Daftar Nama Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung Terbaru

Daftar Nama Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung Terbaru - Provinsi Lampung, sebagai Provinsi yang dahulunya tergabung dengan Provinsi Sumatera Selatan, telah beberapa kali melakukan pemekaran Kabupaten/Kota. Pemekaran ini merupakan dinamika pemerintahan yang tidak dapat dipungkiri lagi.

Logo Provinsi Lampung

Pada awal pendiriannya, Lampung hanya memiliki 3 Kabupaten. Dalam perjalanannya, 3 Kabupaten tersebut telah beranak pinak, dan sampai sejauh ini, Provinsi Lampung terdiri atas 2 Kota Madya dan 13 Kabupaten yang secara resmi telah berdiri. Dua Kabupaten lainnya akan menyusul seiring akan dibentuknya daerah otonom baru pecahan dari Lampung Tengah.

Berikut ini adalah Daftar Nama Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Lampung:

1. Kota Bandar Lampung

Kota Bandar Lampung merupakan ibu kota Provinsi Lampung. Kota Tapis Berseri ini telah menjadi kota yang cukup ramai. Beberapa jalan di Bandar Lampung terlihat mengalami kemacetan, pada jam-jam tertentu, meskipun tidak semacet jakarta.

Penduduk Kota Bandar Lampung kini kian padat, apa lagi di pusat kotanya. Jika dilihat dari peta, luas wilayah kota Bandar Lampung ini tidak seluas Kabupaten lain yang ada di Lampung.

2. Kota Metro

Kota Metro terletak sekitar 45km dari Bandar Lampung. Kota Metro ini sebelumnya merupakan ibu kota dari Kabupaten Lampung Tengah. Sejak tahun 1999, Kota Metro memisahkan diri dari Lampung Tengah, dan dibentuklah daerah otonom mandiri yang diberi nama Kota Metro.

Meskipun namanya kota, namun faktanya belum seramai kota-kota lainnya. Jika dibandingkan dengan Kota Bandar Lampung, maka keramaian Kota Metro belum seberapa. 

3. Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan merupakan gerbang Pulau Sumatera. Makanya sangat layak jika Sumatera Selatan disebut sebagai Serambi Sumatera. Akses ke Pulau Sumatera dicapai lewat Sumatera Selatan, tepatnya penyeberangan dari Merak ke Bakauheni.

Bandara Raden Intan II Lampung pun berlokasi di Lampung Selatan, tepatnya di Kecamatan Natar, yang merupakan akses masuk ke Lampung dari berbagai daerah lain.

Ibu kota Lampung Selatan ada di Kota Kalianda.

4.  Kabupaten Lampung Utara

Kabupaten Lampung Utara pada awal pendirian Provinsi Lampung adalah Kabupaten terluas di Sai Bumi Ruwa Jurai. Selanjutnya, Lampung Utara ini kemudian dipecah menjadi Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Lampung Barat, dan Kabupaten Tulang Bawang.

Beberapa tempat wisata yang terkenal dari Lampung Utara di antaranya Bendungan Way Rarem, Bendungan Tirta Shinta, Air Terjun Curup Paten, Air Terjun Curup Selampung, dan Beberapa Wisata Budaya/Sejarah.

Kabupaten Lampung Utara mempunyai ibu kota di Kota Bumi. Kabupaten Lampung Utara ini merupakan salah satu Kabupaten yang paling rawan begal di Provinsi Lampung.

5.  Kabupaten Lampung Barat

Kabupaten Lampung Barat adalah pecahan dari Kabupaten Lampung Utara. Selanjutnya, Kabupaten Lampung Barat pun kini telah mempunyai anak baru yaitu Kabupaten Pesisir Barat.

Kabupaten Lampung Barat beribu kota di Liwa. Atap rumah-rumah di Liwa tidak menggunakan genteng. Rumah-rumah di Liwa menggunakan seng. Hal ini dikarenakan di Liwa sering terjadi gempa sehingga jika menggunakan genteng maka rumah mereka mudah rusak.

6. Kabupaten Lampung Tengah

Kabupaten Lampung Tengah merupakan Kabupaten terluas kedua pada awal berdirinya Provinsi Lampung. Selanjutnya, Kabupaten Lampung Tengah kemudian dipecah lagi menjadi Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, dan Kota Metro pada tahun 1999.

Ibu Kota Lampung Tengah adalah Gunung Sugih. Lampung Tengah ini merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Lampung yang tidak mempunyai pantai.

7. Kabupaten Lampung Timur

Lampung Timur Memisahkan diri dari Lampung Tengah pada Tahun 1999 dengan ibu kota di Sukadana. Jika anda ingin melihat langsung gajah Sumatera, maka anda harus berkunjung ke Lampung Timur, tepatnya di Taman Nasional Way Kambas.

8. Kabupaten Way Kanan

Kabupaten Way Kanan memisahkan diri dari Lampung Utara dan memilih ibu kota di Blambangan Umpu. Kabupaten dengan motto Ramik Ragom ini berbatasan langsung dengan Sumatera Selatan di sebelah utara. Jarak tempuh dari Bandar Lampung sekitar 5-6 jam perjalanan.

9. Kabupaten Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang beribu kota di Menggala.  Jarak dari Bandar Lampung sekitar 120 km. Tulang Bawang, setelah memisahkan diri dari Lampung Utara,  kini telah dipecah menjadi 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan Kabupaten Mesuji.

10. Kabupaten Tulang Bawang Barat

Setelah memisahkan diri dari Tulang Bawang, Kabupaten Tulang Bawang Barat memilih Tulang Bawang Tengah sebagai ibu kota. Kab Tulang Bawang Barat mempunyai motto "Ragem Sai Mangi Wawai" yang artinya "Kebersamaan menuju Keberhasilan".

11. Kabupaten Mesuji 

Kabupaten Mesuji adalah Kabupaten paling jauh dari Kota Bandar Lampung. Ibu Kota Mesuji di Mesuji. Kabupaten Mesuji mempunyai motto "Sai Bumi Serasan Segawi" yang artinya "daerah yang dihuni oleh masyarakat yang damai dalam kebersamaan dan gotong royong".

12. Kabupaten Tanggamus

Nama Kabupaten Tanggamus diambil dari Gunung Tanggamus, yaitu salah satu gunung yang ada di Kabupaten tersebut. Ibu Kota Tanggamus ada di Kota Agung. Kabupaten Tanggamus adalah pecahan dari Kabupaten Lampung Selatan.

13. Kabupaten Pringsewu

Kabupaten Pringsewu didirikan pada tahun 2008 setelah memisahkan diri dari Kabupaten Tanggamus. Kabupaten Pringsewu ini merupakan "Jawa Mini" yang ada di Lampung. Dari nama saja sudah menunjukkan nama jawa. Mayoritas penduduknya juga merupakan orang Jawa.

14. Kabupaten Pesawaran

Kabupaten Pesawaran berdiri pada tahun 2007 setelah memisahkan diri dari Lampung Selatan. Ibu Kota Pesawaran ada di Gedong Tataan. Kabupaten Pesawaran ini memiliki banyak sekali tempat wisata, terutama tempat wisata pantai dan juga wisata alam.

15. Kabupaten Pesisir Barat

Kabupaten Pesisir Barat diresmikan pada Tahun 2012 yang merupakan pecahan dari Kabupaten Lampung Barat. Sesuai dengan namanya, lokasi Kabupaten ini ada di Pesisir Barat Lampung. Wisata Pantai dengan ombak tinggi banyak dijumpai di sana. Pesisir Barat memiliki ibu kota di Krui.

Selain 15 Kota dan Kabupaten di atas, saat ini Provinsi Lampung sedang memproses 2 Kabupaten baru sebagai pecahan dari Lampung Tengah, yaitu Kabupaten Lampung Seputih Timur dengan ibu kota Kecamatan Bumi Nabung dan Kabupaten Lampung Seputih Barat dengan ibu kota Kecamatan Padang Ratu.

Demikian informasi Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Lampung mudah-mudahan bermanfaat.

1 komentar: