Air Terjun Lembah Pelangi Ulu Belu, Wisata Tanggamus Lampung Yang Bikin Ngiler

JelajahLampung.Com - Air Terjun Lembah Pelangi Ulu Belu Tanggamus - Jika anda ditanya tempat wisata alam apa yang sedang booming di Lampung, jawabannya adalah Air Terjun Lembah Pelangi, yang ada di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Air Terjun Lembah Pelangi Ulubelu
Keindahan Air Terjun Lemhah Pelangi Ulu Belu, Tanggamus
Kabupaten Tanggamus memang menyimpan sejuta potensi wisata alam mengingat konturnya berupa pegunungan serta memiliki dataran rendah juga berupa garis pantai dari Teluk Lampung sampai dengan Teluk Semaka.

Tidak heran jika di Kabupaten Tanggamus ini dapat ditemukan banyak sekali tempat wisata menarik, meskipun selama ini kurang diekspos dan kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Banyak sekali tempat wisata di Kabupaten Tanggamus yang kurang terjamah karena kurangnya promosi dan juga infrastruktur yang kurang memadai. Salah satunya adalah Air Terjun Lembah Pelangi di Ulu Belu ini yang mulai ramai pengunjung pada tahun 2015 lalu.

Lewat blog jelajahlampung.com ini mudah-mudahan wisata Lampung makin maju dan makin dikenal di dunia luar sana.

Rute Menuju Air Terjun Lembah Pelangi


Air Terjun Lembah Pelangi di Kecamatan Ulu Belu ini pada awalnya bernama Air Terjun Pondok Rejo. Namanya berubah menjadi Air Terjun Lembah Pelangi karena pada saat cuaca cerah biasanya akan muncul pelangi di sekitar air terjun tersebut .

Jika anda pernah jalan-jalan ke Bendungan Batu Tegi tentu tidak akan sulit untuk menemukan jalan menuju Air Terjun Lembah Pelangi ini.

Untuk sampai ke Air Terjun Lembah Pelangi, anda bisa menempuhnya dari Talang Padang. Di simpang Talang Padang, sebelum pasar Talang Padang, dari arah Bandar Lampung, ambil arah ke kanan.

Patokannya, ada plang penunjuk jalan menuju Bendungan Batu Tegi di simpang Talang Padang ini, ambil arah kanan dari Bandar Lampung.

Sebenarnya bisa juga dari simpang di pasar Talang Padang, ambil kanan juga dari Bandar Lampung, lalu lurus terus menuju Bendungan Batu Tegi. Jarak dari Talang Padang - Air Terjun Lembah Pelangi kurang lebih 50 km.

Setelah jalan lurus terus menuju arah Batu Tegi dari simpang Talang Padang ini, sebelum sampai ke Batu Tegi, pengunjung akan menemukan Simpang lagi, satu arah menuju Batu Tegi dan satu arahnya lagi menuju Ulu Belu.

Ambil jalan yang menuju Ulu Belu, mengikuti jalan utama Ulu Belu sekitar perjalanan 1 jam lagi lamanya.

Sepanjang perjalanan traveler akan menemukan jalan dengan berbagai kontur, karena lokasinya memang yang berada di daerah pegunungan sehingga akan dijumpai jalan naik, turun, dan berkelok-kelok.

Sebelum sampai ke Air Terjun Lembah Hijau, traveler akan mendapati Danau Hijau di Ulu Belu serta PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Ulubelu.

Ulu Belu ini memang terkenal dengan adanya PT PGE ini yang merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, sumber pemasok listrik di Lampung.

Dari Danau Hijau perjalanan dilanjutkan ke Desa Ngarip, lalu dari situ lanjut lagi ke Pekon Sukamaju dan parkir kendaraan di kebun kopi warga yang sudah dijadikan lahan parkir.

Jangan heran kalau di Ulu Belu ini akan dijumpai banyak kebun kopi karena Ulu Belu ini memang terkenal sebagai penghasil kopi Robusta di Lampung.

Dari kebun kopi ini pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi Air Terjun Lembah Pelangi, sekitar 10-15 menit perjalanan. Jadi siapkan fisik sebelum berangkat ke sini ya.

Jika kurang jelas, pada saat berkunjung, jangan lupa untuk bertanya kepada warga setempat ya supaya tidak nyasar terlalu jauh.

Oiya, untuk mencapai Air Terjun Lembah Pelangi ini, memang baru bisa dicapai menggunakan kendaraan pribadi, belum ada angkutan umum yang ke sana. Sayang banget ya.

Namun, bagi yang terpaksa harus menggunakan kendaraan umum, dari Bandar Lampung bisa menggunakan bis umum jurusan Rajabasa-Kota Agung, lalu berhenti di Pasar Talang Padang.

Dari Pasar Talang Padang perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek.

Jika diringkas, rute menuju Air Terjun Ulu Belu dari Bandar Lampung adalah:
Bandar Lampung - Gedong Tataan - Gading Rejo - Pringsewu - Pagelaran - Talang Padang - Simpang Batu Tegi Ulu Belu - Danau Hijau - Desa Ngarip - Pekon Sukamaju - Air Terjun Lembah Pelangi.

Air Terjun Lembah Pelangi Ada Dua Lho


Sesampai di lokasi, akan anda dengar gemuruh air yang jatuh dari ketinggian, menghantam air yang di bawahnya. Embun dari air yang tertiup angin akan menyapu wajah anda dan sensasi dingin dan sejuk langsung terasa.

Dan eksotismenya, Air Terjun Lembah Pelangi di Ulu Belu ini terdiri atas 2 air terjun, satu di bagian atas dengan ketinggian air terjun sekitar 90 meter. Cukup tinggi bukan.

Air Terjun yang ke dua, berjarak sekitar 50 meter ada di bawah air terjun yang pertama, dan medan menuju air terjun yang ke dua ini lebih curam. Jadi pengunjung harus ekstra hati-hati saat menuju ke air terjun ke dua ini.

Jika Air Terjun Lembah Pelangi yang pertama hanya berupa satu aliran air yang cukup tinggi, berbeda dengan air terjun yang kedua. Ada dua aliran air terjun di lokasi ke dua ini, dengan ketinggian yang lebih pendek, dan dengan pemandangan yang super indah.

Saat berkunjung ke Air Terjun Lembah Pelangi ini, jangan lupa foto-foto ya, nyesel deh kalau sampai gak foto-foto hehehe.

Selain air terjun, ternyata ada sumber air panas alami juga lho di Air Terjun Lembah Pelangi. Setelah puas mandi dan badan kedinginan menikmati air terjun, pengunjung dapat merasakan kehangatan dari sumber air panas ini, keren bukan.

Tips Traveling ke Air Terjun Lembah Pelangi


Saat berkunjung ke Air Terjun Lembah Pelangi, ada beberapa saran dari saya:
  1. Usahakan pergi beramai-ramai atau paling tidak ada teman saat perjalanan menuju air terjun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kurang ramai juga kan kalau traveling ke air terjun cuma sendiri atau berdua?
  2. Siapkan bekal seperlunya supaya tidak lemas di jalan hehehe.
  3. Kalau bisa, bawa kendaraan sendiri, karena tidak ada angkutan umum ke lokasi, biar lebih hemat.
  4. Jangan malu bertanya jika belum tahu lokasinya.
  5. Selalu jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan, jangan corat-coret sembarang tempat. Jadilah traveler yang cinta lingkungan.
  6. Siapkan fisik, karena harus berjalan kaki melewati medan yang cukup menguras tenaga.
  7. Berkunjunglah pada musim kemarau agar liburan makin puas.

Bagaimana, sudah siap berkunjung ke Air Terjun Lembah Pelangi di Ulu Belu, Tanggamus, Lampung ini?

0 komentar