Air Terjun Talang Ogan, Surga Tersembunyi di Pulau Panggung Tanggamus

JelajahLampung.Com - Air Terjun Talang Ogan? Di mana tuh? Ternyata, setelah saya bertanya kepada masyarakat Gisting, bahkan masyarakat Sumberejo, Gunung Batu, dan Pulau Panggung sendiri, banyak yang belum tahu juga lho keberadaan air terjun ini. Hmm, padahal, saat saya berkunjung ke Air Terjun Talang Ogan ini, keindahannya sangat menakjubkan.

Air Terjun Talang Ogan, adalah salah satu surga keindahan yang tersembunyi di antara sekian banyak potensi wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus. Sampai saat ini, saya masih terheran-heran dengan ketidakpedulian pemerintah Kabupaten Tanggamus terhadap potensi wisata yang luar biasa di Kabupaten ini.

Sangat disayangkan, minimnya promosi membuat banyak warga Tanggamus tidak mengenal Air Terjun Talang Ogan ini. Duh, memprihatinkan.

Mudah-mudahan dengan adanya blog jelajahlampung.com ini, masyarakat Lampung makin sadar bahwa potensi wisata Lampung ini benar-benar luar biasa jika dikembangkan dan dipromosikan dengan baik. Wisata tidak melulu harus ke luar Lampung, jika di Lampung ini masih banyak eksotisme alam, kenapa mesti ke luar Lampung?

air terjun talang ogan tanggamus
Foto Keindahan Air Terjun Talang Ogan

Lokasi  Air Terjun Talang Ogan


Saat saya membaca beberapa blog, ada yang menyebutkan bahwa air terjun ini disebut juga Air Terjun Batu Lapis, dan saat saya bertanya lokasinya kepada warga Sumberejo, mereka menyebutnya Air Terjun Gunung Batu.

Namun, saat saya melewati Pasar Gunung Batu, dan bertanya pada warga sana, mereka menjawab bahwa itu adalah Air Terjun Talang Ogan.

Dan menurut saya, Air Terjun Talang Ogan lebih pas karena lokasinya memang berada di Dusun Talang Ogan, Pekon Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jalan Utama Bandar Lampung-Gisting-Kota Agung.

Kalau dari Bandar Lampung, rutenya bisa menuju Pringsewu-Pagelaran-Talang Padang, lalu lewat jalan menuju arah Ulubelu, atau bisa juga lewat Gisting-Gunung Batu-Talang Beringin.

Saya sendiri belum pernah lewat Talang Padang. Saat saya berkunjung ke Air Terjun Talang Ogan, saya mengambil rute lewat Gisting, bisa dari atas Pasar Gisting atau dari pertiggan Gunung Batu sebelum tanjakan ke pasar Gisting.

Dari Gisting tinggal jalan lurus saja, menuju Gunung Batu, lalu lewat Simpang Kanan, Dadapan, dan akhirnya lewat Pasar Gunung Batu, belok kiri, lurus terus sampai ketemu Pekon Talang Beringin, sebelum Talang Jawa.

Di Pekon Talang Beringin ini tanya saja kepada warga sekitar lokasi Air Terjun Talang Ogan, karena memang sama sekali tidak ada papan penunjuk jalan menuju lokasi Air Terjun.

Jika menggunakan motor, motor bisa dibawa ke lokasi air terjun melewati jalan setapak yang masih terbuat dari tanah. Tapi jika musim hujan, jalan ini akan sulit dilewati.

parkir motor
Beberapa pengunjung memarkir motor di depan air terjun

Atau bisa juga jalan kaki menuju lokasi, lalu titipkan kendaraan di rumah penduduk. Jalan kakinya tidak terlalu jauh, sepertinya kurang dari 1 km dengan waktu perjalanan sekitar 20-30 menit.

Jika jalan-jalan beramai-ramai tidak akan terasa, karena sepanjang jalan, kita akan mendengar gemericik air di bawah serta pemandangan persawahan yang hijau, dan perkebunan di sebelah kiri.

Tiket Masuk Air Terjun Talang Beringin, Talang Ogan


Saya berkunjung ke Air Terjun ini menggunakan sepeda motor, dan motor langsung saya bawa menuju lokasi. Banyak juga pengunjung yang membawa motor dan memarkir motornya tepat di depan air terjun.

Air Terjun Talang Ogan Pulau Panggung ini sama sekali belum dikelola, baik itu oleh pemerintah, masyarakat, maupun swasta. Saat saya berkunjung, rute menuju air terjun benar-benar miskin petunjuk karena memang sama sekali tidak ada promosi wisata.

Dan karena air terjun ini belum dikelola, para pengunjung yang berwisata di air terjun ini juga sama sekali tidak dikenakan tiket masuk. Semua orang bebas masuk ke sana tanpa harus membayar satu rupiah pun. Benar-benar wisata gratis.

Di sekitar air terjun juga tidak ada yang berjualan, sehingga sangat disarankan untuk membawah bekal, terutama air minum, saat jalan kaki menuju lokasi.

Namun, saya yakin suatu saat air terjun akan dikelola dengan lebih profesional, dan tidak menutup kemungkinan juga akan dikenakan tiket masuk juga saat berkunjung ke sana.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkunjung ke Air Terjun di Pulau Panggung ini


Air Terjun Talang Ogan ini sangat saya rekomendasikan untuk anda kunjungi jika anda menyukai wisata air terjun dan wisata alam. Air terjunnya betul-betul indah, sangat jauh jika dibandingkan dengan Air Terjun Way Lalaan maupun Air Terjun Batu Putu Bandar Lampung.

Ketinggian Air Terjun saya perkirakan sekitar 30-50 meter, dan air terjun langsung jatuh ke bawah menghantam air di bawahnya sehingga suaranya terdengar dari kejauhan.
ketinggian air terjun pulau panggung
Ketinggian air terjun Talang Ogan Pulau Panggung

Airnya jernih, masih alami, tidak banyak sampah, malahan mungkin tidak ada sampah, sehingga perlu dijaga bersama kebersihannya.

Hembusan angin langsung membawa titik-titik air di sekitar air terjun membuat hawa dingin langsung menerpa tubuh kita, dan kesejukannya luar biasa. Sangat nyaman wisata di air terjun ini, bisa menenangkan pikiran.

Airnya juga tidak dalam sehingga kita bisa mandi di sana sepuasnya. Hanya saja, airnya sangat dingin, ciri khas air pegunungan, sehingga banyak juga pengunjung yang tidak tahan lama-lama mandi karena kedinginan.

Sebenarnya, air terjun di Talang Ogan ini bukan cuma satu, masih ada air terjun lagi di atasnya, hanya saja harus naik perbukitan dan medannya cukup sulit untuk dicapai. Untuk sampai ke air terjun yang satunya ini butuh guide dari warga setempat karena harus memasuki hutan bambu.

Jika anda ingin mengunjungi air terjun ini, ada beberapa hal yang saya sarankan:
  • Jangan bepergian sendirian atau cuma berdua. Lebih baik untuk ke sana beramai-ramai, mengingat jalanan menuju air terjun cukup sepi dan hanya berupa jalan setapak. Apa lagi jika membawa motor ke lokasi air terjun, karena konon banyak juga yang kehilangan motor.
  • Usahakan berkunjung di musim kemarau, karena kurang asyik jalan-jalan ke air terjun di musim hujan, dan juga jalannya licin mengingat jalan masih masih berupa tanah.
  • Bawa bekal terutama air minum yang cukup, meskipun jalan kaki sebenarnya tidak terlalu jauh.
  • Jangan buang sampah sembarangan. Tetap jaga kebersihan, jangan coret-coret, supaya keindahan alamnya tetap terjaga.
  • Jangan pernah malu dan segan untuk bertanya karena benar-benar tidak ada papan penunjuk jalan menuju air terjun.
  • Siapkan fisik sebelum berangkat.

Demikian informasi singkat mengenai Air Terjun Talang Ogan di Pekon Talang Beringing, Pulau Panggung, Tanggamus Lampung. Jangan sampai tidak berkunjung ke air terjun ini ya, kalau tidak ingin menyesal. Happy Traveling.

0 komentar