Pantai Mutun Lampung, Wisata Pantai Paling Populer di Serambi Sumatera

JelajahLampung.Com - Pantai Mutun Lampung, Wisata Pantai Paling Populer di Serambi Sumatera. Jika anda berkunjung ke Lampung dan bertanya kepada masyarakat Lampung, pantai mana yang enak untuk dikunjungi di sekitar Kota Bandar Lampung, saya yakin salah satu jawabannya adalah Pantai Mutun Lampung.

pantai mutun lampung

Pantai Mutun Lampung merupakan salah satu pantai paling populer di Lampung. Masyarakat Lampung pasti sudah mengenal, minimal pernah mendengar tentang Pantai Mutun. Bukan hanya warga Kota Bandar Lampung, warga luar Kota Bandar Lampung pun sudah sangat familiar dengan Pantai Mutun.

Pantai Mutun merupakan pantai dengan pasir putih yang sangat cocok dijadikan tempat bermain bagi anak. Karena letaknya berada di daerah Teluk Lampung, maka ombaknya relatif kecil dan sangat ramah untuk mandi anak anda yang masih kecil.

ombak pantai mutun

Terlihat Pantai Mutun ini airnya masih jernih dengan gelombang ombak yang tenang dengan hamparan pasir putih di pinggirnya. Jika anda berkunjung dengan anak anda ke sini, saya yakin anak anda akan bermain pasir dan mungkin menumpuk-numpuk pasir seperti ini:

pasir pantai mutun

Sangat asyik bukan? Duduk-duduk di pasir dengan si kecil, menemaninya menumpuk-numpuk pasir, lalu setelah tinggi pasir tersebut dihancurkan oleh ombak, lalu disusun lagi sambil tertawa dan bersantai bersama anak

Tawa anak adalah obat terbaik untuk menyembuhkan lelah anda setelah seminggu bekerja, ayo luangkan waktu anda untuk berlibur ke Pantai Mutun, Pesawaran, Lampung ini.

Alamat dan Rute ke Pantai Mutun Lampung


Alamat Pantai Mutun Lampung berada di Teluk Lampung, tepatnya berada di Desa Sukajaya, Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Di Pesawaran ini memang banyak terdapat wisata pantai. Sepanjang jalan dari Teluk Betung menuju Padang Cermin, Punduh Pidada, lalu sampai ke Teluk Kiluan Tanggamus, adalah potensi wisata pantai Lampung yang potensial.

Meskipun terletak di Kabupaten Pesawaran, Pantai Mutun justru lebih dekat ke Bandar Lampung. Bahkan banyak juga yang mengira Pantai Mutun itu terletak di Bandar Lampung.

Jarak dari Kota Bandar Lampung ke Pantai Mutun kurang lebih sekitar 19 km. Dalam keadaan lancar, waktu tempuh dari Bandar Lampung ke Pantai Mutun sekitar 30 menit.

Untuk sampai ke Pantai Mutun, dari Kota Bandar Lampung, anda perlu berkendara ke arah barat daya, kemudian ke arah selatan, melewati Jalan RE Martadinata, Teluk Betung. Tinggal ikuti saja Jalan RE Martadinata ini, lurus, sampai nanti ada pertigaan, di sebelah kiri jalan ada penanda yang menunjukkan jalan menuju ke Pantai Mutun.

Sebelum mencapai Pantai Mutun, anda akan melewati beberapa pantai wisata lainnya, di antaranya Pantai Puri Gading, Pantai Duta Wisata, dan Pantai Queen Arta. Pantai Mutun terletak sebelum Pantai Sari Ringgung.

peta pantai mutun

Dari pertigaan itu, anda harus masuk lagi sekitar 1 km, melewati jalan-jalan berbatu yang belum di aspal. Salah satu kekurangan dari wisata di Lampung adalah, fasilitas infrastukturnya yang belum terlalu diperhatikan oleh pemerintah.

Ada Dua Pengelola Pantai di Pantai Mutun Lampung


Sesampainya anda di Pantai Mutun, anda harus melewati portal tiket dulu, lalu membayar tiket masuk yang harganya tergantung kendaraan yang anda bawa. Motor, mobil, bus kecil dan besar dikenakan tarif tiket yang berbeda-beda.

Harga tiket masuk Pantai Mutun ini tidak dihitung per orang, tetapi dihitung berdasarkan kendaraannya. Untuk tiket motor, terakhir saya ke sana (Januari 2016) harganya 15 ribu rupiah saja. Anda naik motor sendiri, berdua, atau bertiga tetap saja harga tiketnya 15 ribu rupiah.

Perlu anda ketahui juga, bahwa di pantai Mutun ini ada dua pengelola pantai yang berbeda. Berikut ini dua Pantai yang ada di Pantai Mutun:

1. Ms Town Pantai Mutun


Pada saat anda pertama kali masuk Pantai Mutun, dengan tiket masuk 15 ribu untuk motor tadi, anda hanya masuk ke pantai yang pertama yaitu Ms Town Pantai Mutun. Ms Town ini dikelola oleh perusahaan yang bernama MS Corporation.

Tak usah khawatir, pantai ini terbentang lebar dengan fasilitas yang lumayan lengkap juga. Pantai Ms Town Mutun ini lebih panjang dibandingkan dengan pantai yang kedua (Pulau Tembikil Hi Haruna Jaya). Dengan hanya membayar 15 ribu saja anda sudah puas mandi di pantai ini.

Pasir di Ms Town Pantai Mutun ini pun lebih halus dibandingkan dengan Pulau Tembikil Hi. Haruna Jaya. Gambar di atas adalah gambar pasir di Ms Town Pantai Mutun.

2. Pulau Tembikil Hi. Haruna Jaya


Pantai yang kedua yang ada di Pantai Mutun adalah Pulau Tembikil Hi Haruna Jaya. Pantai ini dikelola oleh Haruna Jaya, pengelola yang berbeda dengan pantai Ms Town tadi.

Untuk masuk ke Pantai ini, anda harus membayar tiket lagi setelah melewati gerbang masuk pantai ini.

pantai Hi Haruna Jaya
Gerbang Masuk Pulau Tembikil Hi Haruna Jaya
Harga Tiket Masuk ke Pulau Tembikil Hi Haruna Jaya (terakhir update Januari 2016) adalah sebagai berikut:
  • Motor: Rp10.000
  • Mobil + orang : Rp30.000
  • Bus Kecil: Rp75.000
  • Bus Besar: Rp100.000

Fasilitas Pantai Mutun Lampung

Mandi di pantai tentunya tidak akan nyaman jika tidak dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman pula. Untuk Pantai Mutun ini, anda tidak usah khawatir. Fasilitasnya lumayan lengkap. Berikut ini fasilitas yang disediakan oleh Pantai Mutun:

1. Waterboom


Waterboom tidak hanya ada di kolam renang. Di Lampung, anda dapat bermain Waterboom di Pantai Mutun. Untuk menikmati Waterboom ini, anda akan dikenakan biaya tambahan lagi, jadi jangan kaget jika nanti diminta tambahan biaya.

Waterboom ini hanya terdapat di Pulau Tembikil Hi Haruna Jaya. Di Pantai Ms Town sendiri tidak ada wahana waterboom ini.

Jadi, jika anda ingin bermain waterboom, anda harus masuk dulu ke Pantai Hi Haruna Jaya dengan membayar tiket masuk sesuai dengan kendaraan yang anda bawa. Setelah masuk, anda harus membayar tiket lagi untuk bermain waterboom.

Waterboom yang ada di Pantai Mutun ini tergolong tinggi, lebih tinggi dari waterboom yang ada di Pantai Sari Ringgung. Bagi anda yang punya anak di bawah umur 7 tahun, lebih baik bermain waterboom di Pantai Sari Ringgung, karena waterboom di sana jauh lebih pendek.

Anda bebas bermain waterboom di Pantai Mutun ini setelah membayar tiket masuk. Waterboom ini selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak.

2. Pondokan


Di Pantai Mutun juga disediakan banyak sekali pondokan, baik di Hi Haruna Jaya maupun Ms Town. Pondokan ini disewakan dengan tarif sewa sekitar Rp30.000 s.d. Rp100.000 per harinya. Tarif sewa hari libur lebih mahal dibandingkan dengan weekday.

Pondokan di Pantai Mutun pun sangat rindang, karena di kanan kiri berdiri pepohonan dengan daun yang lebat. Pohon mayoritas yang ditanam di sana adalah Pohon Waru. Jika tidak menyewa pondokan pun, anda dapat istirahat dengan sejuk di bawah pohon setelah berpanas-panasan di pantai.

Pondokan di Pantai Mutun

Terlihat betapa rindangnya di bawah pohon waru ini, tidak sepanas di pantai-pantai lainnya. Nyaman untuk berteduh dari teriknya matahari.

3. Tempat Bilas dan Toilet


Di Pantai Mutun ini tersedia beberapa tempat bilas. Apa jadinya jika mandi di pantai tidak ada tempat bilas kan? Sudah basah kuyup, badan lengket kena air laut, segar sekali jika langsung dibilas menggunakan air tawar.

Terakhir saya ke Pantai Mutun, Januari 2016, untuk mandi di tempat bilas kita harus membayar sebesar Rp3.000.

Tempat bilas ini menjadi tidak nyaman saat pengunjung terlalu banyak. Di samping antrinya yang lama, sering juga tempat bilas ini kehabisan air. Repot kan? Makanya, jika anda ingin berkunjung ke Pantai Mutun, sebisa mungkin hindari hari libur besar seperti tahun baru.

4. Mushola


Bagi anda umat muslim, disediakan juga Mushola. Mushola di Pantai Mutun ini berada di tengah-tengah, dekat dengan tempat orang-orang jualan baju, di belakang tempat pemandian.

Jika anda tidak mempunyai sarung/mukena, disediakan juga sarung, mukena, dan sajadah di Mushola. Insyaalloh kenyamanan ibadah tetap terjaga, karena Mushola memang tidak terlalu dekat dengan keramaian.

5. Kafe dan Kantin


Lupa makan sebelum berangkat? Tenang saja, banyak sekali penjual makanan di Pantai Mutun. Mau bakso ada. Mau es ada. Mau Siomay ada. Mau makan nasi ada. Segala macam minuman ada. Jika lupa membawa minuman dari rumah, tinggal beli saja di kantin Pantai Mutun.

Selain kafe dan kantin, bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh, ada juga penjual souvenir di Pantai Mutun ini. Anda dapat membeli kaos dan berbagai suvenir lainnya. Gak seru juga kan jalan-jalan tapi gak bawa oleh-oleh?

6. Banana Boat, Kano, Motor ATV, Selancar Angin


Pantai Mutun juga menyediakan sewa Banana Boat, Kano, Motor ATV, dan Selancar Angin. Bagi pengunjung yang suka untuk meluncur ke tengah lautan, silakan menggunakan fasilitas ini. Kalau tidak suka ke tengah laut, anda bisa sewa kano saja untuk renang di pinggiran pantai.

7. Sewa Ban dan "Bebek-bebekan".


Untuk belajar renang anak anda, anda dapat menyewa "bebek-bebekan" di Pantai Mutun ini. Banyak orang yang menyewakan ban dan "bebek-bebekan" ini. Jika anda ingin membawa sendiri dari rumah juga bisa.

pelampung

8. Perahu ke Pulau Tangkil


Bermain di Pantai Mutun tentunya kurang seru jika tidak menyeberang ke Pulau Tangkil. Anda akan menikmati suasana yang lebih alami di Pulau Tangkil ini.

Jika anda ingin menyeberang ke Pulau Tangkil, tinggal sewa perahu saja. Biaya sewa perahu biasanya sebesar Rp10.000 s.d. Rp15.000 per orang, tergantung jumlah penumpang dalam satu perahu.

Bagaimana, indah kan Pantai Mutun Lampung itu? Selamat berkunjung ke Pantai Mutun. Selamat berlibur.

4 komentar