Wisata Gratis ke Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman Lampung

JelajahLampung.Com - Wisata Gratis ke Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman Lampung. Saya yakin banyak masyarakat yang belum tahu mengenai Tempat Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman ini. Padahal lokasinya tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Bandar Lampung. Masyarakat Lampung mungkin lebih mengenal Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pulau Pahawang atau Teluk Kiluan dan Krui.

koleksi rusa penangkaran rusa tahura war

Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman atau Penangkaran Rusa Tahura WAR merupakan sebuah tempat penangkaran rusa yang secara teknis dikelola oleh polisi hutan. Penangkaran Rusa Tahura War secara resmi mendapat izin pada tanggal 7 Desember 2012 dengan luas lahan sekitar 2 hektar.

Rusa yang dikembangkan di penangkaran ini adalah Rusa Timur. Rusa Timur dipilih karena perawatan yang mudah dan juga indukannya yang mudah didapatkan dari daerah Bogor. Rusa-rusa di sini dibiarkan hidup liar tanpa dikandangkan.

Saat rusa melahirkan anaknya, anak tersebut tidak boleh dipegang oleh manusia, katanya jika kena tangan manusia maka si induk tidak akan mau merawat anaknya.

Koleksi rusa di sini memang masih belum terlalu banyak, sekitar 40-50 ekor mungkin. Pada awal operasi, penangkaran rusa ini hanya merawat 24 ekor rusa saja dan kini sudah bertambah seiring kelahiran beberapa rusa.

Lokasi Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman


Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman ini terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Untuk menuju ke sana, jarak paling dekat ditempuh dari Kemiling. Selain dekat, jalannya juga bagus.

Rute menuju ke Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman cukup mudah, dari perempatan setelah SMA 7 Bandar Lampung, ambil arah kanan dan ikuti terus jalan utama. Arahnya sama persis menuju Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung.

Untuk menuju ke Penangkaran Rusa ini bisa juga ditempuh dari Teluk Betung, menuju arah Wira Garden, Bumi Kedaton Resort, lalu lurus terus ke arah Batu Putu dan terus lagi mengikuti jalan sampai ketemu Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling.

Penangkaran Rusa Tahura WAR ini letaknya dekat dengan Taman Kupu-kupu Gita Persada Bandar Lampung. Jaraknya kurang lebih sekitar 1 km sebelum Taman Kupu-kupu Gita Persada dari arah Kemiling. Lokasinya pun persis di pinggir jalan utama, di sebelah kiri jalan.

Saat anda sampai di Desa Sumber Agung, jalan saja pelan-pelan sambil melihat ke kiri jalan. Jika anda melihat Gapura Penangkaran Rusa Tahura WAR seperti di bawah ini, anda tinggal masuk saja dan silakan melihat-lihat rusa yang dipelihara di penangkaran tersebut.

pintu masuk penangkaran rusa tahura war

Pertama kali masuk ke penangkaran rusa ini, anda akan menjumpai pohon beringin unik yang tumbuh di batu besar. Tak lupa juga saya mengambil gambar ini untuk kenang-kenangan dari Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman.

pohon beringin unik

Saat saya mengunjungi penangkaran rusa ini, kebetulan dua hari sebelumnya telah digelar Festival Durian di halaman utama tempat ini, sehingga masih ada sisa-sisa Mahkota Siger Lampung tempat meletakkan durian.

Desa Sumber Agung memang terkenal dengan duriannya. Ribuan pohon durian tumbuh di desa ini. Rencananya, Desa Sumber Agung akan dijadikan sebagai Kampung Durian di Lampung. Kampung Durian ini merupakan salah satu objek wisata yang bakal dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Tentunya semakin asyik kan wisata ke Kampung durian lalu melihat rusa di Penangkaran Rusa dan dilanjutkan bermain ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Semuanya penuh dengan pemandangan alam yang hijau.

Oh iya, di Penangkaran Rusa Tahura WAR ini selain rusa, ternyata dipelihara kelinci juga lho. Kelincinya juga dibiarkan hidup liar, dan ada yang dikandangkan juga.

kelinci di penangkaran rusa

Sayangnya, sepertinya kita tidak diperkenankan masuk ke dalam tempat penangkaran. Kita hanya bisa menyaksikan rusa-rusa yang cantik dari luar pagar. Padahal di dalamnya, mengalir sebuah sungai kecil yang cantik. Saya ingin sekali merasakan dinginnya air tersebut.

Wah, dari ketidaksengajaan, akhirnya saya menemukan tempat yang cantik berupa Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman. Begitu lihat Gapuranya, saya langsung berhenti padahal sebelumnya belum pernah tahu tempat apa ini. Jangan lupa mampir ke sini ya kalau lewat Desa Sumber Agung. Apa lagi jika bersama anak-anak, pasti bisa menjadi acara wisata gratis di Bandar Lampung.

Selamat berkunjung ke Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman.

0 komentar