Taman Merdeka, Pusat Rekreasi Kota Metro Lampung

JelajahLampung.Com - Taman Merdeka Kota Metro Lampung merupakan salah satu Tempat Wisata yang ada di Kota Metro. Taman Merdeka berbentuk sebuah taman yang terletak di jantung Kota Metro Provinsi Lampung. Letaknya yang sangat strategis membuat taman ini selalu ramai dijadikan tempat nongkrong anak muda, tempat kumpul keluarga, dan tempat hiburan serta rekreasi bagi warga Kota Metro.

taman merdeka kota metro

Taman Merdeka Kota Metro terletak persis di tengah-tengah Kota Metro. Lokasinya tidak jauh dari Rumah Sakit Daerah Kota Metro.

Taman Merdeka ini mirip dengan alun-alun kalau di Jawa, hanya saja tempatnya memang benar-benar taman dengan pepohonan yang rimbun juga.

Berbeda dengan alun-alun yang biasanya berupa area tanah lapang dengan pohon beringin yang tumbuh di tengah-tengahnya.

Namun, kalau dilihat-lihat lagi, keberadaan taman ini mirip-mirip dengan keberadaan alun-alun yang ada di Jawa. Tidak heran juga sih mengingat di Kota Metro ini penduduknya banyak dari Suku Jawa.

Di sebelah barat taman ini berdiri dengan kokoh sebuah Masjid Agung Kota Metro. Mirip benar dengan keberadaan masjid agung di Jawa yang terletak persis di sisi barat alun-alun kota.

Kota Metro sendiri merupakan daerah otonomi baru yang memisahkan diri dari Kabupaten Lampung Tengah pada tahun 1999. Sebelumnya, Kota Metro merupakan ibu kota Lampung Tengah.

Kota Metro terletak sekitar 40 km dari Kota Bandar Lampung dengan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam. Jika tidak membawa kendaraaan pribadi, anda bisa naik bus dari terminal Rajabasa ke Kota Metro.

Taman Merdeka Kota Metro sebagai Tempat Wisata Gratis


Tempat wisata di Kota Metro memang tidak sebanyak yang ada di Kabupaten/Kota lain di Provinsi Lampung. Kota Metro merupakan salah satu daerah yang tidak mempunyai pantai sehingga wisatanya paling berupa taman atau kolam renang.

Namun, bukan berarti Kota Metro ini tidak punya daya tarik sendiri. Salah satu pesona Kota Metro adalah keberadaan Taman Merdeka ini. Taman ini selalu ramai dikunjungi dari anak-anak, remaja, sampai orang tua setiap harinya.

Semakin sore Taman Kota Metro ini semakin ramai pengunjung. Bukan hanya pengunjung, pedagang pun ramai di pinggiran taman kota ini. Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan mengingat berbagai makanan tersedia di Taman Merdeka Metro.

Taman Merdeka semakin ramai pada akhir pekan. Setiap malam minggu, taman ini sangat ramai pengunjung, mungkin seperti keberadaan Alun-Alun Kidul Jogja.

Di Minggu paginya taman ini digunakan sebagai tempat berolah raga. Beberapa sarana olah raga tersedia di Taman Merdeka Kota Metro. Pengunjung juga bisa jogging mengelilingi Taman Kota yang cukup lebar ini.

Acara car free day digelar setiap minggunya membuat taman ini makin ramai dengan pengunjung yang jalan-jalan pagi.

Taman Merdeka juga biasa dijadikan tempat untuk menggelar berbagai event seperti acara festival, acara hiburan, acara bedah buku, event pameran foto-foto, dan kegiatan-kegiatan lainnya di Kota Metro.

Taman Merdeka Kota Metro telah menjadi sebuah tempat wisata, ikon khas Kota Metro seperti Gapura Bambu Pringsewu. Taman Merdeka adalah tempat wisata gratis, setiap orang dapat menikmati ruang publik ini.

Taman Merdeka Metro sebagai Tempat Bermain Anak


Sangat jarang kita temui taman kota yang luas di Provinsi Lampung. Apalagi di Kota Bandar Lampung, anda tidak akan menemukan taman yang lebar layaknya Taman Merdeka Kota Metro ini. Padahal taman merupakan salah satu tempat bermain yang sangat asyik buat anak.

Di Bandar Lampung, jika anda ingin menikmati tempat hijau sebagai tempat bermain anak, anda harus datang ke Lembah Hijau, Wira Garden, Boemi Kedaton, atau Taman Kupu-kupu Gita Persada. Tempat-tempat tersebut  memang asyik tapi tidak gratis.

Di Metro, untuk menikmati tempat hijau sebagai area bermain anak, anda cukup datang ke Taman Merdeka Kota metro. Selain gratis, tempatnya pun luas sehingga anak bisa bermain sepuasnya di sana.

Anak-anak bisa bermain dengan leluasa karena taman ini begitu luas. Tempat-tempat duduk pun disediakan di berbagai lokasi taman. Setelah capek bermain anak-anak bisa beristirahat di bawah pohon yang rindang.

taman hijau kota metro

Di tengah-tengah kota Metro berdiri sebuah Tugu Meterm. Tugu ini jika dilihat-lihat mirip dengan Trophy Europa League. Berbentuk seperti dua parabola yang disatukan ditengah-tengahnya, lalu di atasnya terdapat sebuah bola perunggu yang katanya harganya sampai 2 milyar rupiah.

tugu meterm taman merdeka

Tugu Meterm ini biasa dijadikan tempat foto-foto, cocok untuk dijadikan background foto-foto anda. Bangunannya memang unik dan terlihat keanggunannya.

Selanjutnya, anak-anak bisa naik odong-odong untuk mengelilingi Taman Kota Metro. Ada banyak sekali odong-odong di Taman Merdeka ini dengan berbagai bentuk, ada yang berbentuk gajah, burung, dan segala macam.

odong odong taman merdeka

Satu kali keliling Taman Kota dikenakan tarif 5 ribu rupiah saja. Tentunya semakin asyik bermain bersama si kecil dengan keliling taman memakai odong-odong.

Odong-odong di Taman Merdeka disediakan jalur tersendiri dibedakan dengan jalur untuk kendaraan umum sehingga pengunjung tidak usah khawatir masalah keselamatan.

Fasilitas Pendukung Taman Merdeka


Lahan parkir kendaraan telah disediakan di lokasi taman. Untuk parkir ini tidak gratis alias dikenakan tarif parkir oleh petugas parkir. Lahan parkir pun cukup luas.

Selain parkir, banyak juga tersedia tempat duduk untuk istirahat pengunjung. Di pinggiran taman, para penjual mendirikan tenda-tenda kecil sebagai tempat makan pelanggan. Anda bisa menikmati nasi goreng, bakso, mie ayam, jagung bakar, es krim, dan berbagai makanan dan minuman lainnya.

Di sisi timur taman, ada toilet umum di bawah tanah. Toilet ini terlihat unik karena bentuk toiletnya berupa gajah, lalu disediakan pintu masuk ke bawah tanah di bagian dada gajah tersebut.

toilet gajah taman merdeka

Di sebelah barat taman terdapat masjid agung yang lokasinya sangat dekat dengan taman. Jika anda ingin beribadah, tinggal jalan kaki saja. Di masjid ini juga terdapat toilet jika anda tidak ingin menggunakan toilet umum.

Mungkin itu saja ulasan saya mengenai Taman Merdeka Kota Metro. Saya yakin banyak yang belum saya tuliskan mengenai taman ini, dan anda bisa menambahkannya di sini.

Taman ini merupakan tempat favorit saya saat berkunjung ke Metro di sore hari. Mengunjungi Taman Merdeka ini serasa mengunjungi Alun-alun Kidul Jogja, nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Selamat berkunjung yaaa.

2 komentar