lokasi dan tiket masuk air terjun sinar tiga padang cermin pesawaran

Pesona Air Terjun Sinar Tiga Padang Cermin Pesawaran Lampung

JelajahLampung.ComPesawaran punya banyak tempat wisata alam yang mempesona, salah satunya adalah Air Terjun Sinar Tiga di Padang Cermin. Di kawasan ini, ada beberapa wisata curug yang bisa dikunjungi, sekaligus foto-foto di tempat wisata instagramable, bukit Harapan Jaya.

Jalan terus dari Padang Cermin, belok ke kanan ke arah Way Lima dan Gedong Tataan, akan ketemu dengan air terjun anglo.

Dan masih banyak wisata air terjun lainnya di kawasan ini.

Daya Tarik Air Terjun Sinar Tiga Padang Cermin Pesawaran

Pesawaran dengan keberadaan Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rahman di Gunung Pesawaran serta Gunung Ratai, telah menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu Kabupaten dengan segudang air terjun.

Selain terkenal dengan wisata pantainya.

Salah satu Air Terjun tersebut adalah Curug Sinar Tiga di Padang Cermin.

foto air terjun sinar tiga padang cermin pesawaran lampung
pesona curug sinar tiga, foto by instagram: @jalalludin_rummy

Bagi travelers para pencinta alam, air terjun merupakan salah satu spot favorit untuk dikunjungi selain naik ke gunung.

Memandang aliran air yang jatuh dari atas dengan pemandangan alam yang masih hijau dan asri akan memberikan kesejukkan dan kejernihan pikiran, yang sulit untuk didapatkan di daerah perkotaan.

Bagi anda yang selama ini berkutat dengan kesibukan yang tidak pernah berakhir, tidak ada salahnya sesekali meninggalkan semua itu.

Mulailah mendekat dengan alam, dengan menikmati keindahan Curug Sinar Tiga di Padang Cermin ini.

Curup Sinar Tiga memiliki debit air yang tidak banyak, namun ketinggiannya lumayan juga, sehingga pastinya sangat terasa kalau kita mandi di bawahnya.

Air Terjun Sinar 3 memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan bakalan terlihat indah banget saat sampai di lokasi.

Lelahnya perjalanan akan terbayar lunas saat hembusan angin membawa embun air dari air terjun.

Lokasi Air Terjun Sinar Tiga Padang Cermin Pesawaran

Alamat

Air Terjun atau Curup Sinar Tiga, sesuai dengan namanya, terletak di Dusun Sinar Tiga, Desa Harapan Jaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Rute

Jarak Air Terjun Sinar 3 dari Kota Bandar Lampung sekitar 56 km.

Untuk menuju lokasi ini traveler dapat menggunakan sepeda motor atau mobil, lalu dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 15-30 menit.

Peta rute menuju ke sini, bisa cek di google maps.

Rute untuk menuju ke Air Terjun Sinar Tiga ini dapat Anda tempuh dengan rute sebagai berikut (dari Terminal Rajabasa):

Rute menuju Air Terjun Sinar 3 satu arah dengan rute menuju Air Terjun Ciupang.

• Dari Terminal Rajabasa, arahkan kendaraan menuju Jalan RE Martadinata, Teluk Betung. Jalan ini adalah jalan menuju pantai-pantai di Teluk Lampung.
  • Jalan lurus terus mengikuti jalan utama menuju Pantai Mutun, lalu melewati Pasar Hanura, Pantai Sari Ringgung, Pantai Dewi Mandapa, Dermaga Ketapang, Pantai Klara, Pantai Klaura/Pantai Batu Mandi, Yonif 9 Marinir, Polsek Padang Cermin, sampai ketemu pertigaan.
  • Di pertigaan ini, ambil yang arah ke kanan, menuju Kecamatan Padang Cermin/Kedondong.
  • Kalau ambil arah kiri, kita malah akan sampai ke Marines Eco Park/Pantai Lembing dan Teluk Kiluan.
  • Setelah belok ke kanan di pertigaan tadi, kita akan melewati Desa Khepong.
  • Jika sudah sampai Desa Khepong ini, silakan tanya kepada warga sekitar, arah menunju Sinar Tiga, Desa Harapan Jaya. Nanti akan ketemu jalan ke arah kanan menuju Dusun Sinar 1, Sinar 2, dan Sinar 3.
  • Kendaraan hanya dapat masuk ke ujung dari Dusun Sinar 3, dan di situ kendaraan bisa dititipkan ke rumah warga.

Dikenal Juga Dengan Air Terjun Kabut

Air Terjun Sinar Tiga ini dikenal juga dengan nama Air Terjun Kabut karena di puncak air terjun ini sering terlihat berkabut.

Sama seperti Air Terjun Lembah Pelangi ya, dinamakan demikian karena sering terlihat ada pelangi di lokasi air terjun.

Jika ingin ke sini jangan terlalu sore.

Apalagi saat hujan turun.

Fasilitas Curug Sinar 3 Pesawaran

Setelah menitipkan kendaraan, travelers harus berjalan kaki menyusuri sungai untuk jalan menuju lokasi air terjun.

Medannya tidak terlalu ekstrem, dan saya yakin traveler dapat menjangkaunya dengan mudah.

Namun, sekali lagi, saran saya, agar travelers tidak berkunjung ke sini pada saat musim hujan.

Saat akan memasuki Sinar Tiga, traveler akan melewati jalan onderlagh dan beberapa jalan tanah.

Selanjutnya, setelah menitipkan kendaraan, traveler harus berjalan kaki menyusuri kebun cokelat serta lewat pinggiran sungai yang semakin menambah asyik perjalanan.

Jalan kakinya tidak lama, sekitar 20 menit saja.

Selain air terjun Sinar Tiga ini, sebenarnya masih ada air terjun cantik lagi di atasnya, hanya saja sampai saat ini, belum ada akses jalannya.

Air Terjun Sinar Tiga dikelola oleh Pokdarwis.

Jalan setapak terus diperbaiki oleh pengelola.

Dibangun juga fasilitas lain seperti tempat istirahat, tempat duduk pengunjung, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kamar mandi, demi kenyamanan pengunjung.

Gak kebayang kan, cewek, main ke air terjun, tapi gak ada kamar mandi buat ganti? hehehe.

Harga Tiket Masuk

Biaya masuknya murah.

HTM 10 ribu rupiah per orang.

Tiket dibeli di loket yang telah disediakan.

Tempat wisata ini sudah dikelola dengan lebih profesional.

Tiket masuknya juga resmi.

Akhir Kata

Salah satu destinasi wisata di Pesawaran adalah Curug Sinar Tiga ini.

Selamat berkunjung ke Air Terjun Sinar Tiga di Padang Cermin Pesawaran yah, mudah-mudahan puas dengan pemandangan alamnya. Happy Traveling.