawah

Karena tempat ini merupakan tempat wisata air, maka fasilitas utamanya adalah Sepeda air dengan berbagai bentuknya. Ada yang berbentuk bebek, kuda laut, singa laut, kura-kura, naga, dan berbagai bentuk lainnya dengan warna-warni yang mencolok.

Anak-anak bakalan betah naik sepeda air ini. Tarifnya pun cukup murah, Rp5.000 per orang untuk dewasa dan Rp3.000,- untuk anak-anak per 2 putaran. Tapi, jika sedang sepi, si pemilik sepeda air biasanya cuma minta Rp10.000,- per sepeda air dan kita bisa menikmati keliling "danau kecil" ini sepuasnya.

Jika ingin puas menikmati sepeda air, datanglah ke Dam Margo Tirto ini di hari kerja, karena keramaian pengunjung biasanya ada di hari Sabtu dan Minggu.

Kolam Renang


kolam renang margo tirto gisting
Kolam renang Margo Tirto Gisting Bawah

Selain bermain sepeda air, pengunjung juga bisa menikmati kolam renang yang ada di samping Dam. Kolam renang ini merupakan kolam renang untuk anak, sehingga sangat cocok untuk bermain anak-anak anda atau belajar renang anak-anak anda.

Namun bukan berarti orang dewasa tidak boleh masuk. Orang dewasa pun boleh menikmati kolam renang ini menemani si buah hati belajar renang.

Tarif masuk kolam renang sangat murah, cuma Rp3.000 saja untuk segala umur. Harga tiket masuk sudah termasuk gratis ban dan juga bola-bola kecil warna-warni.

Pondokan/Gazebo


pondokan
Pondokan di Dam Margo Tirto

Di dekat kolam renang, disediakan pula beberapa pondokan yang dapat dinikmati secara gratis oleh pengunjung. Tentunya bakal lebih asyik duduk berteduh di bawah pondokan sambil melihat si buah hati bermain di kolam renang atau main sepeda air.

Bagi pengunjung yang ingin menyewa tikar untuk duduk duduk juga disediakan sewa tikar dengan tarif cukup Rp5.000 saja.

Di dekat gazebo disediakan juga jungkat-jungkit dan ayunan sebagai tempat bermain anak.

Toilet


Toilet bersih akan membuat pengunjung lebih nyaman saat berwisata ke sini. Gak nyaman banget kan kalau lagi jalan jalan terus kebelet pipis atau BAB, tapi gak ada toilet, atau ada toilet tapi jorok.

Kalau laki-laki sih iya bisa pipis sembarang tempat, nah kalau perempuan? hehehehe.

Parkir


Lahan parkir cukup luas sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Saat saya berkunjung, tarif parkir gratis. Tapi, bisa jadi suatu saat akan ada retribusi parkir.

Kantin


Di Sepanjang Dam juga ada beberapa kantin atau warung yang menjual aneka makanan dan minuman untuk memanjakan pengunjung. Setelah lelah main sepeda air, silakan membeli minuman di warung-warung ini, dan harganya murah kok. Sama dengan harga warung-warung di samping rumah kita, sama sekali tidak dimahalkan.

So, siap untuk memanjakan anak anda dengan wisata air di Gisting Bawah Tanggamus ini? Silakan bawa anak-anak anda ke Dam Margo Tirto di Gisting Bawah. Happy Traveling.

0 komentar