Alam Wawai Simbol Keindahan Alam Bandar Lampung Yang Masih Terjaga

JelajahLampung.Com - Pernah berkunjung ke Bandar Lampung? Pernah wisata ke mana saja di Bandar Lampung? Pernahkah berkunjung juga ke Alam Wawai Eco Friendly Park? Wah, kalau sampai bilang belum tahu apa itu Alam Wawai, tentunya kurang mantap, apalagi kalau anda tinggal di Lampung.

Bandar Lampung bukan cuma sekedar Lembah Hijau, Wira Garden, Taman Kupu-kupu Gita Persada, atau Bumi Kedaton Resort. Bandar Lampung juga bukan cuma sekedar menikmati pantai di Teluk Lampung.

Bandar lampung ini mempunyai sebuah tempat wisata alam yang eksotis bagi anda yang mencintai fotografi dengan pemandangan alam yang hijau dari ketinggian perbukitan. Tempat wisata tersebut adalah Alam Wawai Eco Friendly Park.

Alam Wawai Lampung
Foto Alam Wawai An Eco Friendly park
Sesuai dengan namanya, wawai merupakan bahasa lampung yang artinya bagus. Jadi alam wawai dapat diartikan sebagai alam yang bagus atau indah untuk dinikmati oleh pengunjung.

Rute Menuju Alam Wawai


Alam Wawai ini terletak di Kelurahan Sukadanaham, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Dari Lembah Hijau berjarak kurang lebih 500 meter saja. Dan jika dari Summit Bistro, lokasi Alam Wawai Bandar Lampung ini terletak persis di depannya.

Hanya saja, pintu masuk Alam Wawai ini tidak dibuka dari depan Summit Bistro, melainkan lewat perkampungan di Sukadanaham.

Jika anda datang dari Kemiling, untuk menuju Alam Wawai ini, setelah lewat Lembah Hijau, akan anda jumpai Tugu Duren, persis di Tugu Duren ini silakan ambil jalan tanjakan yang ke arah kanan, jangan lurus atau belok kiri.

Jika dari arah Pasar Tamin, di Tugu Duren ini silakan ambil jalan lurus terus dan naik mengikuti jalan menuju Sukadanaham. Dari Tugu Duren ini pasti akan anda lihat Gerbang Masuk bertuliskan Selamat Datang di Kelurahan Sukadanaham.

Selanjutnya, jika anda datang dari arah Lazuardi Haura/Citra Land Bandar Lampung, persis sebelum tugu duren ambil jalan ke kiri yang menanjak.

Selanjutnya, dari tugu duren ini jalan terus menanjak dan sekitar 300 meter akan anda jumpai papan penujuk jalan menuju pintu masuk Alam Wawai, lokasinya ada di kiri jalan.

Pintu Masuk Alam Wawai tidak jauh dari jalan ini, cuma beberapa meter saja. Jalan menuju pintu Alam Wawai ini masih berupa batu-batu onderlagh.

Tiket Masuk Alam Wawai


Begitu masuk Alam Wawai, silakan langsung saja parkir kendaraan anda. Tersedia lahan parkir baik untuk mobil maupun motor.

Parkir motor dikenakan tarif Rp2.000,-. Jadi jangan kaget saat anda berkunjung ke sana, saat akan pulang, anda akan dimintai uang parkir.

Selanjutnya, di dekat tempat parkir, anda bisa membeli tiket masuk Alam Wawai. Harga tiket masuknya untuk hari Sabtu/Minggu/hari libur Rp20.000,- sedangkan hari Senin-Jumat Rp15.000,-. Anak kecil dengan tinggi badan lebih dari 80 cm juga dikenakan tiket masuk.

Harga tiket tersebut sudah termasuk 1 botol teh manis yang dapat anda tukarkan di kafe/kantin yang ada di Alam Wawai ini. Jika tidak ingin ditukar dengan teh botol, tiket masuk juga ternyata dapat ditukar dengan 1 pot tanaman hias lho.

Selain diberikan tiket masuk, kepada pengunjung juga akan diberikan sebuah gelang yang harus dipakai pada saat berkunjung di Alam Wawai ini. Di lokasi Alam Wawai, setiap pengunjung harus selalu memakai gelang ini.

gelang alam wawai
Gelang yang harus dipakai di lokasi
Perlu untuk anda ketahui juga, bahwa di Alam Wawai ini dilarang untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Jika anda membawa makanan dan minuman dari luar makan akan dikenakan biaya tambahan/charge dengan besaran 5-15 ribu, tergantung makanan/minuman yang dibawa.

Adapun jam operasional Alam Wawai ini dibuka dari pukul 10.00-17.00, kecuali jika ada kegiatan perkemahan/acara lain di malam hari.

Peraturan di Alam Wawai


Beberapa peraturan yang ada di Alam Wawai Eco Friendly Park adalah:
  1. Gelang harus selalu dipakai di Alam Wawai dan digunakan sebagai akses masuk ke fasilitas-fasilitas di Alam Wawai.
  2. Pengunjung di bawah pengaruh alkohol/obat terlarang atau sedang mengalami gangguan jiwa dilarang masuk.
  3. Penderita jantung harus memahami kondisi fisiknya saat berkeliling Alam Wawai mengingat kondisi alam yang ekstrim naik turun.
  4. Dilarang berlarian di Alam Wawai.
  5. Anak di bawah umur 13 tahun harus didampingi/dalam pengawasan orang tua.
  6. Pengunjung yang membawa makanan/minuman dari luar akan dikenakan biaya tambahan. Makanan/minuman yang dibawa dapat dititipkan di Teepee Dinner.
  7. Dilarang membawa binatang peliharaan.
  8. Staff Alam Wawai tidak diperkenankan menerima titipan barang apapun dari pengunjung.
  9. Dilarang berbuat di luar batas kewajaran seperti pencabulan, kekerasan seksual, perbuatan tidak senonoh.
  10. Dilarang membawa senjata api, tajam, dan sejenisnya serta obat terlarang.
  11. Merokok hanya diperbolehkan di area terbuka dan puntungnya agar dibuang pada tempatnya.
  12. Dilarang merusak/memetik/mencoret/mengukir tanaman/pohon yang ada.
  13. Dilarang menangkap/membunuh binatang monyet, kukang, bajing, atau burung dan lainnya.
  14. Dilarang buang sampah sembarangan.

Fasilitas Alam Wawai


Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Alam Wawai adalah:

1. Camping Ground

camping ground alam wawai
Area perkemahan Alam Wawai
Di area Camping Ground ini berdiri tenda-tenda perkemahan yang siap disewakan kepada para pengunjung. Camping Ground ini berdiri di atas taman yang hijau nan asri dengan suasana yang sejuk dan kontur tanah perbukitan yang naik turun.

Tenda kemah di Alam Wawai disewakan untuk rombongan minimal 30 orang. Jika anda datang sendirian atau misal cuma berlima bersama keluarga, maka tidak bisa menyewa tenda ini. Biasa sewanya sekitar 60ribu saja per orangnya kalau tidak salah, belum termasuk makan dan minum.

Untuk lebih pastinya anda dapat menghubungi pengelola Alam Wawai di 0811 791 6666.

Dari area Camping Ground ini pengunjung bisa menikmati indahnya Bandar Lampung dari ketinggian serta pemandangan laut Teluk Lampung di kejauhan.

Taman di Camping Ground ini juga dihiasi dengan tanaman bunga yang cantik, membuat mata kian sejuk dan rileks.

2. Amphitheatre dan Wahana Lain


Fasilitas Alam Wawai selanjutnya ada Amphitheatre, yang berbentuk panggung di bawah, lalu ada tempat duduknya di atas berundak-undak berbentuk setengah lingkaran, sehingga penonton dapat menonton pertunjukan di panggung bawah.

Amphitheatre ini biasanya digunakan untuk acara pertunjukan musik serta lokasi yang cukup keren untuk berfoto-foto.

Ada Juga Teepee Dinner, jika anda berkemah di Alam Wawai ini tentunya jangan sampai melewatkan makan di Teepee Dinner ini.

Dan kemudian, anda juga dapat berkunjung ke Secret Garden, atau taman rahasia. Namun, sampai saat ini saya belum tahu juga rahasianya apa lho ^_^.

3. Kamar Mandi dan Toilet

kamar mandi dan toilet alam wawai
Bangunan kamar mandi dan toilet Alam Wawai
Kamar mandi dan toilet di Alam Wawai dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat alami. Kamar mandi dan toiltet ini terdiri atas tumpukan bata merah yang sengaja tidak diaci bagian luarnya, sehingga masih tampah jelas bata-bata merah yang tersusun.

Atap yang digunakan pun dari dedaunan, yaitu sejenis darun rumbia, tidak menggunakan genteng, asbes atau seng, sehingga terlihat seperti rumah-rumah alami.

Termasuk pintu-pintu kamar mandinya juga dibuat dari kumpulan daun rumbia.

4. Mushola

mushola alam wawai
Tenda Mushola di Alam Wawai
Pengunjung Alam Wawai juga tidak perlu khawatir karena Alam Wawai menyediakan sebuah mushola yang berbentuk sebuah tenda, seperti tenda-tenda di area Camping Ground. Di dalam mushola ini disediakan juga sarung dan mukena untuk keperluan sholat pengunjung.

tempat wudhu
Tempat wudhu di dekat Mushola
Di dekat mushola, disediakan tempat wudhu yang juga dibuat agar kelihatan sealami mungkin.Tempat wudhu ini dibentuk dari batu-betu kecil yang dibentuk dengan menggunakan kawat yang dibentuk silinder memanjang ke atas.

5. Kantin

kantin alam wawai
Meja makan kantin Alam Wawai
Di kantin ini pengunjung dapat menukarkan tiket masuk dengan teh botol. Kantin di Alam Wawai ini juga merupakan sebuah tenda, hanya saja ukurannya cukup besar, dengan meja-meja yang tertata rapi di dalamnya membuatnya terlihat cantik.

Sayangnya menu yang disediakan masih sedikit, baru sekitar minuman, mie instan, dan juga mungkin somay. Pada acara-acara besar seperti tahun baru, mungkin menunya lebih banyak dan juga lebih ramai pengunjung.

Jika dibandingkan dengan fasilitas yang ada tempat wisata alam lainnya di Bandar Lampung seperti Lembah Hijau, Wira Garden, ataupun Gita Persada Butterfly, fasilitas di Alam Wawai ini memang terbilang masih kurang.

Di Alam Wawai ini belum disediakan arena bermain anak sehingga kurang cocok untuk bermain mengajak anak kecil.

Mudah-mudahan ke depannya fasilitas di Alam Wawai Lampung ini makin lengkap sehingga lebih menarik bagi pengunjung untuk datang dan datang lagi. Selamat menjelajah ya.

0 komentar